Pada umumnya kinerja sebuah mesin sanggup maksimal alasannya yaitu adanya ketergantungan dan keterkaitan satu antara lain. Contohnya pada bab kopling. Dimana fungsi kopling yaitu sebagai pemutus dan penghubung antara mesin dan transmisi,yang lalu diteruskan ke gigi utama dan dihubungkan yang berakhir di putaran roda.
Sebelum pada pokok pembicaraan yakni artian dan cara kerja kopling, aku akan memperkenalkan komponen - komponen yang terdapat pada sebuah kopling. Pada sebuah kopling, teradapat beberapa bagian, inilah komponen -komponen yang terdapat pada kopling. perhatikan gambar berikut :
keterangan gambar,
1. Diaphragm spring retainer (penahan pegas diapragma)
2. Diaphragm spring
3. Diaphragm spring seat (dudukan pegas diapragma)
4. Pressure plat (plat penekan)
5. Pullroad and bearing (batang pendorong dan bantalan)
6. Friction plates (plat gesek)
7. Plain plates (plat yang digerakan)
8. Nut and lockwasher (mur dan cincin pengunci kopling)
9. wire retaining ring (cincin kawat penahan)
10. Inner plain plate (plain plate bab dalam)
11. Inner friction plate (plat gesek bab dalam)
12. Anti-judder spring (pegas)
13. Anti-judder spring seat (dudukan pegas)
14. Clutch centre (kopling tengah)
15. Thrust washer (cincin pendorong)
16. Clutch housing (rumah kopling)
17. Needle bearing (bantalan)
18. Starter clutch gear (gigi kopling starter)
19. Neadle bearing (bantalan)
20. Starter clutch sprag (ganjal kopling starter)
21. Gearbox input shaft (poros masuk transmisi)
Berhubung yang aku tunggangi kini yaitu motor angsa non kopling, jadi untuk sementara aku hanya akan membuatkan perihal tipe kopling ini saja Kawan. Untuk tipe kopling lainnya sanggup aku jelaskan dilain waktu. hehe...
Pada dasarnya, motor tipe angsa masih banyak yang memakai Kopling Otomatis (Kopling sentrifugal). Kopling otomatis ialah kopling yang cara kerjanya diatur oleh tinggi rendahnya putaran mesin itu sendiri. Kopling terhubung dan terputus dengan memakai gaya centrifugal yang akhir putaran crank shaft (sepatu bergerak kearah luar oleh gerakan sentrifugal sehingga sepatu tersebut berafiliasi pribadi dengan drum/rumah kopling). Saat kecepatan engine rendah, kopling terputus. Sedangakan pada ketika putaran mesin tinggi, kopling terhubung secara otomatis.
* Cara kerja pada kopling otomatis bersama-sama sama saja dengan cara kerja pada kopling manual, namun yang berbeda hanya pada cara pengoperasiannya saja. Untuk kopling otomatis tidak ditarik dengan kabel kopling ataupun ditekan dengan cairan hidrolik. Tetapi kopling otomatis bekerja mengandalkan komponen kopling sentrifugal yang bekerja mengikuti kecepatan putaran mesin. Pada ketika putaran mesin rendah (stasioner), gaya sentrifugal dan kampas kopling, pemberat menjadi kecil sehingga sepatu kopling terlepas dari rumah kopling dan tertarik ke arah poros engkol, risikonya rumah kopling yang berkaitan dengan gigi pertama penggagas menjadi bebas terhadap poros engkol. Saat putaran mesin bertambah, gaya sentrifugal semakin besar sehingga mendorong kanvas kopling mencapai rumah kopling di mana gayanya lebih besar dari gaya tarik pengembali. Rumah kopling ikut berputar dan meneruskan ke tenaga gigi pertama yang digerakkan.
* Langkah kerja pada Kopling otomatis yaitu ketika perpindahan gigi, dengan menginjak tuas perseneling maka gigi akan pribadi sanggup berpindah, alasannya yaitu terdapatnya kopling ganda, sehingga begitu tuas perseneling di injak, maka kopling ganda menekan kampas kopling yang terdapat pada gearbox.
Setelah mengetahui fungsi, cara kerja dan langkah kerja diatas, tentunya kanvas kopling yang sering rusak/aus yang pada dasarnya kanvas kopling harus diganti secara berkala. Tujuannya supaya performa sang motor tetap prima. Karena bab yang satu ini juga sangat kuat terhadap tenaga dan top speed .
Tanda - tanda kanvas kopling Anda sudah aus (harus diganti),
* Ketika berpindah gigi si motor terasa ngajlok .
* Putaran mesin sudah tinggi tapi laju si motor tidak sesuai dengan putaran mesin.
* Tenaga terasa berkurang.
