Pegas katup (valve spring) atau juga disebut dengan pegas klep merupakan bab dari prosedur katup. Pegas katup ini akan menjamin kerapatan katup dikala menutup. Katup akan bergerak membuka dan menutup pada dikala proses kerja atau dikala mesin beroperasi.
Saat poros nok (camshaft) berputar dan menekan katup maka katup akan dalam keadaan terbuka. Kemudian ketika poros nok berputar kembali dan tidak menekan katup maka katup akan menutup kembali akhir dari tekanan pegas.
Semakin besar lengan berkuasa gaya pegas katup maka katup akan semakin cepat menutup dan akan menjamin kerapatan katup semakin baik. Namun apabila terlalu besar lengan berkuasa gaya pegas katup maka akan berdampak bertambahnya tenaga diharapkan untuk membuka katup sehingga sanggup memberi beban pada mesin dan menciptakan poros nok menjadi cepat aus.
Apabila gaya pegas katup ini lemah maka katup akan lebih usang untuk menutup kembali dan kerapatan katup menjadi kurang baik. Akibatnya yakni sanggup terjadi kebocoran kompresi sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin menjadi kurang optimal.
Oleh lantaran itu pegas katup ini juga harus diperiksa ketika melaksanakan proses over houl atau turun mesin.
Pemeriksaan dan pengukuran pegas katup ini bertujuan untuk mengetahui apakah pegas katup masih dalam keadaan baik atau kurang baik sehingga sanggup dilakukan langkah selanjutnya apakah pegas katup harus diganti atau masih layak untuk digunakan. Adapunpemeriksaan yang dilakukan pada pegas katup antara lain sebagai berikut :
Pemeriksaan kemiringan pegas katup
- Letakkan pegas katup pada permukaan yang rata.
- Dengan memakai penggaris siku, ukur kemiringan pegas katup menyerupai pada gambar di bawah ini :
- Baca hasil pengukuran kemudian bandingkan dengan spesifikasinya. Kemiringan maksimal pegas katup contohnya pada kendaraan kijang dengan mesin seri K mempunyai nilai spesifikasi kemiringan maksimum yaitu 1,8 mm (0,063 inchi).
- Apabila kemiringan pegas katup melebihi nilai kemiringan maksimum maka gantilah pegas katup.
Pemeriksaan panjang pegas katup
- Dengan memakai jangka sorong, ukur panjang pegas katup menyerupai pada gambar di bawah ini :
- Baca hasil pengukuran panjang pegas katup pada jangka sorong.
- Bandingkan hasil pengukuran dengan nilai spesifikasi panjang pegas katupnya. Pada kendaraan kijang dengan mesin seri K mempunyai nilai spesifikasi panjang bebas pegas katup yaitu 46,5 mm (1,831 inchi).
- Apabila panjang pegas katup tidak sesuai dengan nilai spesifikasinya maka gantilah pegas katup.
Pemeriksaan kekuatan gaya pegas atau ketegangan pegas
- Dengan memakai alat pengukur ketegangan pegas atau alat pres hidrolik, tekan pegas katup.
- Tekan pegas katup hingga mencapai panjang 38,4 mm (1,512 inchi). Kemudian periksa tegangan pegas, dan bandingkan dengan tegangan spesifikasinya. Pada kendaraan kijang dengan mesin seri K mempunyai nilai spesifikasi gaya yang dibutuhkan untuk menekan pegas katup hingga panjang katup menjadi 38,4 mm yaitu sekitar 296 N.m – 328 N.m (30,2 kgf.m – 33,4 kgf.m).
- Apabila ketegangan pegas dikala tertekan tidak sesuai dengan spesifikasinya maka gantilah pegas katup.
0 Response to "Pemeriksaan Dan Pengukuran Pegas Katup"