Thermostat merupakan salah satu komponen pada sistem pendinginan yang mempunyai fungsi untuk membuka dan menutup jalan masuk air pendingin yang menuju ke radiator yang berkhasiat untuk mempercepat biar temperatur air pendingin sanggup mencapai temperatur kerjanya.
Thermostat sendiri terdapat 2 macam adalah thermostat tanpa katup by-pass dan thermostat dengan memakai katup by-pass.
Thermostat tanpa katup by-pass
Keterangan :
- Valve
- Silinder
- Wax
- Jiggle Valve
Cara Kerja :
Pada ketika temperatur pada engine masih dingin, maka jalan masuk air yang menuju ke radiator akan ditutup oleh thermostat sehingga akan menciptakan air tidak sanggup mengalir ke radiator dan hanya mengalir di kawasan engine saja.
Pada ketika temperatur pada engine panas maka jalan masuk air yang menuju ke radiator akan membuka sehingga air yang panas akan dialirkan ke radiator untuk didinginkan.
Thermostat dengan katup by-pass
Keterangan :
- Thermostat
- Saluran By-pass
- Radiator
- Water Pump
Cara kerja :
Pada ketika engine masih pada temperatur hambar maka jalan masuk by-pass yang terdapat pada thermostat akan terbuka sehingga air pendingin akan mengalir dari blok engine ke jalan masuk by-pass lalu dialirkan kembali ke water pump dan dialirkan ke blok engine
Spada ketika engine sudah mencapai temperatur panas (temperatur kerja) maka jalan masuk pada by-pass yang terdapat pada thermostat akan tertutup sehingga air pendingin akan mengalir dari blok engine menuju radiator dan dialirkan kembali ke water pump lalu ke blok engine (tidak ada fatwa dari air pendingin yang melewati saluran by-pass), sehingga pendinginan pada ketika engine panas lebih efektif.
0 Response to "Macam-Macam Thermostat Pada Engine"