Latest News

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kendaraan Beroda Empat Tidak Dapat Di Starter

Semakin hari perkembangan kendaraan bermotor semakin maju dan semakin banyak jumlahnya. Hampir setiap orang mempunyai kendaraan bermotor pribadi.

Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan bermotor yang banyak diminati. Jika anda mempunyai kendaraan beroda empat maka anda harus tahu sedikit-sedikit wacana bagaimana melaksanakan perawatan pada mobil.

Jika anda tidak mengetahui cara perawatan pada mobil, maka ketika kendaraan beroda empat mengalami problem anda akan merasa kebingungan untuk mencari penyebab permasalahan yang terjadi.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan salah satu problem yang sering terjadi pada kendaraan beroda empat yaitu kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter. Pertanyaan yang sering muncul ketika kendaraan beroda empat mengalami problem tidak sanggup distarter yakni “Apakah penyebab kendaraan beroda empat tidak sanggup distarter?” lalu “Bagaimana cara mengatasi kendaraan beroda empat yang tidak sanggup distarter?”.

Pada kendaraan mobil, untuk melaksanakan starter dipakai sistem starter elektrik sehingga bila ada problem pada sistem starter elektriknya kendaraan beroda empat tidak akan sanggup disaterter, hal ini berbeda dengan sepeda motor yang dilengkapi dengan dua tipe starter yaitu starter elektrik dan starter kaki.

Beberapa penyebab dan cara mengatasi kendaraan beroda empat yang tidak sanggup distarter antara lain :

Baterai soak atau rusak
Penyebab pertama kendaraan beroda empat mogok tidak sanggup distarter yaitu alasannya yakni baterai (aki/ accu) soak atau rusak.

Sistem starter membutuhkan sumber listrik yang berpengaruh untuk sanggup memutarkan armature pada starter. Jika sumber arus yaitu baterai mengalami kerusakan maka arus listrik yang disuplai baterai ke motor starter juga akan mengalami gangguan sehingga arus listrik yang mengalir ke motor starter akan kurang dan menimbulkan motor starter tidak berpengaruh untuk memutarkan mesin.

Karena motor starter tidak sanggup memutarkan mesin maka mesin tidak sanggup menyala dan solusinya yakni dengan menjumper baterai dengan baterai yang baik atau dengan charger pada posisi starter atau boost atau dengan cara mengganti baterai yang rusak dengan baterai yang baik.

Sekering starter
Sekering pada sistem starter berfungsi sebagai komponen pengamanan bila terjadi kekerabatan singkat (konslet) atau arus yang mengalir berlebih.

Sekering pada sistem starter terpasang diatara kunci baterai aktual dengan kunci kontak. Jika terjadi konslet atau arus yang mengalir hiperbola maka sekering akan putus sehingga arus listrik tidak sanggup mengalir pada sistem starter sehingga sistem starter tidak sanggup bekerja alasannya yakni tidak sanggup pedoman listrik.

Cara mengatasinya yaitu dengan cara mengganti sekering yang putus dengan sekering yang baru, namun sebelum melaksanakan penggantian lakukan terlebih dahulu diagnosa kenapa sekering tersebut putus. Jika sudah diketahui penyebab sekering putus, lakukan langkah perbaikan dan barulah lakukan penggantian sekering.

Kunci kontak
Kunci kontak yang berada di kendaraan beroda empat salah satunya mempunyai kegunaan untuk menstarter mobil, bila keadaan kunci kontak rusak maka dikala starter dilakukan arus dari aktual baterai tidak akan di alirkan ke terminal 50 motor starter, sehingga motor starter tidak sanggup bekerja.

Cara mengatasinya yakni dengan cara melaksanakan perbaikan atau penggantian kunci kontak kendaraan beroda empat dengan yang baru.

Sambungan socket dan kabel
Sambungan-sambungan kabel dan socket yang kendor juga sanggup mempengaruhi besarnya kendala listrik pada rangkaian kelistrikan sistem starter sehingga arus yang mengalir ke motor starter tidak akan optimal dan hasilnya motor starter tidak sanggup memutarkan mesin untuk hidup. Selain itu, bila sambungan kabel atau socketnya lepas maka pedoman listrik juga tidak akan mengalir dan hasilnya pada sistem kelistrikan starter juga tidak akan dialiri listrik sehingga motor starter tidak akan berputar.

Cara mengatasinya yakni dengan lakukan pengencangan terhadap sambungan kabel atau socket yang kendor dan apabila sambungan kabel atau socket putus maka lakukan langkah perbaikan sambungan kabel dan socket tersebut.

Relay starter
Beberapa tipe sistem kelistrikan starter dilengkapi dengan relay starter. relay starter berfungsi untuk mengamankan switch starter dari pedoman arus besar. Dengan relay maka sanggup mengandalikan arus yang besar dengan arus yang kecil, sehingga sistem starter yang menggunakan relay akan menciptakan switch starter lebih awet.

Bila relay starter rusak maka tidak ada pedoman listrik yang dari aktual baterai menuju terminal 50 starter sehingga motor starter tidak sanggup berputar.

Cara mengatasinya yakni dengan melaksanakan penggantian relay starter dengan yang baru.

Motor starter yang rusak
Motor starter berfungsi sebagai pemutar pertama mesin biar mesin sanggup hidup. Motor starter ini terdiri dari beberapa komponen, komponen-komponen motor starter antara lain magnetic switch (solenoid), armature, tuas pendorong, sikat, pinion gear dan lain-lain.

Bila pada salah satu penggalan motor starter mengalami kerusakan maka kerja motor starter tidak akan optimal sehingga motor starter tidak sanggup menghasilkan tenaga putar yang cukup untuk memutarkan mesin.

Cara mengatasinya yakni lakukan perbaikan pada penggalan motor starter yang mengalami kerusakan, contohnya bila sikat starter habis maka lakukan penggantian sikat starter.

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Kendaraan Beroda Empat Tidak Dapat Di Starter"

Total Pageviews