Latest News

Cara Kerja Differential Atau Gardan

Differential atau gardan merupakan komponen yang penting di mobil. Didalam differential terdapat komponen differential gear yang berfungsi untuk membedakan putaran antara roda kanan dan kiri pada ketika membelok atau ketika salah satu roda terjebak dalam lumpur, cara kerja dari differential atau gardan sendiri adalah:

Jalan Lurus.
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, defferential case menggerakan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri dan kanan dengan rpm yang sama sebab tahanan roda kiri dan kanan sama, sehingga menjadikan putaran roda kiri dan kanan sama. ( RPM A = B ).
Gambar. Saat jalan lurus
Belok Kanan.
Pada ketika kendaraan berbelok kanan maka akan ada tahanan pada roda kanan dan kemudian poros axle sebelah kanan juga tertahan sehingga side gear kanan pada differential case juga tertahan. Akibatnya side gear sebelah kiri akan berputar lebih cepat sehingga roda kiri RPMnya lebih besar dibanding RPM roda kanan (RPM A > RPM B).
Gambar. Saat belok kanan
Belok Kiri.
Pada ketika kendaraan berbelok kiri maka akan ada tahanan pada roda kiri dan kemudian poros axle sebelah kiri juga tertahan sehingga side gear kiri pada differential case juga tertahan. Akibatnya side gear sebelah kanan akan berputar lebih cepat sehingga roda kanan RPMnya lebih besar dibanding RPM roda kanan (RPM A < RPM B).
Gambar. Saat belok kiri
Salah satu roda masuk Lumpur.
Jika kendaraan terjebak dijalan yang berlumpur dan ketika salah satu roda masuk lumpur, maka potongan roda yang masuk kedalam lumpur tersebut akan mempunyai tahanan yang lebih besar dibanding potongan roda yang tidak terjebak kedalam lumpur. Maka kecepatan putar roda yang terjebak didalam lumpur akan lebih lampat dibanding roda yang tidak terjebak kedalam lumpur.

0 Response to "Cara Kerja Differential Atau Gardan"

Total Pageviews