Sistem materi bakar konvensional pada kendaraan yang memakai karburator sebagai pencampur materi bakar dan udaranya berbeda dengan sistem materi bakar injeksi. Dalam sistem materi bakar konvensional memakai karburator terdapat banyak sistem didalamnya, salah satunya ialah sistem pelampung.
Sistem pelampung pada karburator dikendaraan dibutuhkan untuk menjaga agar permukaan materi bakar yang ada diruang pelampung selalu konstan. Pada ruang pelampung, komponen-komponen yang terdapat pada sistem pelampung ialah pelampungnya sendiri atau float dan katup jarum atau needle valve.
Sistem pelampung pada karburator dikendaraan dibutuhkan untuk menjaga agar permukaan materi bakar yang ada diruang pelampung selalu konstan. Pada ruang pelampung, komponen-komponen yang terdapat pada sistem pelampung ialah pelampungnya sendiri atau float dan katup jarum atau needle valve.
Gambar. Sistem pelampung
Komponen pelampung atau float akan bergerak naik atau turun sesuai dengan tinggi permukaan materi bakar yang ada diruang pelampung, sedangkan katup jarum atau needle valve berfungsi untuk membuka atau menutup akses materi bakar yang akan masuk ke ruang pelampung dari pompa materi bakar. cara kerja dari sistem pelampung ini ialah ketika permukaan materi bakar berkurang di dalam ruang pelampung, maka pelampung atau float akan turun sehingga katup jarum atau needle valve akan membuka akses masuk. Ketika katup jarum atau needle valve membuka maka materi bakar dari pompa materi bakar mengalir masuk ke ruang pelampung di karburator. Selanjutnya ketika permukaan materi bakar dalam ruang pelampung naik, maka pelampung ikut naik sehingga katup jarum menutup akses materi bakar. Ketika katup jarum atau needle valve menutup akses maka materi bakar dari pompa materi bakar tidak akan masuk ke ruang pelampung di karburator atau dengan kata lain pemikiran materi bakar terhenti. Proses tersebut akan terus terjadi berulang-ulang sehingga permukaan materi bakar akan selalu konstan walaupun putaran mesin berubah-ubah. Dalam kenyataannya katup jarum terdiri atas katup jarumnya sendiri, pegas dan pin. Pada katup jarum atau needle valve terdapat pegas didalamnya yang berfungsi sebagai pencegah pembukaan katup jarum ketika kendaraan melewati jalan yang tidak rata atau dikala kendaraan terguncang.
... Semoga Bermanfaat ...
0 Response to "Sistem Pelampung Pada Karburator"