Latest News

Cara Menyidik Thermostat

Sistem pendingin kendaraan berfungsi untuk menjaga temperatur mesin semoga tetap pada temperatur kerjanya. Salah satu komponen sistem pendingin yaitu thermostat.

Thermostat pada sistem pendingin berfungsi untuk membuka dan menutup akses air pendingin yang bersirkulasi di dalam mesin untuk menuju ke radiator. Pada ketika temperatur mesin masih rendah maka thermostat akan menutup anutan air pendingin di dalam mesin semoga tidak mengalir ke radiator. Hal tersebut bertujuan agat temperatur kerja mesin sanggup cepat tercapai. Sedangkan pada ketika temperatur mesin sudah mencapai sekitar 800 C – 840 C maka thermostat akan membuka akses air pendingin sehingga air pendingin yang berada di dalam mesin sanggup disalurkan ke radiator untuk didinginkan. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga temperatur mesin semoga tetap stabil pada temperatur kerjanya dan semoga mesin tidak terjadi over heating.

Karena fungsi thermostat yang sangat penting maka apabila terjadi kerusakan pada thermostat, thermostat harus diganti dengan yang baru. Jangan hingga melepas thermostat atau tidak memakai thermostat pada sistem pendinginan alasannya yaitu apabila thermostat tidak terpasang maka temperatur kerja mesin akan usang untuk tercapai.

Untuk mengetahui apakah thermostat mengalami kerusakan maka lakukan langkah-langkah investigasi katup thermostat.

Cara investigasi thermostat
  1. Calupkan thermostat ke dalam panci yang sudah diisi dengan air dan lalu panaskan air secara bertahap.
  2. Dengan memakai thermometer, periksa temperatur pembukaan katup thermostat. Temperatur pembukaan awal katup thermostat yaitu sekitar 800 C – 840 C. Apabila pembukaan awal katup thermostat tidak sesuai dengan spesifikasinya maka ganti thermostat. Catatan : pada bab atas thermostat pada umumnya terdapat angka yang mengatakan temperatur pembukaan awal thermostat.
  3. Periksa tinggi kenaikan katup thermostat atau pembukaan penuh thermostat. Kenaikan katup thermostat pada temperatur 950 C yaitu sekitar 8 mm atau lebih. Apabila kenaikan katup tidak sesuai dengan spesifikasinya maka gantilah thermostat.
  4. Periksa bahwa katup thermostat akan menutup sepenuhnya apabila temperatur air menurun sekitar kurang dari 400 C. Apabila katup thermostat tidak menutup sepenuhnya pada temperatur tersebut maka ganti thermostat.

0 Response to "Cara Menyidik Thermostat"

Total Pageviews