Pada beberapa waktu kemudian pabrikan asal Jepang yang berlambang sayap telah merilis varian motor sport terbarunya. Motor rilisan terbarunya ini merupakan suatu suguhan dan penyegaran supaya konsumen semakin merasa puas akan kehadiran motor sport rilisan terbaru dari Honda ini.
Motor sport Honda yang mempunyai volume cylinder 250 cc ini salah satunya. Dengan dirilisnya Honda CBR250R yang menjadi All New Honda CBR250R ini tentunya sangat menarik banyak pihak. All New Honda CBR250R bukan hanya hadir dengan tampilan yang lebih segar dan baru. Tapi performa juga diklaim lebih baik. Dengan powernya yang meningkat dari versi usang yang hanya 20 kW pada 8.500 rpm, sekarang pada All New menjadi 21 kW atau 29 dk pada 9.000 rpm. Sedangkan pada torsi maksimalnya juga mempunyai peningkatan 23 Nm di 7.500 rpm.
Dengan perubahan performa pada mesin dan tentunya yang mencolok yaitu pada bab desain, menciptakan banyak hal yang menjadi sentuhan ubahan dari Honda CBR250R ke All New Honda CBR250R. Perubahan ini melibatkan 16 part yang didesain baru. Sampai pada bab crank case-nya pun tak luput dari ubahan. Apa sajakah 16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru ..? Simak ulasan berikut !!!!
1. Bearing Balancer | 2. Crank Case
Bearing balancer kruk as pada All New CBR 250R diganti dengan yang lebih besar. Bearing ini mempunyai tebal 15 mm, lebih tebal 1 mm dan diameter luarnya jadi lebih besar yaitu jadi 52 mm, sedangkan yang versi usang hanya 47 mm. Perubahan diameter luas bearing mengakibatkan crank case berubah alasannya dudukannya juga harus menjadi lebih besar pula.
3. Kruk As
Tenaga lebih besar, komponen harus makin kuat. Tak heran jikalau balasannya pen kruk as diperkuat dengan material khusus.
4. Piston | 5. Pin Piston
Agar tabrakan berkurang, lapisan molybdnum di sisi samping piston ditambah dengan oil lock yang berfungsi untuk membantu pelumasan. Clip piston diganti, sekarang cincin kecil ini tebalnya jadi 1,5 mm, sedangkan pada versi sebelumnya hanya 1,4 mm.
6. Head Cylinder
Pada bab kepala silinder, O2 sensor yang dulu ada di kepala silinder sekarang dipindah ke leher knalpot. Daerah di kepala silinder, sekarang lebih praktis tanpa ada banyak komponen yang terdapat pada bab yang satu ini.
7. Per Klep | 8. Rocker Arm
Dengan tujuan mengurangi imbas floating di putaran mesin tinggi, per klep diganti dengan yang lebih tebal. Kini tebalnya jadi 5,3 mm, sedangkan pada versi yang usang hanya 4,9 mm. Mengimbangi per klep yang lebih keras, rocker arm diberikan sentuhan heat treatment sehingga menjadi lebih kuat.
9. Tensioner Rantai Keteng | 10. Lifter Tensioner Rantai Keteng
Per klep yang lebih keras juga mengharuskan rantai keteng untuk bekerja lebih ekstra. Salah satu komponen yang rawan rusak jikalau dibiarkan dengan spek sebelumnya yaitu lifter tensioner rantai keteng. maka dari itu untuk mencegah hal tersebut, load tensioner berubah 1 mm, begitu pula dengan tensioner yang berbentuk pengecap ini. Sehingga tensioner ikut diperkuat dengan menciptakan desain baru.
11. Kopling | 12. Lever Comp Clutch
Agar perpindahan gigi makin halus, pada bab kopling ditambah dengan judder spring dan seat judder spring. Komponen ini bisa menambah feeling responsif dikala menarik kopling sekaligus mengurangi imbas selip. Tuas kopling atau dalam bahasa kerennya lever comp clutch, dibentuk lebih pendek sehingga feeling perpindahan gigi lebih gampang dan sanggup dirasakan.
13. Gear Ratio
Pada bab gear ratio, dilakukan perubahan supaya perpindahan gigi All New Honda CBR250R ini lebih close alasannya ratio-nya dibentuk lebih ringan, sehingga efeknya yakni jadi lebih responsif. perubahan gear ratio ini berubah dari gigi 1 hingga 6. Yang artinya dilakukan secara keseluruhan pada bab yang satu ini.
Coba perhatikan !!!
Ratio pada All New Honda CBR250R
1 = 3,417 (41/12), 2 = 2,250 (36/16), 3 = 1,650 (33/20), 4 = 1,350 (27/20), 5 = 1,167 (28/24), 6 = 1,038 (27/26).
Ratio pada Honda CBR250R lama
1 = 3,333 (40/12), 2 = 2,117 (36/17), 3 = 1,571 (33/21), 4 = 1,304 (30/23), 5 = 1,115 (29/26), 6 = 0,962 (26/27).
