Latest News

Cara Menyetel Celah Busi

Pada proses pembakaran terdapat 3 unsur utama yang dibutuhkan untuk terjadinya pembakaran yaitu udara, materi bakar dan api. Unsur api pada proses pembakaran di dalam mesin dilakukan oleh komponen busi.

Busi berfungsi untuk memercikkan bunga api untuk melaksanakan proses pembakaran adonan udara dan materi bakar. Hasil pembakaran ini nantinya akan dipakai sebagai tenaga untuk menggerakkan mesin.

Api yang dihasilkan oleh busi harus berpengaruh dan besar, salah satu faktor yang menimbulkan besar kecilnya api yang dihasilkan oleh busi yaitu ukuran kerenggangan dari celah businya. Celah busi yang terlalu renggang akan menciptakan percikkan bunga api yang dihasilkan oleh busi menjadi kecil sehingga perlu dilakukan penyetelan terhadap celah busi.

Api yang kecil sanggup menciptakan performa mesin menjadi kurang optimal sebab pembakaran yang terjadi juga kurang baik. Pembakaran yang kurang baik ini sanggup mengakibatkan endapan karbon pada ruang bakar.

Standar celah busi pada kendaraan beroda empat umumnya antara 0,70 mm hingga 0,80 mm (untuk lebih tepatnya perhatikan buku manual kendaraan), sehingga bila celah busi tidak sesuai dengan nilai standarnya maka celah busi harus distel.

Cara menyetel celah busi
  1. Lepas busi dari mesin dengan memakai kunci busi yang sesuai ukurannya.
  2. Bersihkan busi dari kotoran semoga nantinya dikala penyetelan celah busi sanggup dilakukan secara tepat. Pembersihan busi sanggup dilakukan dengan memakai sikat kawat atau dengan memakai amplas halus.
  3. Ukur celah busi memakai feeler gauge, bila celah busi tidak sesuai dengan nilai spesifikasi stel celah businya.
  4. Bila celah busi terlalu renggang maka pukul perlahan atau dengan membengkokkan kepingan elektroda sampingnya semoga elektroda samping merapat ke kepingan elektroda tengah, kemudian ukur kembali celah businya dan pastikan celah busi sesuai dengan spesifikasinya.
  5. Bila celah busi terlalu renggang maka bengkokkan elektroda samping menjauh dari elektroda tengahnya semoga celah busi membesar kemudian ukur kembali celah businya dan pastikan celah busi sesuai dengan spesifikasinya.
  6. Setelah celah busi sesuai dengan spesifikasinya maka pasang kembali busi pada lubang busi memakai kunci busi.

0 Response to "Cara Menyetel Celah Busi"

Total Pageviews