* Sudah tidak sanggup disetting lagi, dimana setelan yang ada dikanan blok sudah mentok tidak dapt berputar lagi.
Dengan sedikit ulasan mengenai kopling otomatis diatas, tentunya aku disini hanya bermaksud membuatkan ilmu saja Kawan. Semoga artikel ini sanggup menjadi rujukan buat Anda dalam merawat komponen atau suku cadang motor Anda. Karena lebih baik menjaga atau merawat daripada memperbaiki, dan semoga gampang dipahami serta bermanfaat.
Untuk mengetahui harga motor atau spare partsnya, Anda sanggup kunjungi di http://www.pricearea.com/result/spare+parts+motor . Terima Kasih...
Sebelum pada pokok pembicaraan yakni artian dan cara kerja kopling, aku akan memperkenalkan komponen - komponen yang terdapat pada sebuah kopling. Pada sebuah kopling, teradapat beberapa bagian, inilah komponen -komponen yang terdapat pada kopling. perhatikan gambar berikut :
Komponen Pada Kopling |
1. Diaphragm spring retainer (penahan pegas diapragma)
2. Diaphragm spring
3. Diaphragm spring seat (dudukan pegas diapragma)
4. Pressure plat (plat penekan)
5. Pullroad and bearing (batang pendorong dan bantalan)
6. Friction plates (plat gesek)
7. Plain plates (plat yang digerakan)
8. Nut and lockwasher (mur dan cincin pengunci kopling)
9. wire retaining ring (cincin kawat penahan)
10. Inner plain plate (plain plate bab dalam)
11. Inner friction plate (plat gesek bab dalam)
12. Anti-judder spring (pegas)
13. Anti-judder spring seat (dudukan pegas)
14. Clutch centre (kopling tengah)
15. Thrust washer (cincin pendorong)
16. Clutch housing (rumah kopling)
17. Needle bearing (bantalan)
18. Starter clutch gear (gigi kopling starter)
19. Neadle bearing (bantalan)
20. Starter clutch sprag (ganjal kopling starter)
21. Gearbox input shaft (poros masuk transmisi)
Berhubung yang aku tunggangi kini yaitu motor angsa non kopling, jadi untuk sementara aku hanya akan membuatkan perihal tipe kopling ini saja Kawan. Untuk tipe kopling lainnya sanggup aku jelaskan dilain waktu. hehe...
Pada dasarnya, motor tipe angsa masih banyak yang memakai Kopling Otomatis (Kopling sentrifugal). Kopling otomatis ialah kopling yang cara kerjanya diatur oleh tinggi rendahnya putaran mesin itu sendiri. Kopling terhubung dan terputus dengan memakai gaya centrifugal yang akhir putaran crank shaft (sepatu bergerak kearah luar oleh gerakan sentrifugal sehingga sepatu tersebut berafiliasi pribadi dengan drum/rumah kopling). Saat kecepatan engine rendah, kopling terputus. Sedangakan pada ketika putaran mesin tinggi, kopling terhubung secara otomatis.
Kopling Otomatis (kopling sentrifugal) |
* Langkah kerja pada Kopling otomatis yaitu ketika perpindahan gigi, dengan menginjak tuas perseneling maka gigi akan pribadi sanggup berpindah, alasannya yaitu terdapatnya kopling ganda, sehingga begitu tuas perseneling di injak, maka kopling ganda menekan kampas kopling yang terdapat pada gearbox.
Setelah mengetahui fungsi, cara kerja dan langkah kerja diatas, tentunya kanvas kopling yang sering rusak/aus yang pada dasarnya kanvas kopling harus diganti secara berkala. Tujuannya supaya performa sang motor tetap prima. Karena bab yang satu ini juga sangat kuat terhadap tenaga dan top speed .
Tanda - tanda kanvas kopling Anda sudah aus (harus diganti),
* Ketika berpindah gigi si motor terasa ngajlok .
* Putaran mesin sudah tinggi tapi laju si motor tidak sesuai dengan putaran mesin.
* Tenaga terasa berkurang.
* Sudah tidak sanggup disetting lagi, dimana setelan yang ada dikanan blok sudah mentok tidak dapt berputar lagi.
Dengan sedikit ulasan mengenai kopling otomatis diatas, tentunya aku disini hanya bermaksud membuatkan ilmu saja Kawan. Semoga artikel ini sanggup menjadi rujukan buat Anda dalam merawat komponen atau suku cadang motor Anda. Karena lebih baik menjaga atau merawat daripada memperbaiki, dan semoga gampang dipahami serta bermanfaat.
Untuk mengetahui harga motor atau spare partsnya, Anda sanggup kunjungi di http://www.pricearea.com/result/spare+parts+motor . Terima Kasih...
0 Response to "Fungsi Kopling Otomatis Dan Komponennya"