14. Gear Starting Driven
Untuk menambah daya tahan, komponen ini mempunyai diameter bearing needle yang lebih besar yakni 36 mm.
15. Gear Balancer | 16. Gear Balancer
Driven Kedua komponen ini mengalami perubahan gigi dari 34 menjadi 35. Tujuannya untuk menyesuaikan kenaikan putaran mesin dari model sebelumnya. Sehingga hasil yang didapat akan lebih terasa lebih responsif.
Setelah dijelaskan 16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru yang dijelaskan diatas, Mari kita tengok Spesifikasi All New Honda CBR250R :
P x L x T : 2.033 x 720 x 1.119 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.378 mm
Jarak ke tanah : 146 mm
Berat kosong : 164 Kg
Kapasitas tangki : 13 liter
Rangka : Twin Spar Steel
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Lengan Ayun (Pro-Link)
Ban Depan : 110/70-17M/C (Tubeless)
Ban Belakang : 140/70-17M/C (Tubeless)
Rem Depan : Cakram Hidraulik (Tersedia versi ABS)
Rem Belakang : Cakram Hidraulik (Tersedia versi ABS)
Mesin : 4 Langkah, DOHC 4 klep, Silinder Tunggal
Volume : 249,67 cc
Diameter x Langkah : 76 x 55 mm
Rasio Kompresi : 10,7:1
Daya Maksimum : 28,16 dk (21 kW)/9.000 rpm
Torsi Maksimum : 23 Nm/7.500 rpm
Kapasitas oli : 1,8 liter
Transmisi : 6 speed
Tipe Starter : Electric Starter
Tipe Battery : 12V-6Ah
Busi : NGK 81MR8A9
Pengapian : Full-Transistor Baterry Ignition
Untuk menunjukan bahwa All New Honda CBR250R ini lebih cepat dibanding Honda CBR250R versi lama, maka telah dibuktikan melalui dilakukannya tes akselerasi menggunakan Vericom VC-3000. Pada hasil tester ini, didapat hasil pada CBR250R gres ini hanya membutuhkan waktu 3,38 detik untuk berakselerasi dari 0 - 60 km/jam. Sedangkan untuk mendapat 100 km/jam yakni tembus diangka 6,41 detik. Sementara untuk menempuh jarak 0 - 201 meter, dicapai hanya dalam waktu 9,72 detik. Dari hasil ini disimpulkan bahwa All New Honda CBR250R ini Lebih cepat 0,61 detik jikalau dibandingkan dengan sang abang yakni CBR250R versi lama.
Sumber : awansanblog.wordpress.com
Sumber Image : Otomotifnet.com
Motor sport Honda yang mempunyai volume cylinder 250 cc ini salah satunya. Dengan dirilisnya Honda CBR250R yang menjadi All New Honda CBR250R ini tentunya sangat menarik banyak pihak. All New Honda CBR250R bukan hanya hadir dengan tampilan yang lebih segar dan baru. Tapi performa juga diklaim lebih baik. Dengan powernya yang meningkat dari versi usang yang hanya 20 kW pada 8.500 rpm, sekarang pada All New menjadi 21 kW atau 29 dk pada 9.000 rpm. Sedangkan pada torsi maksimalnya juga mempunyai peningkatan 23 Nm di 7.500 rpm.
Honda All New CBR250R vs Honda CBR250R Lama |
1. Bearing Balancer | 2. Crank Case
Bearing balancer kruk as pada All New CBR 250R diganti dengan yang lebih besar. Bearing ini mempunyai tebal 15 mm, lebih tebal 1 mm dan diameter luarnya jadi lebih besar yaitu jadi 52 mm, sedangkan yang versi usang hanya 47 mm. Perubahan diameter luas bearing mengakibatkan crank case berubah alasannya dudukannya juga harus menjadi lebih besar pula.
Crank Case |
3. Kruk As
Tenaga lebih besar, komponen harus makin kuat. Tak heran jikalau balasannya pen kruk as diperkuat dengan material khusus.
Kruk As |
4. Piston | 5. Pin Piston
Agar tabrakan berkurang, lapisan molybdnum di sisi samping piston ditambah dengan oil lock yang berfungsi untuk membantu pelumasan. Clip piston diganti, sekarang cincin kecil ini tebalnya jadi 1,5 mm, sedangkan pada versi sebelumnya hanya 1,4 mm.
Piston dan pin Piston |
6. Head Cylinder
Pada bab kepala silinder, O2 sensor yang dulu ada di kepala silinder sekarang dipindah ke leher knalpot. Daerah di kepala silinder, sekarang lebih praktis tanpa ada banyak komponen yang terdapat pada bab yang satu ini.
