Masih dalam ulasan untuk saling membuatkan bocoran-bocoran mengenai mesin motor Anda. Setelah beberapa ulasan sebelumnya yang mengulas wacana korek harian motor, spesifikasi motor atau lainnya. Kini Motor Area akan membuatkan sedikit wacana Resiko Akibat Filter Udara Kotor. Dimana filter udara yaitu komponen yang mempunyai fungsi untuk menyaring udara bebas dari luar yang akan masuk ke ruang pembakaran supaya selalu dalam keadaan bersih, dimana udara ini akan dikabutkan yang dicampurkan dengan materi bakar didalam suatu komponen yakni Karburator.
Filter yang pribadi berafiliasi dengan alat pengkabutan ini pada kenyatannya memang berguna yang cukup penting. Berdasarkan pengalaman, filter pada sebuah sepeda motor ini hanya dibersihkan sewaktu kita melaksanakan servis ke bengkel resmi atau bengkel langganan saja. Terkadang meskipun Anda rutin melaksanakan servis ringan, pada bab filter terkadang terlupakan untuk dibersihkan, palingan hanya di semprot memakai angin kompresor. Namun jikalau hanya disemprot saja tanpa dibuka, filter tidak akan higienis dengan maksimal Kawan, terutama pada motor matic.
Pada motor Matic, Filter Udara ini mempunyai dua, yakni Filter Udara yang tersambung pada alat pengkabutan (Karburator) dan yang satunya terdapat dibagian blok mesin kiri, tepatnya pada daerah berikut ini (pada Yamaha Mio Automatic). Coba perhatikan gambar berikut.
Pada motor matic, yang Saya coba yaitu pada Yamaha Mio. Gambar yang diambil ini sengaja Saya abadikan alasannya yaitu berdasarkan Saya pada bab ini jarang terjamah. Contohnya pada Mio Matic Saya ini, alasannya yaitu yang sering di servis hanya komponen-komponen yang terdapat pada bab head (Karburator, Klep, Filter Udara dan tunjangan cairan sebagai pembersih bab ruang bakar). Biasanya, filter pada gambar diatas ini jarang sekali terlupakan, padahal filter ini juga sangat kuat terhadap kelancaran mesin dalam bekerja. Akibatnya jikalau filter udara itu kotor, maka performa akan lebih terasa berkurang. untuk lebih lengkapnya, coba perhatikan beberapa jawaban filter udara kotor dibawah ini.
Berikut merupakan Resiko Akibat Filter Udara Kotor :
1. Tarikan Terasa Berat
Bagaimana tidak, jikalau filter udara kotor, maka dengan secara otomatis udara yang masuk akan berkurang. Dengan berkurangnya udara yang diharapkan Karburator sebagai pencampur materi bakar, maka yang terjadi disini yaitu banyaknya materi bakar dibandingkan udara yang dimasukkan kedalam ruang bakar. Sehingga jikalau terjadi hal menyerupai ini, maka sistem kerja pembakaran pada ruang bakar akan tidak tepat dan tarikan si motor akan terasa berat.
2. Borosnya Bahan Bakar
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa jikalau berkurangnya udara yang diharapkan alasannya yaitu filter kotor, maka akan ada kemungkinan pada sistem pengkabutan akan lebih banyak memakai materi bakar dibandingkan udara yang akan disalurkan ke ruang bakar. Kejadian menyerupai inilah yang menjadikan borosnya materi bakar yang digunakan.
3. Tersendatnya Nafas Ketika RPM Tinggi
Pada pengalaman Saya saat filter udara motor Mio Saya kotor, terasa sangat kesal saat sedang beradu kecepatan namun si motor kurang maksimal hanya alasannya yaitu Filternya kotor. Nah, insiden yang dialami ini gak mau terjadi pada Anda juga kan ..? Maka dari itu, sering-seringlah mebersihkan filter pada motor Anda. Jika filter udara kotor, maka selain kedua jawaban yang telah dijelaskan diatas, saat Anda berada dalam RPM tinggi, simotor akan terasa lebih berat dan terkadang enggan diajak lari dan nafas terasa menyerupai orang sedang ashma .. hehe
Dari beberapa klarifikasi diatas wacana Resiko Akibat Filter Udara Kotor yang dijelaskan hanya pada sebagian besarnya saja, semoga ini menjadi sebuah acuan bagi Anda supaya selalu melaksanakan servis secara rutin dan seringnya mengecek atau mebersihkan filter udara. Sebagai acuan juga, Saya rekomendasikan Harga Motor untuk Anda.
Sebagai penutup, Saya ucapkan terima kasih dan semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda Kawan Motor !!!! Salam Motor Area ...
Filter yang pribadi berafiliasi dengan alat pengkabutan ini pada kenyatannya memang berguna yang cukup penting. Berdasarkan pengalaman, filter pada sebuah sepeda motor ini hanya dibersihkan sewaktu kita melaksanakan servis ke bengkel resmi atau bengkel langganan saja. Terkadang meskipun Anda rutin melaksanakan servis ringan, pada bab filter terkadang terlupakan untuk dibersihkan, palingan hanya di semprot memakai angin kompresor. Namun jikalau hanya disemprot saja tanpa dibuka, filter tidak akan higienis dengan maksimal Kawan, terutama pada motor matic.
Pada motor Matic, Filter Udara ini mempunyai dua, yakni Filter Udara yang tersambung pada alat pengkabutan (Karburator) dan yang satunya terdapat dibagian blok mesin kiri, tepatnya pada daerah berikut ini (pada Yamaha Mio Automatic). Coba perhatikan gambar berikut.
Filter Udara Blok Kiri Matic |
Berikut merupakan Resiko Akibat Filter Udara Kotor :
1. Tarikan Terasa Berat
Bagaimana tidak, jikalau filter udara kotor, maka dengan secara otomatis udara yang masuk akan berkurang. Dengan berkurangnya udara yang diharapkan Karburator sebagai pencampur materi bakar, maka yang terjadi disini yaitu banyaknya materi bakar dibandingkan udara yang dimasukkan kedalam ruang bakar. Sehingga jikalau terjadi hal menyerupai ini, maka sistem kerja pembakaran pada ruang bakar akan tidak tepat dan tarikan si motor akan terasa berat.
2. Borosnya Bahan Bakar
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa jikalau berkurangnya udara yang diharapkan alasannya yaitu filter kotor, maka akan ada kemungkinan pada sistem pengkabutan akan lebih banyak memakai materi bakar dibandingkan udara yang akan disalurkan ke ruang bakar. Kejadian menyerupai inilah yang menjadikan borosnya materi bakar yang digunakan.
3. Tersendatnya Nafas Ketika RPM Tinggi
Pada pengalaman Saya saat filter udara motor Mio Saya kotor, terasa sangat kesal saat sedang beradu kecepatan namun si motor kurang maksimal hanya alasannya yaitu Filternya kotor. Nah, insiden yang dialami ini gak mau terjadi pada Anda juga kan ..? Maka dari itu, sering-seringlah mebersihkan filter pada motor Anda. Jika filter udara kotor, maka selain kedua jawaban yang telah dijelaskan diatas, saat Anda berada dalam RPM tinggi, simotor akan terasa lebih berat dan terkadang enggan diajak lari dan nafas terasa menyerupai orang sedang ashma .. hehe
Perbersihan Filter Udara (Karburator) |
Sebagai penutup, Saya ucapkan terima kasih dan semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda Kawan Motor !!!! Salam Motor Area ...
0 Response to "Resiko Akhir Filter Udara Kotor"