Latest News

Fungsi Dan Bagian-Bagian Roda Kendaraan

Roda merupakan kepingan yang tak terlepas dari kendaraan lantaran pada kendaraan umumnya memakai roda sebagai referensi ketika kendaraan bergerak.

Roda akan bersinggungan pribadi dengan permukaan jalan ketika kendaraan bergerak, sehingga segala kondisi permukaan jalan (jalanan rusak atau jalanan rata) akan diterima pribadi oleh roda.

Roda pada kendaraan sendiri mempunyai fungsi untuk :
  1. Menopang seluruh berat kendaraan.
  2. Meyerap kejutan yang ditimbulkan lantaran kondisi permukaan jalan yang tidak rata. Pada umumnya kepingan ban kendaraan terbuat dari karet dan di dalamnya berisi udara bertekanan yang juga mempunyai tugas sebagai penyerap kejutan dari permukaan jalan.Tentu saja hal ini akan menambah kenyamanan dan kenikmatan ketika berkendara.
  3. Memindahkan tenaga dari mesin ke permukaan jalan dengan baik. Agar tidak terjadi slip diantara roda dengan permukaan jalan maka kontak ban dengan jalan harus baik.
  4. Memindahkan tenaga pengereman ke permukaan jalan.
  5. Membuat sistem kemudi sanggup berfungsi dengan baik (kendaraan sanggup diarahkan atau dibelokkan).

Roda kendaraan terdiri dari dua kepingan utama yaitu ban dan pelek (velg). Ban merupakan kepingan dari roda kendaraan yang pribadi bersinggungan dengan permukaan jalan.

Konstruksi ban kendaraan terdiri dari carcass, tread, sidewall, breaker dan bead.

Carcass merupakan kepingan rangka ban yang keras dan berfungsi untuk menahan tekanan udara, namun kepingan ini harus tetap fleksibel untuk meredam perubahan beban dan benturan dari permukaan jalan.

Tread terletak pada kepingan terluar ban yang pribadi bersinggungan dengan permukaan jalan dan berfungsi untuk melindungi carcass terhadap keausan dan kerusakan yang disebabkan oleh permukaan jalan.

Sidewall merupakan lapisan karet yang menutup kepingan samping ban dan sebagai pelindung carcass terhadap kerusakan dari luar.

Breaker terletak diantara kepingan carcass dengan tread yang berfugnsi untuk memperkuat daya rekat antar keduanya dan sebagai peredam kejutan yang diterima ban semoga yang menuju ke carcass.

Bead berfungsi untuk mencegah robeknya ban dari rim yang disebabkan banyaknya gaya yang bekerja.

Ban sendiri tidak sanggup pribadi dipasangkan ke kendaraan, melainkan membutuhkan pelek.

Ban akan dipasangkan dengan pelek, oleh alasannya ialah itu pelek roda harus mempunyai kekuatan yang cukup berpengaruh untuk menahan beban kendaraan yang semuanya tertumpu pada kepingan roda.

Baca juga : Tipe-tipe ban kendaraan 

Terdapat dua tipe pelek roda yaitu pelek roda yang terbuat dari baja press (pressed steel disch wheel) dan pelek roda yang terbuat dari materi adonan besi tuang (cast light alloy disc wheel).

Pelek tipe baja press ini terbuat dari lembaran baja yang dipress dan mempunyai konstruksi yang kuat. Tipe ini dipakai pada kendaraan lantaran menginginkan aspek ketahanan pelek yang lebih usang (awet) dan mempunyai kualitas yang merata pada setiap kepingan pelek.

Pelek tipe logam adonan terbuat dari materi adonan terutama dari materi alumunium atau magnesium. Pelek tipe dipakai pada kendaraan dengan tujuan untuk mengurangi beban dari kendaraan sehingga kendaraan sanggup berjalan dengan lebih cepat.

0 Response to "Fungsi Dan Bagian-Bagian Roda Kendaraan"

Total Pageviews