Latest News

Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion

Anda Pemilik Yamaha Jupiter MX ?? Lakukan Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion- Khusus bagi pemilik Yamaha Jupiter MX, ada cara jitunya untuk meningkatkan performa motor angsa yang satu ini. Dengan bore up atau upgrade mesin, inilah merupakan cara yang sangat jitu untukmeningkatkan performa motor Anda. Namun bagi pemilik Jupiter MX, mungkin cara ini yang paling kondusif untuk meningkatkan performa pada MX Anda.

Bagi Anda pecinta kecepatan, mungkin pada dikala ini telah banyak blok-blok piston variasi untuk bore up dari 58,5 mm, 60 mm hingga 72 mm. Pada pada dasarnya mereka ingin mendapat volume cilinder (cc) untuk tenaga yang lebih besar, alasannya yaitu hanya dengan tenaga yang besarlah para speedlover akan merasa puas. Namun kalau Anda melaksanakan bore up atau upgrade mesin mirip halnya pada Jupiter MX yang awalnya hanya mempunyai kapasitas mesin 135cc, maka kalau dilakukan bore up kapasitasnya pun dengan secara otomatis akan bertambah. Yang menjadi pertanyaan disini yaitu Apakah si motor bisa digunakan harian atau hanya untuk ajang balap saja ..?
Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion
Yamaha New Jupiter MX
Spesifikasi yang dimiliki Yamaha Jupiter MX yakni dengan perbandingan (bore x stroke) = (54 mm x 58,7 mm) maka kapasitas yang dimiliki yakni sebesar 135 cc. Dimana dengan prinsip everstroke / longstroke tersebut pada umumnya bisa mendongkrak putaran bawah yang lebih besar, dan mempunyai kompresi rasio yang lebih padat yang artinya akan lebih irit materi bakar dan akan menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah. Sedangkan kalau dibandigkan dengna Yamaha V-ixion yakni mempunyai spek (bore x stroge) = (57 x 58,7 mm) dengan kapasitas yang diperoleh yakni sebesar 150 cc.

Dengan bertipikal square menyebabkan para penyuka kecepatan mulai melirik mengaplikasikan piston tersebut guna meninggalkan beberapa kekurangan dari mesin longsquare dan mengejar karakteristik mesin square. Dikutip FYI, kalau ukuran bore sama dengan stroke atau rasio bore – stroke sama dengan 1, maka di sebut mesin square, umumnya rasio bore – stroke berkisaran 0.95 - 1.04 disebut mesin square. Beberapa keunggulan tipe mesin square yang hampir merata di semua rentan rpm, baik rpm bawah, tengah maupun pada rpm atas. Apalagi blok mx dengan vixion sama baik teknologinya mirip Diasil Cylinder, Foged Piston, hingga liquid cooling yang membedakan hanya pada ukurannya saja.

Okk, disini Kami perkenalkan beberapa part yang diharapkan untuk Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion, Karena disini tujuannya akan di bore up memakai v-ixion, tentunya part yang dibutuhkan juga milik Yamaha V-Ixion yakni :

1. Blok Cylinder Yamaha V-Ixion dengan seri (3C1-E1311-00)
2. Piston dengan seri (3C1-E1631-00)
3. Ring Piston SET dengan seri (3C1-11603-00)
4. Pin Piston dengan seri (3C1-E1633-00)
5. Gasket Head Cylinder dengan seri (3C1-E1181-00)
6. Noken As dengan seri (3C1)

Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion
Engine MX + Spare Part Vixion
Setelah part yang diharapkan komplit, perhatikan pula beberapa bocoran langkah berikut ini.

1. Membubut boring luar dari blok Vixion tersebut, hal ini dilakukan Karena antara blok MX dengan Vixion ini mempunyai ketebalan yang berbeda, sehingga apabila dilakukan pemasangan secara langsung, maka akan ada yang menyangkut pada pertengahan lubang blok. Sebagai tumpuan untuk Anda, jadikan saja diameter luar boring tersebut menjadi 67 mm, sehingga masih ada sisa 3 mm (Ukurannya kurang lebih dikurangi 5 mm). Namun Anda jangan khawatir, kalau Anda tidak ingin ribet, pada dikala ini telah banyak yang menyediakan paket bore up kit Vixion 150cc dengan blok yang tinggal pnp.

2. Setelah hal diatas selesai, selanjutnya yakni pemuaian pada lubang crankcase MX yg mempunyai diameter 70mm.

3. Nah, langkah selanjutnya untuk mengembalikan kompresi mesin yang sejatinya menurun alasannya yaitu akhir profile dari piston Vixion maka diharapkan penyesuaian. Lakukan adaptasi dengan mencopot gasket blok yang mempunyai ketebalan sebesar 0,45 mm diganti dengan lem threebone namun cara ini sedikit mempunyai kekurangan alasannya yaitu rambatan panas hasil pembakaran diblok lebih gampang mencapai crankcase sehingga nantinya panas yg dihasilkan akan lebih tinggi pada mesin bab bawah dan ada kemungkinan lem threebone tidak kuat menahan kompresi mesin untuk pemakaian jangka panjang, atau cara paling kondusif yaitu membubut permukaan blok bawah sebanyak 0,5 mm (street performance) atau 0,8 mm (race use) yg tujuannya yaitu memperpendek volume ruang bakar. Dan hal itulah merupakan cara amannya.

