Latest News

Oli Mesin Motor Untuk Banyak Sekali Jenis Motor - Blog Motor Id

 Oli mesin merupakan bagaian kecil dari motor tapi sangat penting , hal yang gampang tetapi sangat vital untuk melindungi mesin. Penggunaan oli motor biasanya diadaptasi huruf mesin motor.
Disini akan membahas tentang  jenis-jenis oli motor untuk huruf jenis mesin motor


1. Oli mesin jenis tipe motor 2 tak
Untuk Sepeda motor 2 tak sudah tersedia jenis2 oli khusus biasanya juga menggunakan oli samping ini alasannya pergerakan piston tergantung pada oli samping bersamaan bensin untuk melumasi. Jenis oli samping yang mengandung castor menyerupai motul 510 2T / Shell advance vsx 2T sangat cocok. Karena oli tersebut tetap cair di suhu mesin yang tinggi pada putaran atas. Kode oli yang pas biasanya 20w-50 , untuk sport sanggup 10w-40 oli ini lebih encer.

2. Oli mesin jenis motor tipe matic
Motor matic agak berbeda dengan motor manual sistem mesinnya . Jika oli mesin motor  motor melindungi tiga area penting ialah mesin , gearbox dan kopling. Sedangkan motor matik menerapkan sistem yang beda dengan motor manual. Kalau dicari-cari kopling dan gearboxnya motor matik , ya…sistem CVTnya itu. Tau sendirikan CVT itu pakai sistem kering , alias tanpa pelumasan. Kaprikornus motor matik hanya perlu oli di area mesin , ialah area kruk-as , setang piston dan sekitarnya.

Terus apa bedanya? Yang terperinci oli matik ini lebih licin n encer dari oli motor biasa. Oli yang cocok khusus tipe matic ini berlisiensi JASO MA , artinya low-friction alasannya tidak melumsi kopling. Dan kebanyakan kekentalannya menggunakan SAE 10-40.

Karena motor matik yang tidak perlu melumasi kopling dan cenderung bermain pada putaran tinggi terus , dengan menggunakan oli yang lebih licin dan encer maka oli lebih cepat bersirkulasi dan sanggup mengrangi panas akhir gesekan. Akan tetapi ini tidak berlaku untuk sebaliknya. Dapat dipastikan jikalau motor bertransmisi manual tidak sanggup menggunakan oli khusus matik ini. Karena kopling akan mengalami slip alasannya sifatnya yang low-friction tadi. ( diambil dari www.temanmatik.blogspot.com)

3. Oli mesin jenis motor tipe belibis manual
Untuk oli mesin motor belibis manual tidak terlalu dipermasalahkan sudah banyak di pasaran dengan banyak sekali macam harga. Ada jenis oli smineral dan sintetik tentunya oli jenis sintetik labih manis daripada mineral oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral juga lebih tahan panas oleh alasannya itu oli sintetis harganya lebih mahal dari mineral , oli 800 ml sintetis sudah banyak dipasaran menyerupai Top 1 , enduro 4t 800 ml , dengan isyarat 20w-50. Oli mineral yang bermerek biasanya juga manis tergantung selera dan kecocokan huruf motor masing-masing.

4. Oli mesin jenis motor tipe kopling manual
Pada umumnya motor kopling manual menggunakan oli mesin 1 L . Kode yang direkomendasiakan para bikers minimal API SG/SF atau lebih baik JASO MA. Jenis oli yang manis disertai anti slip kopling alasannya kopling hal yang vital untuk motor pria ini. Sekedar gosip saja untuk motor produksi di bawah 2005 oli isyarat API SG/SFmasih manis dengan vikositas 20w-50 seperti  prima xp , federal dll , untuk motor keluaran diatas 2005 isyarat API SL/JASO MA lebih disarankan seperti  repsol , Shell Advance SX4 , Shell Advance VSX dan Enduro 4T racing , oli-oli ini umumnya 10w-40 jadi lebih encer. Dari segi harga , oli bervikositas 10w-40 lebih mahal harganya diatas Rp 40.000 ,00

 peduli problem motor

0 Response to "Oli Mesin Motor Untuk Banyak Sekali Jenis Motor - Blog Motor Id"

Total Pageviews