Latest News

6 Caranya Merawat Aki Berair Kendaraan Beroda Empat Anda

6 Tipsnya Praktis Merawat Accu Basah Mobil

Tipsnya Otomotif – Accu atau Aki merupakan potongan penting pada suatu kendaraan. Bertugas mengalirkan arus listrik yg diperlukan untuk beroprasi sehingga kinerja piranti kendaraan beroda empat atau motor lebih maksimal.


Nah, ada beberapa hal penting yg patut diperhatikan supaya aki kendaraan anda bisa bekerja maximal serta mempunyai usia lebih panjang.

Berikut langkah-langkahnya Merawat Accu Basah Mobil:

1. Matikan Sistem Kelistrikan
Saat sedang proses pemanasan mesin mobil, baiknya jangan hidupkan AC atau perangkat elektronik dahulu. Pasalnya, keadaan aki belum sepenuhnya di aliri listrik. Panaskan atau jalankan mesin kendaraan sekitar 5 – 10 menit, supaya aki siap untuk menyuplai system kelistrikan. setelah final di tahap ini, jangan lupa untuk matikan seluruh piranti kelistrikan sebelum mesin dimatikan. Tujuannya ialah, supaya listrik pada aki tak berkurang serta memudahkan Saat mulai menyalakan mesin kendaraan.

2. Periksa Level Air Accu
Sering periksa level air pada aki konvensional. Memeriksa level ketinggian aki penting dilakukan , usahakan jangan hingga di bawah low level / lefel minimum. Mengisi air juga dihentikan lebih dari batas upper level. Karena, pada Saat aki panas, air bakal muntah keluar bersamaan dengan uap yg mengandung korosit. Penambahan air aki tersebut menggunakan air aki murni bukan air accu zuur.

3. Perhatikan Kebersihan
Saat terminal dalam keadaan kotor, arus listrik tidak bisa mengalir dengan tepat sehingga menjadikan pemikiran listrik kurang. Selain itu bisa mengakibatkan rusaknya terminal aki. Jika terlihat warna kehijauan pada kerak dan juga kotoran sekitar terminal aki, segera bersihkanlah. Caranya membersihkannya mudah, bisa dengan menggunakan sedikit air panas kemudian menyikatnya dengan sikat kawat. Berikutnya, kencangkan baut kleman aki. Pastikan accu selalu dalam posisi yg manis dan tidak bergeser-geser dan perkecil guncangan.

4. Pengecekan Daya Accu
Untuk mengetes apakah aki dalam keadaan yg baik atau tidak, maka kita membutuhkan dukungan para teknisi kendaraan beroda empat atau doktor seorang jago aki. Hal ini dilakukan sebagai pendeteksi apakah aki kendaraan beroda empat masih bisa manghasilkan daya listrik yg optimal dan sesuai yg dibutuhkan. Aki yg kekurangan daya bakal menghipnotis kinerja sistem kelistrikan kendaraan beroda empat keseluruhan. Untuk aki MF, terdapat indikator berwarna hijau dan merah. Periksalah apa bila indikator menyala merah, berMakna Musti segera anda diganti. Sebaliknya jikalau berwarna hijau, itu tandanya masih layak pakai.

5. Cek Kebocoran Accu
Periksa kebocoran pada aki. Bisa terjadi pada potongan tubuh aki maupun penutupnya. Jika terjadi kebocoran namun tidak segera diatasi maka bisa saja merusak bodi atau komponen kendaraan. Itu sebab sifat cairan aki yg korosif. Kebocoran tubuh aki Musti segera ubah dg aki gres sedangkan jikalau terjadi hanya pada tutupnya saja, anda bisa kencangkan atau diganti tutup aki baru.

6. Pemasangan Accu
Saat mau membuka aki, lepaskanlah pengait yg ada pada kutub negatif dahulu, kemudian gres lepas pengait kabel positif. dan sebaliknya, Jika hendak memasang , dahulukan terminal kasatmata terlebih dahulu barulah yg kutup negatif.

(Sumber otosip.com)

0 Response to "6 Caranya Merawat Aki Berair Kendaraan Beroda Empat Anda"

Total Pageviews