Latest News

Pengertian Mesin Pembakaran Dalam Dan Mesin Pembakaran Luar

Mesin atau engine merupakan suatu alat konversi energi yang sanggup merubah energi panas menjadi energi gerak.

Dikendaraan bermotor, sumber utama tenaga geraknya berasal dari mesin (motor). Tenaga gerak dari mesin ini nantinya akan disalurkan ke sistem aktivis kendaraan tersebut dengan prosedur sistem pemindah tenaga.

Misalnya, pada kendaraan kendaraan beroda empat tipe FR mekasnisme pemindah tenaga dari mesin biar hingga ke roda maka memerlukan komponen pemanis menyerupai kopling, transmisi, poros propeller, differential dan poros axle.

Terdapat dua tipe mesin bakar menurut letak pembakarannya ialah mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) dan mesin pembakaran luar (external combustion engine).

Mesin pembakaran dalam
Mesin pembakaran dalam merupakan sebuah mesin yang proses pembakarannya berada di dalam ruang tertutup atau sering disebut dengan istilah ruang bakar (combustion chamber).

Campuran udara dan materi bakar akan dihisap masuk ke dalam ruang bakar kemudian kemudian akan di bakar di dalam ruang bakar tersebut untuk menghasilkan tenaga ledakan pembakaran yang nantinya digunakan sebagai tenaga putar untuk menggerakkan kendaraan.

Contoh mesin pembakaran dalam sering kita temui pada kendaraan-kendaraan baik sepeda motor, mobil, bus, truk dan lain sebagainya. Mesin pembakaran dalam sendiri menurut jenis materi bakar yang digunakan antara lain mesin bensin dan mesin diesel.

Macam-macam mesin pembakaran dalam apabila dilihat dari prinsip kerjanya antara lain mesin 4 tak, mesin 2 tak dan mesin wankel.

Baca juga : Cara kerja motor 4 tak dan 2 tak

Kelebihan mesin pembakaran dalam dibandingkan dengan mesin pembakaran luar antara lain :
  1. Pemakaian materi bakar yang digunakan akan lebih irit alasannya mesin pembakaran dalam mempunyai efiiensi panas yang lebih baik.
  2. Konstruksi mesin lebih sederhana (kecil) alasannya tidak menyerupai pada mesin pembakaran luar yang memerlukan komponen tambahan, contohnya pada mesin uap maka mesin tersebut memerlukan ketel uap.
  3. Karena konstruksi mesin sederha maka mesin pembakaran dalam ini tidak memerlukan daerah yang luas atau tidak memakan daerah dibandingkan dengan mesin pembakaran luar/
  4. Lebih cepat dan lebih gampang untuk dijalankan (dioperasikan).

Mesin pembakaran luar
Mesin pembakaran luar merupakan sebuah mesin yang proses terjadinya pembakaran dilakukan di luar mesin atau bukan di dalam ruang yang tertutup (ruang bakar). Panas yang dihasilkan dari proses pembakaran tidak akan pribadi dirubah menjadi tenaga gerak, melainkan memerlukan media (komponen) penghantar panas dan gres kemudian akan dirubah menjadi energi gerak.

Contoh kendaraan yang menggunakan mesin pembakaran luar ialah pesawat tenaga uap, kereta api uap dan kapal uap.

Kelebihan mesin pembakaran luar dibandingkan dengan mesin pembakaran dalam antara lain :
  1. Dapat menggunakan semua jenis materi bakar (bahan bakar cair, materi bakar padar atau materi bakar gas).
  2. Dapat menggunakan materi bakar dengan kualitas atau mutu yang rendah.
  3. Lebih cocok untuk melayani beban-beban besar di dalam satu poros
  4. Lebih cocok untuk digunakan pada kendaraan dengan daya tinggi.

0 Response to "Pengertian Mesin Pembakaran Dalam Dan Mesin Pembakaran Luar"

Total Pageviews