Latest News

Fungsi Rocker Arm / Pelatuk Katup/ Templar

Salah satu dari komponen-komponen mekanisme katup yaitu rocker arm. Rocker arm atau yang sering juga disebut dengan pelatuk klep atau juga templar roller.

Rocker arm ini berfungsi untuk membuka dan menutup katup (klep), baik katup hisap dan katup buang. Ketika katup hisap tertekan oleh rocker arm maka adonan udara dan materi bakar sanggup masuk ke dalam ruang bakar, sedangkan saat katup buang tertekan oleh rocker arm maka gas hasil pembakaran sanggup keluar melalui katup buang.

Rocker arm ini terpasang pada pecahan rocker arm shaft atau poros rocker arm. Pada kendaraan dengan prosedur katup tipe OHV (Over Head Valve), rocker arm ini dihubungkan dengan poros pendorong (push rod). Bila poros nok (cam shaft) berputar dan poros nok menekan pengangkat katup (valve lifter) maka akan mendorong batang pendorong sehingga batang mendorong akan menekan rocker arm dan hasilnya rocker arm akan menekan katup biar katup membuka.

Pada mesin dengan prosedur katup tipe SOHC (Single Over Head Cam shaft), rocker arm terhubung pribadi dengan poros nok sehingga saat poros nok berputar dan pecahan tonjolan poros nok menekan rocker arm maka tekanan tersebut akan diteruskan oleh rocker arm untuk menekan katup.

Pada rocker arm dilengkapi dengan sekrup penyetel dan mur pengunci. Sekrup penyetel dan mur pengunci ini dipakai untuk menyetel celah katup. Celah katup harus disetel celahnya biar sesuai dengan nilai spesifikasinya, jikalau nilai celah katup tidak sesuai spesifikasinya contohnya lebih besar atau lebih kecil maka akan mengakibatkan efek yang tidak baik pada kinerja mesin maupun pada komponen rocker arm atau katupnya sendiri.


Namun ada juga tipe mesin yang tidak perlu melaksanakan penyetelan celah katup secara manual alasannya celah katup ini sudah dilakukan secara otomatis yaitu pada mesin yang memakai pengangkat katup tipe hidrolis (mekanisme katup tipe OHV) atau memakai katup last adjuster (pada prosedur katup tipe OHC).

0 Response to "Fungsi Rocker Arm / Pelatuk Katup/ Templar"

Total Pageviews