Latest News

Apa Yang Dimaksud Dengan Angka Oktan Dan Angka Cetane?

Sering kita dengar kata angka oktan dan angka cetane, tahukah anda apa yang dimaksud dengan angka oktan (octan number) dan angka cetane (cetane number) ?

Angka oktan dan angka cetane berkaitan dekat dengan kemungkinan terjadinya engine knocking.

Tentu saja knocking pada mesin selalu tidak diinginkan lantaran bila terjadi knocking pada mesin akan menciptakan pengendara kurang nyaman, tenaga mesin kuran dan bahkan akan merusak komponen-komponen pada mesin.

Knocking sendiri merupakan insiden mesin bergetar lantaran terjadinya kesalahan dalam pembakaran di dalam mesin.

Salah satu penyebab terjadinya knocking yaitu dari pemilihan materi bakar yang digunakan. Bahan bakar yang digunakan sesuai dengan nilai kompresi pada mesin atau tidak ? Jika kualitas materi bakar kurang tetapi mesin mempunyai nilai kompresi yang tinggi maka kemungkinan terjadinya knocking akan besar.

Apa itu angka oktan ?
Angka oktan atau octan number menunjukkan kemampuan materi bakar bertahan terhadap terjadinya knocking (detonasi). Angka oktan ini terdapat pada materi bakar bensin yang digunakan pada motor bensin.

Semakin besar agka oktan maka kemampuan menahan knocking pada materi bakar akan semakin tinggi pula, artinya semakin kecil kemungkinan terjadinya knocking pada mesin.

Dengan kata lain, materi bakar yang mempunyai angka oktan yang tinggi maka materi bakar tersebut bisa menahan angka kompresi yang tinggi sehingga pada mesin bensin yang mempunyai angka kompresi yang tinggi membutuhkan materi bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi pula.

Jika materi bakar mempunyai angka oktan yang kecil, namun digunakan untuk mesin bensin yang mempunyai nilai kompresi yang tinggi maka akan mengakibatkan timbulnya knocking atau detonasi atau ngelitik.

Knocking ini terjadi lantaran adanya pre-ignition (pembakaran awal). Pre ignition terjadi sebelum busi memercikkan bunga api tetapi materi bakar sudah sanggup terbakar sehingga ketika busi memercikkan api maka akan ada dua sumber nyala api, dan ketika keduanya bertemu akan terjadi tumbukan ledakkan sehingga akan menimbulkan knocking.

Bahan bakar sanggup menyala sendiri sebelum busi memercikkan bunga api lantaran kemampuan materi bakar untuk tahan terhadap tekanan kompresi yang tinggi kurang, sehingga materi bakar sanggup terbakar sendiri oleh panas yang ditimbulkan pada ketika kompresi.

Oleh lantaran itu bila anda memakai kendaraan dengan motor bensin yang mempunyai nilai perbandingan kompresi yang tinggi maka gunakanlah materi bakar bensin yang mempunyai nilai oktan yang tinggi pula.

Metode pengukuran nilai oktan yang paling banyak digunakan yaitu dengan memakai RON (Reseach Octane Number). RON pada materi bakar ditentukan dengan mengujinya memakai mesin uji dengan perbandingan kompresi yang bervariasi dengan kondisi yang teratur. Nilai dari RON ini diambil dengan membandingkan senyawa iso oktana dengan n heptana, contohnya pada materi bakar bensin premium dengan nilai oktan 88 artinya kandungan iso oktana pada materi bakar bensin tersebut sebesar 88% dan 12% lainnya ada n heptana.

Apa itu angka cetane ?
Angka cetane (setana) atau cetane number merupakan ukuran kualitas dari materi bakar mesin diesel selama terjadinya kompresi pengapian. angka cetane terdapat pada materi bakar solar yang digunakan sebagai materi bakar pada motor diesel.

Angka cetane sama halnya dengan angka oktan pada materi bakar bensin yaitu angka cetane menunjukkan kemampuan materi bakar untuk menahan terjadinya knocking.

Angka cetane juga menunjukkan sebagai ukuran keterlambatan pembakaran (pembakaran tertunda) pada materi bakar, yaitu periode dari awal materi bakar diinjeksikan hingga materi bakar bercampur secara sejenis dengan udara yang sudah dikompresikan.

Pada materi bakar solar yang mempunyai nilai cetane yang lebih tinggi maka periode pembakaran tertunda akan semakin pendek. Sehingga bila angka cetane semakin tinggi maka materi bakar akan semakin gampang terbakar dengan nilai kompresi yang tinggi.

Knocking pada mesin diesel terjadi ketika periode pembakaran tertunda semakin panjang sehingga materi bakar akan sukar untuk terbakar lantaran adonan antara materi bakar dan udara kurang homogen, dengan demikian akan menimbulkan knocking pada mesin dan bahkan mesin terkadang susah untuk dihidupkan bila tekanan kompresi mesin tinggi namun angka cetane nya terlalu rendah.

Oleh lantaran itu bila anda memakai kendaraan dengan motor diesel yang mempunyai nilai perbandingan kompresi yang tinggi maka gunakanlah materi bakar solar yang mempunyai nilai cetane yang tinggi pula.

Perbedaan dari angka oktan dan angka cetane
Perbedaan dari angka oktan dan angka cetane pada materi bakar yaitu bila angka oktan terdapat pada materi bakar bensin yang digunakan pada mesin bensin sedangkan angka cetane terdapat pada materi bakar solar yang digunakan pada mesin diesel.

Selain itu, bila angka oktan semakin tinggi maka materi bakar akan susah terbakar lantaran tekanan kompresi tinggi sedangkan bila angka cetane semakin tinggi justru materi bakar akan semakin gampang terbakar lantaran tekanan kompresi yang tinggi. 

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan Angka Oktan Dan Angka Cetane?"

Total Pageviews