Latest News

Job Sheet Merangkai Lampu Kepala Pengendali Negatif Tanpa Relay Dan Lampu Kota Pengendali Nyata Tanpa Relay

Job sheet merupakan hal yang penting dipakai ketika pembelajaran praktik. Tanpa adanya job sheet maka penerima didik sanggup kebingungan ketika menjalankan praktik sehingga materi asuh job sheet ini harus ada dan harus disiapkan oleh pendidik sebelum pembelajaran praktik dimulai.

Pada mata pelajaran kelistrikan kendaraan kelas XI TKR semester 1 meteri pembelajaran meliputi perihal kelistrikan body yang ada pada kendaraan ringan (mobil).

Pada kesempatan kali ini saya akan memperlihatkan tumpuan job sheet kelistrikan kendaraan ringan perihal merangkai rangkaian lampu kepala pengendali negatif tanpa relay dan merangkai lampu kota pengendali faktual tanpa relay.
A. TUJUAN
  1. Siswa bisa merangkai lampu kepala pengendali negatif tanpa relay.
  2. Siswa bisa merangkai lampu kota pengendali faktual tanpa relay.
  3. Siswa bisa mengetahui cara kerja keseluruhan sistem kelistrikan lampu kepala dan lampu kota

B. ALAT DAN BAHAN
Alat
  1. Tool box kelistrikan.
  2. Kabel.
  3. Test lamp.
  4. Multimeter.

Bahan
  1. Baterai.
  2. Kabel.
  3. Stand kelistrikan lampu kepala dan lampu kota.

C. KESELAMATAN KERJA
  1. Gunakan peralatan-peralatan praktik sesuai dengan fungsinya.
  2. Hindari korelasi pendek/ konsleting listrik.
  3. Bekerjalah dengan berhati-hati.

D. DASAR TEORI
Lampu kepala atau head lamp pada kendaraan berfungsi untuk menerangi pengendara ketika menjalankan kendaraan pada ketika kondisi gelap baik pada malam hari maupun siang hari. Lampu kepala terletak pada bab depan kendaraan.

Terdapat dua tipe lampu kepala yakni tipe sealed beam dan tipe semi sealed beam. Tipe sealed beam merupakan lampu kepala yang bohlam lampunya menjadi satu dengan reflektor dan beling bias sehingga bila filament lampu tersebut putus harus diganti satu set dengan reflektor dan beling biasnya.

Sedangkan lampu kepala tipe semi sealed beam merupakan tipe lampu kepala yang bohlam lampunya sanggup dilepas (tidak menjadi satu dengan reflektor dan beling biasnya) sehingga bila bohlam lampu putus sanggup diganti hanya bohlam lampunya saja tanpa harus mengganti reflektor dan beling biasnya.

Lampu kepala tipe semi sealed beam, bohlam lampu yang dipakai terdapat dua tipe yakni bohlam lampu biasa dan bohlam lampu halogen.

Lampu kota yang terdapat pada kendaraan terletak pada bab depan dan belakang. Lampu kota pada bab belakang (tail lamp) berfungsi untuk memberitahukan pengendara lain perihal lebar kendaraan. Lampu kota pada bab depan (clearance light) berfungsi untuk menerangi jalan ketika kondisi jalan berkabut (ketika lampu kepala tidak dinyalakan) dan untuk memberitahukan pengendara lain jikalau ada kendaraan pada lawan sebaliknnya didepan.

Rangkaian pengendali negatif yakni saklar diletakkan pada jalur negatif yang berfungsi untuk memutuskan arus negatif yang mengalir ke beban lampu. Sedangkan rangkaian pengendali faktual yakni saklar diletakkan dijalur faktual yang berfungsi untuk memutuskan arus faktual yang mengalir ke beban lampu.

E. LANGKAH KERJA
  1. Siapkan alat dan materi yang akan digunakan.
  2. Periksa tegangan baterai, saklar kombinasi, kondisi lampu kepala dan kondisi lampu kota.
  3. Indikasikan terminal-terminal pada saklar kombinasi, lampu kepala dan lampu kota.
  4. Rangkailah kelistrikan lampu kepala pengendali negatif tanpa relay dan lampu kota pengendali faktual tanpa relay dengan benar menyerupai pada gmbar di bawah ini :
  5. Setelah selasai merangkai, periksalah rangkaian tersebut menyalakan lampu kepala dan lampu kota.
  6. Setelah selasai praktik, kembalikan alat dan materi yang telah digunakan.

F. TUGAS
  1. Jelaskan kelebihan rangkaian dengan  memakai pengendali negatif dibandingkan dengan pengendali positif?

0 Response to "Job Sheet Merangkai Lampu Kepala Pengendali Negatif Tanpa Relay Dan Lampu Kota Pengendali Nyata Tanpa Relay"

Total Pageviews