Latest News

Cara Kerja Motor Wiper Ketika Switch Wiper Diputar Pada Posisi Off

Wiper merupakan salah satu komponen sistem kelistrkan body pada kendaraan. Wiper berfungsi membersihkan beling bab depan maupun beling bab belakang (pada beberapa tipe kendaraan mobil) semoga tidak mengganggu pandangan atau penglihatan dari pengendara.

Wiper ini menjadi sangat penting pada ketika terjadi hujan, wiper disini difungsikan untuk membersihkan beling dari air hujan. Selain itu wiper juga erfungsi untuk membersihkan beling dari kotoran-kotoran atau serangga yang melekat di kaca. Untuk membersihkan kotoran dengan maksimal maka wiper dikombinasikan dengan washer.

Wiper dioperasikan dengan cara memutar saklar wiper, biasanya terdapat dua kecepatan ialah kecepatan lambat (low) dan kecepatan cepat (high), selain itu juga dilengkapi dengan intermittent.

Komponen-komponen wiper terdiri dari motor wiper, lengan wiper (wiper arm) dan bilah wiper (blade).

Motor wiper sanggup bergerak ketika motor wiper dialiri arus. Arus ini berasal dari baterai kemudian menuju ke fuse, kemudian ke kunci kontak, kemudian ke wiper switch dan kemudian ke motor wiper. Pada ketika wiper dioperasikan kemudian dimatikan (off) maka lengan wiper harus kembali ke posisi semula (posisi bawah) jangan hingga berhenti ditengah-tengah yang nantinya sanggup mengganggu pandangan pengendara. Sehingga diharapkan suatu sistem yang sanggup menciptakan posisi wiper kembali ke posisi semula ketika switch wiper di off kan.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai cara kerja wiper ketika saklar wiper diputar keposisi off pada ketika sesudah wiper beroperasi.

Cara kerja wiper ketika saklar wiper diputar ke posisi off :
1. Pada ketika cam switch masih menghubungkan kontak point A dan B
Arus dari baterai akan mengalir ke kunci kontak kemudian menuju ke kontak point A dan diteruskan oleh cam switch ke kontak point B . Dari kontak point B akan dialirkan ke saklar dan selanjutnya ke motor wiper. Karena motor wiper dialiri arus maka pada ketika ini motor wiper masih bekerja. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

2. Pada ketika cam switch menghubungkan kontak point B dan C
Pada ketika ini arus dari baterai akan berhenti di kontak point A sehingga arus tidak akan dialirkan ke motor wiper. Pada ketika ini motor wiper akan berhenti bekerja alasannya tidak dialiri arus listrik. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

0 Response to "Cara Kerja Motor Wiper Ketika Switch Wiper Diputar Pada Posisi Off"

Total Pageviews