4. Untuk menjaga tenaga putaran bawah atah rendah, Pin Dekompresi Dicabut. Karena dengan cara inilah untuk mempertahankan kompresi pada putaran mesin rpm rendah lebih terisi dan tetap responsif.

5. Tutuplah selang AIS, menutup selang AIS bisa dengan baut apapun asal bisa menutup selang yang dari filter udara ke AIS untuk menarik udara. Karena kalau hal ini terlewat atau terlupakan, maka besar lengan berkuasa terhadap kinerja mesin itu sendiri.

6. Pada Yamaha Jupiter MX kalau dilakukan penambahan cc akan menambah powerband mesin ke rpm tinggi, sehingga pada klep sering terjadi "floating", hal ini terjadi biasanya pada rpm lebih dari 12.000 rpm. Untuk menghindari hal yang satu ini, maka pergantian per klep wajib dilakukan. Gantilah per klep standar memakai per klep racing, alasannya yaitu per klep racing lebih keras dibanding standar. Tujuannya yaitu untuk menghindari klep akan floating (mengapung) dan akan menabrak piston. Hal inilah yang ditakutkan.

7. Untuk ukuran standar celah klep pada MX ketika posisi mesin hambar yakni 0,10-0,14 mm untuk klep masuk (in) dan 0,16-0,20 mm untuk klep buang (ex). Namun selama ini setelan klep yang pas yakni dibikin 0,10 mm untuk (in) dan 0,15 mm untuk (ex). Ukuran ini memang relatif longgar kalau dibandingkan dengan rata-rata mesin angsa lainnya, untuk motor angsa lain, kisaran setelan klep (in) 0,05-0,08 mm dan klep (ex) 0,05-0,10 mm.

8. Langkah yang terakhir yaitu dengan adaptasi spare part pendukung, dengan diperbesarnya volume mesin, maka pada sistem pengapian juga perlu diperbesar yakni dengan mengganti CDI. Yang saya rekomendasikan disini yaitu pergantian CDI standar dengan CDI Racing yang mempunyai rentang limiter putaran mesin yang lebih tinggi. Misalnya CDI Racing yang memilki limiter hingga 20.000 rpm. alasannya yaitu pembengkakan pada ruang bakar akan menggeser kurva dari powerband mesin kearah lebih tinggi, jadi kalau tidak didukung dengan perbesaran pengapian maka akan percuma saja. Apabila bore up ini dilakukan tanpa menggeser limiter melebihi 9.000 Rpm, Jika diibaratkan yakni tenaga masih berjalan tetapi sudah dibatasi oleh CDI. Untuk memaksimalkan fungsi CDI, harus diganti juga Koil standar dengan Koil Racing dan busi Iridium untuk memaksimalkan pengapian. Dengan begitu, kalau Anda telah mengganti part pendukung CDI Racing dan Koil Racing, maka rasakan tarikannya. Jangan lupa pula untuk menyetel ulang karburator yang digunakan, tujuannya yaitu semoga kinerja si mesin gres ini akan lebh sempurna.

Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion
Yamaha Jupiter MX Modifikasi
Jika semua langkah telah dilakukan dengan sempurna, maka sekarang Anda mempunyai Yamaha Jupiter MX namun dengan mesin spek Yamaha V-Ixion. Namun kalau Anda ragu, maka jangan lakukan bore up, alasannya yaitu bore up mesin belum tentu selalu tepat dengan apa yang diinginkan. Sebagai rekomendasi, Saya suguhkan ulasan perihal upgrade transmisi Yamaha New Jupiter MX menjadi 6 percepatan sepertiyang telah diulas dalam artikel sebelumnya yakni pada artikel yang berjudul Korek New Jupiter MX Menjadi 6 Percepatan.

Nah, kalau Anda ingin mencari atau membeli ataupun hanya untuk sekedar melaksanakan banding harga secara online, maka di elevenia.co.id lah tempatnya. Di marketplace yang satu ini banyak produk yang dijual dari banyak sekali kategori, kategori motor salah satunya. Pada kategori motor, produk yang dijual di elevenia.co.id ini mempunyai harga yang relatif murah. Contohnya pada link yang satu ini http://www.pricearea.com/store/elevenia.co.id-29860?q=&cat=motor . Jika Anda ingin membeli perlengkapan berkendara ataupun aksesoris motor murah, Anda sanggup kunjungi elevenia.co.id.


Terima Kasih telah berkunjung dimari Kawan !!!

0 Response to "Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion"

Total Pageviews