Pada kendaraan beroda empat yang masih memakai sistem materi bakar konvensional atau masih memakai karburator, didalam karburator dilengkapi dengan banyak sekali sistem untuk menunjang kinerjanya. Sistem yang ada didalam karburator salah satunya yakni sistem cuk.
Pada ketika mesin masih dalam keadaan dingin, materi bakar tidak akan mengkabut dengan baik dan sebagian adonan antara udara dan materi bakar yang mengalir akan berpotensi untuk mengembun pada dinding di intake manifold alasannya yakni intake manifold masih dalam keadaan dingin. Pada keadaan tersebut maka akan mengakibatkan adonan udara dan materi bakar menjadi miskin atau kurus sehingga mesin susah untuk dihidupkan. Untuk mengatasi dilema tersebut, maka suplai materi bakar harus ditambah. Maka dipasanglah sistem cuk untuk menciptakan adonan udara dan materi bakar menjadi gemuk atau kaya dengan perbandingan sekitar 1:1 ketika keadaan mesin masih dalam kondisi dingin.
Cara kerja sistem cuk ini yakni dengan cara menutup anutan udara yang masuk ke intake manifold dengan memakai katup throttle cuk.
Pada ketika mesin masih dalam keadaan dingin, materi bakar tidak akan mengkabut dengan baik dan sebagian adonan antara udara dan materi bakar yang mengalir akan berpotensi untuk mengembun pada dinding di intake manifold alasannya yakni intake manifold masih dalam keadaan dingin. Pada keadaan tersebut maka akan mengakibatkan adonan udara dan materi bakar menjadi miskin atau kurus sehingga mesin susah untuk dihidupkan. Untuk mengatasi dilema tersebut, maka suplai materi bakar harus ditambah. Maka dipasanglah sistem cuk untuk menciptakan adonan udara dan materi bakar menjadi gemuk atau kaya dengan perbandingan sekitar 1:1 ketika keadaan mesin masih dalam kondisi dingin.
Cara kerja sistem cuk ini yakni dengan cara menutup anutan udara yang masuk ke intake manifold dengan memakai katup throttle cuk.
Untuk sistem cuk manual untuk membuka dan menutup katup throttle cuk dipakai linkage atau sambungan kawat yang dihubungkan ke ruang kemudi. Apabila pengemudi ingin mengaktifkan sistem cuk maka cukup menarik tombol cuk yang ada pada dashboard sehingga katup cuk akan menutup. Sedangkan jikalau ingin meng offkan sistem cuk maka pengemudi cukup menekan tombol cuk sehingga katup cuk menutup.
Gambar. Sistem cuk manual
... Semoga Bermanfaat ...
0 Response to "Sistem Cuk Manual Pada Karburator"