Latest News

V-Belt Motor Matic Putus Mendadak ?? Cari Tahu Penyebabnya ???

Sebelum kita pada bahasan utama yakni wacana V-Belt Motor Matic Putus Mendadak ?? Cari Tahu Penyebabnya ??? baiknya Kita mengetahui fungsi v-belt pada motor.

Pada dasarnya, V-Belt mempunyai tugas yang penting bagi motor matic. Dimana Fungsi utama v-belt juga hampir sam ibarat rantai, yakni berfungsi sebagai penghubung tenaga putar yang diperoleh dari crankshaft (mesin) menuju ke As roda belakang (roda). Karena fungsinya sepereti itu, maka sangat mengkhawatirkan kalau Kita melaksanakan perjalanan dan tiba-tiba si V-Belt ini putus. Jika si v-belt putus, maka yang terjadi disini ialah meskipun mesin menyala dengan normal, namun si motor tidak akan dapat jalan atau melaju.

Sebelum kita pada bahasan utama yakni wacana  V-Belt Motor Matic Putus Mendadak ?? Cari Tahu Penyebabnya ???
V-Belt Motor Matic
Pada umumnya, umur pakai v-belt motor matic yakni antara 15.000 - 20.000 kilometer. Lewat dari itu, v-belt biasanya akan mengalami putus secara mendadak tanpa ada gejala sebelumnya. Hal ini diakui oleh para bikers yang telah mengalami putusnya v-belt saat motor digunakan, saat jarak jauh terutamanya. Bagi Anda yang mempunyai motor matic yang ingin melaksanakan perjalanan jauh ke luar kota misalnya, atau sebentar lagi mau menghadapi yang namanya pulang kampung lebaran. Alangkah lebih baiknya lakukan dulu pergantian V-Belt kalau telah berumur, supaya dapat terhindari dari V-Belt Motor Matic putus saat motor digunakan.

Selain sebab usia pemakaian yang lebih, ada beberapa hal menjadi penyebab putusnya v-belt. Dari semuanya itu, kita dapat dideteksi kalau Anda mau hindari V-Belt Motor Matic putus saat motor digunakan. Apa sajakah yang harus diperhatikan .? Inilah bagian-bagian yang perlu dicermati. Coba perhatikan :

1. Lihat dan cermati pada pecahan dalam atau pecahan bergigi dari v-belt. Tanda-tanda akan putus biasanya ada yang retak-retak. Kalau tidak kelihatan retaknya dapat juga menekuk v-belt.

Perhatikan gambar.
Sebelum kita pada bahasan utama yakni wacana  V-Belt Motor Matic Putus Mendadak ?? Cari Tahu Penyebabnya ???
V-Belt Motor Matic
2. Di sisi samping belt, sudutnya terlihat lebih ramping atau tajam, ini merupakan tanda kalau v-belt sudah aus dan harus cepat diganti ketimbang v-belt standar atau yang masi baru. Hal tersebut menunjukan v-belt sudah aus akhir ukiran dengan pully. Jika telah mengalami keausan, v-belt menjadi mulur yang akan menyebabkan bunyi berisik di rumah CVT, ibarat halnya rantai yang kendur, adanya bunyi sebab v-belt bergesek dengan tutup CVT atau crankcase.

Pengaruhnya yakni, Akselerasi awal biasanya jadi selip atau tarikannya berat. Seperti gas diputar tapi tenaga tidak sesuai putaran mesin. Biasanya orang menerka itu efek dari karburator, jadi jangan salah kaprah ya Kawan.

3. Pemakaian ukuran ban yang tak lazim, contohnya 140/80-14 (lebih besar dari standar). Belt butuh tekanan lebih besar untuk menggerakkan roda. Inilah yang bikin belt cepat aus. Selain itu, tenaga yang besar akhir pemakaian ban lebar juga bikin belt cepat aus.

4. Rute perjalanan yang panjang seharian juga bikin daya tahan v-belt berkurang kemudian membuatnya cepat putus. Misalnya, sekali jalan puluhan kilometer tanpa istirahat dicampur macet. Walau pemakaian masih sekitar 10.000 km, v-belt dapat saja putus. Maka dari itu untuk yang hobi touring disarankan membawa v-belt cadangan. Tentunya juga harus mengerti cara mengganti v-belt itu sendiri. Dan jangan lupa membawa kunci-kunci untuk mengganti v-belt sendiri, sebab mungkin Anda tahu sendiri bagaimana harga dibengkel saat kita berada dalam keadaan darurat. Itu juga syukur-syukur kalau ada barangnya. Nah, kalau tidak ada ..? Maka dari itu untuk menghindari hal ibarat ini, maka istirahatkanlah si mesin dengan minimal 15 menit dalam keadaan mesin mati.

Dari beberapa klarifikasi diatas, mungkin itu hanya merupakan sebagian dari penyebab dan ciri V-Belt motor matic putus saat digunakan. Sebagai epilog dari ulasan yang berjudul V-Belt Motor Matic Putus Mendadak ?? Cari Tahu Penyebabnya ???, Saya sarankan kalau Anda ingin melaksanakan perjalan jauh, hendaklah mengecek spare part motor atau melaksanakan servis terlebih dahulu supaya Anda tidak merasa tersiksa sama si motor saat dijalan. Tetap berhati-hati, waspada dan tetaplah kontrol kendaraan yang Anda kendarai. Semoga ulasan pada segmen kali ini bermanfaat bagi Anda Kawan Motor. Terima Kasih.....

0 Response to "V-Belt Motor Matic Putus Mendadak ?? Cari Tahu Penyebabnya ???"

Total Pageviews