Head Cylinder |
Dengan tujuan mengurangi imbas floating di putaran mesin tinggi, per klep diganti dengan yang lebih tebal. Kini tebalnya jadi 5,3 mm, sedangkan pada versi yang usang hanya 4,9 mm. Mengimbangi per klep yang lebih keras, rocker arm diberikan sentuhan heat treatment sehingga menjadi lebih kuat.
Per Klep dan Rocker Arm |
Per klep yang lebih keras juga mengharuskan rantai keteng untuk bekerja lebih ekstra. Salah satu komponen yang rawan rusak jikalau dibiarkan dengan spek sebelumnya yaitu lifter tensioner rantai keteng. maka dari itu untuk mencegah hal tersebut, load tensioner berubah 1 mm, begitu pula dengan tensioner yang berbentuk pengecap ini. Sehingga tensioner ikut diperkuat dengan menciptakan desain baru.
Tensioner |
Agar perpindahan gigi makin halus, pada bab kopling ditambah dengan judder spring dan seat judder spring. Komponen ini bisa menambah feeling responsif dikala menarik kopling sekaligus mengurangi imbas selip. Tuas kopling atau dalam bahasa kerennya lever comp clutch, dibentuk lebih pendek sehingga feeling perpindahan gigi lebih gampang dan sanggup dirasakan.
Kopling dan Lever Comp Clucth |
Pada bab gear ratio, dilakukan perubahan supaya perpindahan gigi All New Honda CBR250R ini lebih close alasannya ratio-nya dibentuk lebih ringan, sehingga efeknya yakni jadi lebih responsif. perubahan gear ratio ini berubah dari gigi 1 hingga 6. Yang artinya dilakukan secara keseluruhan pada bab yang satu ini.
Gear Ratio |
Ratio pada All New Honda CBR250R
1 = 3,417 (41/12), 2 = 2,250 (36/16), 3 = 1,650 (33/20), 4 = 1,350 (27/20), 5 = 1,167 (28/24), 6 = 1,038 (27/26).
Ratio pada Honda CBR250R lama
1 = 3,333 (40/12), 2 = 2,117 (36/17), 3 = 1,571 (33/21), 4 = 1,304 (30/23), 5 = 1,115 (29/26), 6 = 0,962 (26/27).
14. Gear Starting Driven
Untuk menambah daya tahan, komponen ini mempunyai diameter bearing needle yang lebih besar yakni 36 mm.
Gear Starting Driven |
15. Gear Balancer | 16. Gear Balancer
Driven Kedua komponen ini mengalami perubahan gigi dari 34 menjadi 35. Tujuannya untuk menyesuaikan kenaikan putaran mesin dari model sebelumnya. Sehingga hasil yang didapat akan lebih terasa lebih responsif.
Setelah dijelaskan 16 Part CBR250R Diubah, Ditanam di All New Honda CBR250R Versi Baru yang dijelaskan diatas, Mari kita tengok Spesifikasi All New Honda CBR250R :
P x L x T : 2.033 x 720 x 1.119 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.378 mm
Jarak ke tanah : 146 mm
Berat kosong : 164 Kg
Kapasitas tangki : 13 liter
Rangka : Twin Spar Steel
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Lengan Ayun (Pro-Link)
Ban Depan : 110/70-17M/C (Tubeless)
Ban Belakang : 140/70-17M/C (Tubeless)
Rem Depan : Cakram Hidraulik (Tersedia versi ABS)
Rem Belakang : Cakram Hidraulik (Tersedia versi ABS)
Mesin : 4 Langkah, DOHC 4 klep, Silinder Tunggal
Volume : 249,67 cc
Diameter x Langkah : 76 x 55 mm
Rasio Kompresi : 10,7:1
Daya Maksimum : 28,16 dk (21 kW)/9.000 rpm
Torsi Maksimum : 23 Nm/7.500 rpm
Kapasitas oli : 1,8 liter
Transmisi : 6 speed
Tipe Starter : Electric Starter
Tipe Battery : 12V-6Ah
Busi : NGK 81MR8A9
Pengapian : Full-Transistor Baterry Ignition
Untuk menunjukan bahwa All New Honda CBR250R ini lebih cepat dibanding Honda CBR250R versi lama, maka telah dibuktikan melalui dilakukannya tes akselerasi menggunakan Vericom VC-3000. Pada hasil tester ini, didapat hasil pada CBR250R gres ini hanya membutuhkan waktu 3,38 detik untuk berakselerasi dari 0 - 60 km/jam. Sedangkan untuk mendapat 100 km/jam yakni tembus diangka 6,41 detik. Sementara untuk menempuh jarak 0 - 201 meter, dicapai hanya dalam waktu 9,72 detik. Dari hasil ini disimpulkan bahwa All New Honda CBR250R ini Lebih cepat 0,61 detik jikalau dibandingkan dengan sang abang yakni CBR250R versi lama.
Sumber : awansanblog.wordpress.com
Sumber Image : Otomotifnet.com
0 Response to "16 Part Cbr250r Diubah, Ditanam Di All New Honda Cbr250r Versi Baru"