Sering terjadi silinder mengalami kebocoran kompresi sehingga mengakibatkan kebocoran pada gasket itu sendiri. Masalah ini biasanya terjadi pada kepala silinder yang terbuat dari alumunium yang lebih ringan dari besi. Jika cilender head gasket ini mengalami kerusakan akan terjadi beberapa persoalan pada mesin motor.
Jika cylender head gasket rusak akan terjadi kehilangan kompresi yang menjalar pada penurunan power , mesin menjadi bernafsu dan sebagainya. Bisa juga terjadi gas buang yang masuk ke sistem pendingin , membuat mesin mengalami kelewat / overheating. Coolant juga sanggup masuk ke silinder sehinggga akan merusak komponen dalam. Jika gasket benar-benar jebol apalagi cairan coolant masuk ke dalam silinder , mesin sanggup rusak total.
Adanya Kantung Udara
Kerusakan cylinder head gasket kadangkala terjadi alasannya yaitu kekurangan kompresi yang mengakibatkan timbulnya ruang antara gasket , kepala silinder dan blok silinder , yang lalu menjebak udara di dalamnya. Udara ini akan keluar dikala mesin mati , tetapi juga melepas cairan pendingin , membuat kantung-kantung udara
Test Kebocoran
Test kebocoran dilakukan dengan melihat dari tekanan kompresi dengan media ukur presure gauge. Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya gas pembakaran di sistem pendingin atau radiator. Oli yang tercampur dengan coolant , adanya karbon monoksida di tangki pendingin juga sanggup menjadi ciri adanya persoalan gasket. Terjadinya kerusakan gasket dalam mesin dengan pendingin air juga sanggup dilihat dengan adanya cairan seolah-olah mayonise.
Sumber Oto Trend edisi 555 Minggu 1 Januari 2012
0 Response to "Masalah Cylinder Head Gasket Rusak - Blog Motor Id"