Pada sistem materi bakar pada mesin diesel terdapat komponen pompa materi bakar yang berfungsi untuk memompakan materi bakar solar menuju ke injektor. Bahan bakar ini harus mempunyai tekanan yang sempurna untuk menghasilkan kabutan yang baik dan juga jikalau waktu penginjeksian selesai maka tekanan materi bakar yang menuju ke injektor harus dihentikan.
Pada pompa materi bakar injeksi diesel ini terdapat komponen delivery valve. Untuk lebih jelasnya perhatikan kontruksi pompa materi bakar di bawah ini :
Delivery valve pada pompa materi bakar diesel berfungsi untuk mencegah terjadinya pedoman balik dari materi bakar dan juga untuk mengatur tekanan sisa materi bakar.
Ketika plunger pada pompa materi bakar telah mencapai TMA maka proses penginjeksian materi bakar berakhir.
Plunger terhubung dengan injektor nozzle melalui pipa tekanan tinggi sehingga jikalau proses penginjeksian selesai akan ada sisa materi bakar di pipa tekanan tinggi.
Ketika plunger di dalam pompa bergerak turun menuju TMB maka akan terjadi hisapan materi bakar diatas ruang plunger.
Jika materi bakar yang terdapat di pipa tekanan tinggi ini ikut terhisap ketika plunger bergerak turun maka pada dikala proses penginjeksian akan terjadi keterlambatan.
Oleh lantaran itu sisa materi bakar di dalam pipa tekanan tinggi tidak boleh masuk ke dalamruang plunger dikala plunger bergerak turun (langkah hisap).
Untuk mencegah hal itu maka digunakanlah delivery valve yang terpasang diantara plunger dan pipa tekanan tinggi untuk mencegah terjadinya tekanan balik materi bakar yang sanggup mengakibatkan sisa materi bakar di dalam pipa tekanan tinggi masuk ke dalam ruang diatas plunger dikala langkah hisap plunger.
Selain itu delivery valve juga dipakai untuk mencegah terjadinya tekanan balik dikala proses penginjeksian berakhir. Jika tekanan sisa materi bakar ini tidak dilarang maka sanggup mengakibatkan proses penginjeksian materi bakar akan masih tetap berlangsung ketika waktu penginjeksian telah berakhir atau lebih singkatnya proses penginjeksian tidak akan berhenti sempurna waktu.
Kejadian diatas akan berakibat timbulnya tetesan materi bakar pada nosel injektor dan menimbulkan penginjeksian kedua atau secondary injection. Oleh lantaran itu delivery valve akan mengatur tekanan sisa materi bakar yang ada di dalam pipa tekanan tinggi pada level yang sempurna dengan cara menghisap materi bakar tersebut dikala penginjeksian berakhir.
Berakhirnya proses penginjeksian materi bakar ini terjadi ketika rection piston menutup lubang pada valve seat.
Pada dikala proses reaction ini, akan terjadi penurunan tekanan pada pipa tekanan tinggi nozzle sehingga terjadinya penetesan materi bakar dan penginjeksian kedua ini sanggup dicegah.
Untuk lebih jelasnya perihal kerja dari delivery valve sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Delivery valve perlu dirawat, perawatan pada delivery valve sanggup dilakukan dengan selalu gunakan materi bakar solar yang mempunyai kualitas yang baik dan juga lakukan investigasi dan pencucian pada delivery valve.
Apabila delivery valve ini tersumbat kotoran atau terjadi kerusakan pada dinding valve seat lantaran ukiran maka sanggup menimbulkan kinerja dari pompa materi bakar tidak akan optimal lantaran delivery valve sanggup menjadi tidak berfungsi.
0 Response to "Fungsi Katup Deliveri Atau Delivery Valve Pada Pompa Materi Bakar Motor Diesel"