Latest News

10 Julukan Antik atau Berbeda Kendaraan Beroda Empat Jadul Di Indonesia

1. Tuyul/Cetol/Unyil
Entah siapa orang pertama menyebut Daihatsu S78 ini dengan nama tuyul. Di Indonesia, istilah tuyul mahsyur dengan jenis mahluk halus yg selalu identik dengan anak kecil berkepala pelontos alias tanpa rambut.

Entah siapa orang pertama menyebut Daihatsu S 10 Julukan UNIK Mobil JADUL Di Indonesia
10 Julukan UNIK Mobil JADUL - 1
Tapi uniknya, nama tersebut justru disematkan untuk sebuah kendaraan beroda empat pick-up sehingga bukan terkesan menakutkan tapi malah terdengar lucu.
Lampu depan Daihatsu Tuyul masih menggunakan model lawas berbentuk lingkaran dengan ornamen depan polos yg minim dengan lekukan atau kurva-kurva tajam. Mungkin itu juga yg membuatnya terlihat polos dan tekesan mirip pelontos.
Sama mirip Suzuki Truntung, dapur pacu Daihatsu Tuyul mengadopsi konfigurasi 2-tak sehingga bunyi mesinnya terdengar lebih kasar.

2. TRUNTUNG
Nama Truntung bahu-membahu berasal dari suaranya yg selalu terdengar mirip "Turuntung..tung.tung". Ia bahu-membahu yakni Suzuki ST20 yg pernah berjaya di periode tahun 1980-an.

10 Julukan UNIK Mobil JADUL - 2

Kerasnya bunyi tersebut sampai bermetamorfosis sebuah julukan berasal dari mesin 550cc 2 langkah persis mirip Mitsubishi Minicab.
Dengan konfigurasi mesin yg masih sangat sederhana ditambah dengan silinder yg hanya terdiri dari dua unit saja, Suzuki Truntung terkenal berisik tapi cukup handal dalam hal tenaga.

3. CURUT
Orang Indonesia di masa kemudian terkenal tidak suka dengan nama rumit dan sulit diucapkan. Seperti halnya Datsun 120Y (B110) yg menggunakan campuran antara angka dan abjad sampai terkadang menyulitkan untuk diingat.

10 Julukan UNIK Mobil JADUL - 3

Demi memudahkan untuk mengingat namanya, masyarakat malah mengenal kendaraan beroda empat Datsun ini dengan istilah 'curut', yg merupakan nama jenis tikus.
Penamaan tersebut rupanya diidentikkan dengan model moncong depan mungil dengan mata lingkaran dan lekuk badan melandai persis mirip wujud tikus curut.
Nama besarnya sebagai Keliru satu varin Datsun, selaras dengan kejayaan produsen tersebut yg pernah berjaya di tahun 1970-an.

4. LELE
Ikan lele merupakan jenis binatang yg sangat terkenal sebagai lauk makanan yg enak dan menggungah selera. Tapi siapa sangka bahwa bentuknya yg asing dan berbahaya jikalau dipegang dengan tangan telanjang itu diidentikkan mirip bentuk mobil.
10 Julukan UNIK Mobil JADUL - 4

Nama kendaraan beroda empat lele tersebut rupanya diberikan untuk Toyota Crown generasi ke-4 berjenis sedan MS60 dan MS65 sehingga ia kerap kali dikenal sebagai Toyota Crown Lele atau Crown Lele.
Penamaan Crown Lele bahu-membahu berasal dari bentuk spion utama yg terbilang tidak biasa alasannya yakni terletak di ujung moncong kap mobil. Apalagi bentuknya yg unik semakin menjadikan kesan jikalau spion tersebut mirip dengan kumis ikan lele.

