Mesin EFI (Elektronik Fuel Injection) merupakan mesin yang penyemprotan materi bakarnya sudah dilakukan atau dikontrol secara elektronik untuk menghasilkan adonan yang baik antara materi bakar dan udara.
Pada mesin EFI komponen yang berfungsi untuk menyemprotkan atau menginjeksikan materi bakar ialah injektor.
Injektor selalu ada pada setiap mesin EFI, mengingat fungsi injektor sebagai pengkabut materi bakar yang sangat penting bagi kendaraan EFI.
Beda halnya dengan kendaraan yang masih memakai karburator alasannya ialah fungsi mengabutkan materi bakar dilakukan oleh karburator sehingga tidak memakai injektor.
Jika pada kendaraan dengan memakai karburator, jumlah karburator pada kendaraan tersebut hanya memakai satu buah karburator walaupun jumlah silindernya lebih dari satu.
Namun beda halnya dengan kendaraan EFI, jumlah dari injektor setiap kendaraan berbeda-beda, ada yang berjumlah satu buah injektor untuk mesin dengan jumlah silinder lebih dari satu (multiple cylinder), ada pula yang jumlah injektornya sesuai dengan jumlah silinder di mesin EFI tersebut. Jumlah injektor ini tergantung dari tipe EFI pada kendaraan tersebut.
Selain itu, letak dari karburator pada mesin konvensional selalu berada sebelum intake manifold tapi untuk letak dari injektor pada mesin EFI berbeda-beda ada yang di throttle body, intake manifold atau di ruang bakar tergantung dari tipe mesin EFI tersebut.
Sehingga tipe-tipe mesin EFI menurut dari letak penginjeksiannya dibedakan menjadi tiga tipe yaitu mesin EFI tipe Throttle Body Injection (TBI), mesin EFI tipe Multi Point Injection (MPI) dan mesin EFI tipe Gasoline Direct Injection (GDI).
Throttle Body Injection atau TBI
Mesin EFI tipe Throttle Body Injection (TBI) atau juga disebut dengan mesin EFI tipe Single Point Injection (SPI) ini, letak injektornya berada di throttle body dan hanya mempunyai satu buah injektor sehingga jika mesin EFI tersebut mempunyai jumlah silindernya lebih dari satu maka satu injektor tersebut dipakai untuk melayani (mensuplai) kebutuhan materi bakar pada masing-masing silinder pada mesin. Untuk lebih jelasnya mengenai mesin EFI tipe TBI ini maka perhatikan gambar di bawah ini :
Multi Point Injection atau MPI
Mesin EFI tipe Multi Point Injection (MPI) ini, letak dari injektornya berada di intake manifold (saluran masuk) dan mengarah ke intake valve (katup masuk) sehingga nantinya materi bakar akan diinjeksikan oleh injektor di dalam intake manifold. Jumlah injektor pada mesin EFI tipe Multi Point Injection (MPI) ini, jumlah injektornya sama banyak dengan jumlah silinder pada mesin, contohnya pada mesin mempunyai silinder dengan jumlah empat buah maka jumlah injektor pada mesin tersebut berjumlah empat buah juga sehingga pada setiap intake manifold pada masing-masing silinder terdapat satu buah injektor. Untuk lebih jelasnya mengenai mesin EFI tipe MPI ini maka perhatikan gambar di bawah ini :
Gasoline Direct Injection atau GDI
Mesin EFI tipe Gasoline Direct Injection (GDI) ini, letak injektornya berada pada kepala silinder dan menghadap ke ruang bakar sehingga nantinya materi bakar akan eksklusif diinjeksikan di dalam ruang bakar. Jumlah injektor pada mesin EFI tipe Gasoline Direct Injection (GDI) ini, jumlah injektornya sama banyak dengan jumlah silinder pada mesin, contohnya pada mesin mempunyai silinder dengan jumlah empat buah maka jumlah injektor pada mesin tersebut juga berjumlah empat buah sehingga pada setiap ruang bakar di dalam silinder mesin terdapat satu buah injektor. Untuk lebih jelasnya mengenai mesin EFI tipe GDI ini maka perhatikan gambar di bawah ini :
0 Response to "Apa Itu Tbi, Mpi Dan Gdi Pada Mesin Injeksi Efi?"