Latest News

10 Antisipasi Rem Blong

Jakarta, KompasOtomotif – Walau terbilang kasus yg langka terjadi, rem blong sanggup saja insiden Saat mengemudi kendaraan roda empat maupun dua. Jika Keliru diantisipasi, rem blong memungkinkan terjadinya malapetaka buat diri sendiri dan orang lain.

Baca: Apa Maknanya Rem Blong?

Menurut Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia atau yg lebih dikenal dengan NTMC Polri, Jika sedang mengalami rem blong hal pertama yg Musti dilakukan pengemudi jangan gugup.

Langkah yg selanjutnya dilakukan ibarat tertera pada Maknakel di website NTMC Polisi Republik Indonesia sebagai berikut;

1. Turunkan Gigi secepat mungkin.
Turunkan gigi kendaraan Anda sedikit demi sedikit dari 5,4,3,2 hingga gigi 1. 

2. Gunakan rem parkir setelah menurunkan gigi.
Rem parkir sanggup menghentikan kendaraan anda hingga benar-benar berhenti Saat kecepatan sudah rendah. 

3. Arahkan kendaraan Anda ke jalur lambat seCaranya perlahan.
Segera arahkan kendaraan Anda ke jalur lambat atau pundak jalan, untuk mencari kawasan berhenti yg benar-benar kondusif dari kendaraan beroda empat lain yg berkecepatan tinggi. Gunakan beling spion dan lakukan perlahan.

4. Jauhkan kaki anda dari pedal gas.
Mungkin yg ini sudah pasti, alasannya tujuan kita ialah menghentikan kendaraan bukan menambah kecepatan.

5. Cek benda yg menghalangi pedal rem.
Percaya atau tidak, benda-benda yg kita taruh dibawah bangku sanggup maju ke depan akhir gaya inertia pengereman, dan memblokir pedal rem dari belakang.

6. Injak dan kocok rem berkali-kali.
Jika kendaraan anda tanpa ABS, cobalah injak pedal rem berkali-kali, terkadang rem blong juga bersifat sementara. Mobil dengan ABS Musti menginjak rem dengan perlahan, alasannya ABS juga turut membantu kita melaksanakan tindakan pengereman automatis.

7. Peringati orang lain.
Nyalakan lampu hazard, atau beri tanda dengan mengeluarkan seutas kain dari jendela dan dilambaikan. Bila tidak ada kain, sanggup juga menggunakan tisu, Klakson dan lain lain. Usahakan melihat spion belakang sebelum melambai.

8. Jika terpaksa Musti menabrak, tabraklah sesuatu yg “Lunak dan aman”.
Jika keadaan sangat mendesak, carilah objek yg terlihat lunak, ibarat Pagar kayu, Tanah, Pasir, atau yg lainnya. Carilah benda yg terlihat sanggup menyerap benturan.

9. Tetap tenang.
Dengan mengetahui langkah-langkah di Maknakel ini, Anda Musti mempunyai ketenangan dan doktrin diri untuk melaksanakan hal apa yg Musti Anda lakukan, alasannya panik bukanlah balasan dan berakibat fatal.

10. setelah anda berhenti, mintalah pertolongan.

Sumber re-post dari KOMPAS Otomotif

 Walau terbilang kasus yg langka terjadi 10 Antisipasi Rem Blong
ilustrasi remblong

0 Response to "10 Antisipasi Rem Blong"

Total Pageviews