5. KIJANG Doyok/Bajul
Nama Kijang Doyok disematkan pada generasi pertama keluarga Toyota Kijang yg orisinil dan lahir di Indonesia hasil kerjasama dengan produsen Jepang pada tahun 1977. Padahal, kata Doyok tersebut diambil dari seorang tokoh pelawak nasional berjulukan Doyok yg mempunyai nama orisinil Sudarmadji.
10 Julukan UNIK Mobil JADUL - 5

Saking unik bentuknya, nama Kijang ini pun semakin bervariasi sampai muncullah Kijang Bajul (karna kap mesin depan yg bisa dibuka) sampai Kijang Kotak tanggapan modelnya yg terkesan boxy.
Sekarang ia lebih dikenal sebagai kendaraan beroda empat antik yg sudah langka dimiliki. Tak heran jikalau para pemilik kendaraan beroda empat lebih sering melaksanakan restorasi dan menyimpannya sebagai barang koleksi yg tidak pernah punah popularitasnya ditelan zaman.

6. JIMNY JANGKRIK
Mobil dengan julukan unik pertama yakni jip Suzuki Jimny lansiran 1970-an. Di Indonesia kendaraan beroda empat itu punya sapaan khusus, yakni Jimny Jangkrik. Kemungkinan nama itu diberikan karna ukurannya yg mungil namun mempunyai daya jelajah yg mumpuni.
10 Julukan UNIK Mobil JADUL - 6

Dibekali mesin 1.000 cc, Jimny Jangkrik merupakan kendaraan beroda empat murah dengan torsi besar dan kemampuan off road terbaik pada masanya. Bakal tetapi kendaraan beroda empat ini mempunyai satu kelemahan, yakni larinya yg pelan Saat dipakai di jalanan aspal.

7. TAFT KEBO
Rival Jimny Jangkrik juga punya nama yg tak kalah unik. Dia yakni Daihatsu Taft yg oleh orang Indonesia kerap dipanggil Taft Kebo. Mungkin alasannya yakni kaki-kakinya yg kekar serta telah dilengkapi pencetus roda 4×4.
10 Julukan UNIK Mobil JADUL - 7

Sama mirip Jimny Jangkrik, Taft Kebo juga dibekali mesin 1.000 cc. Di medan off road, mungkin dua kendaraan beroda empat itu sama-sama tangguh. Tetapi di jalanan aspal, sanggup dipastikan Taft Kebo punya kecepatan berlari lebih baik.

8. Mercy Barong 
Asal muasal penamaan untuk Mercy yg aslinya berjulukan Mercedes-Benz W116 ini bahu-membahu agak kurang jelas. 
10 Julukan UNIK Mobil JADUL - 8

Ada yg bilang julukan 'Mercy Barong' diambil dari ukuran tubuhnya yg bongsor dan juga ukuran beling depannya yg lebar dan besar kolam sosok barong asal Bali. Namun ada juga yg bilang sebutan 'Barong' berasal dari bentuk dan ukuran grille Mercedes-Benz W116 yg besar dan bergaris tegas bagaikan bentuk ekspresi barong Bali yg bertaring.

9. Mercy BATMAN
Tokoh Batman sangat menempel pada mercy W111 keluaran tahun 70-an. Alasannya sederhana.
10 Julukan UNIK Mobil JADUL - 9

mobil kelas S yg panjang ini mempunyai buntut ibarat topeng batman serta bodi yg panjang dan lebar seakan mirip dengan kendaraan beroda empat dalam film Batman. Nama tersebut lebih menempel di Indonesia dengan sebutan Mercy Batman dibandingkan W111 atau S-Class.

10. VW KODOK
Volkswagen Bettle memang unik dan lucu, design kendaraan beroda empat tersebut mirip dengan kodok. Tanpa disengaja karnanya nama tersebut menjadi popular, bahkan lebih dikenal dengan VW Kodok dibandingkan VW Beetle.

10 Julukan UNIK Mobil JADUL - 10
credit to kaskus user : anjaultras
sumber : KasKus


0 Response to "10 Julukan Antik atau Berbeda Kendaraan Beroda Empat Jadul Di Indonesia"

Total Pageviews