Latest News

Macam-Macam Tipe Pemindah Gigi Transmisi

Mekanismie pemindah gigi transmisi (gear shift control mechanism) merupakan suatu sistem yang ada pada transmisi yang berfungsi untuk memindahkan posisi gigi transmisi yang bertujuan untuk mengatur kecepatan atau momen yang dihasilkan oleh poros output transmisi.

Mekanisme pemindah gigi transmisi terdapat beberapa tipe, yang mana tipe-tipe ini diadaptasi dengan letak transmisi dengan posisi pengemudi.

Tipe-tipe prosedur pemidah gigi transmisi antara lain tipe langsungdan tipe tidak langsung. Pada tipe langsung, posisi tuas eksklusif menggerakkan garpu pemindah sedangkan untuk tipe tidak eksklusif memerlukan komponen penghubung untuk memindahkan  garpu pemindah.

Pada tipe tidak langsung, dibagi menjadi dua macam yaitu tipe pemindah yang diletakkan di steering column dan pemindah yang diletakkan di lantai tetapi tetapi jenis kendaraan yakni pencetus depan transmisi melintang.

Pemindah tipe eksklusif (direct type)
Tipe prosedur pemindah gigi transmisi tipe eksklusif (direct type) merupakan pemindah gigi yang eksklusif sanggup menggerakkan garpu pemindah atau tuas transmisi eksklusif memindahkan garpu pemindah (shift fork) tanpa perlu proteksi prosedur penghubung tambahan.

Mekanisme pemindah gigi transmisi tipe eksklusif sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Keuntungan dari prosedur pemindah gigi transmisi tipe eksklusif ini yakni :
  1. Pemindahan gigi sanggup dilakukan dengan cepat.
  2. Pemindahan gigi akan lebih lembut dan lebih mudah.
  3. Posisi pemindah gigi sanggup diketahui dengan mudah.

Pemindah tidak eksklusif (remote control) yang terletak di steering column
Tipe prosedur pemindah gigi tidak eksklusif (remote control) yang terletak pada steering column merupakan sistem pemindah gigi terpisah dari transmisi dan diletakkan di steering column lantaran disebabkan letak antara ruang kemudi yang berjauhan dengan posisi transmisi.

Mekanisme pemindah gigi tidak eksklusif yang diletakkan pada steering column sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Tipe ini biasanya digunakan pada kendaraan yang letak transmisinya berada dibelakang posisi pengemudi sehingga membutuhan prosedur penghubung tambahan. Karena menggunakan prosedur penghubung (sambungan) lebih banyak maka kontruksi tipe ini lebih rumit dibandingkan dengan yang tipe eksklusif dan pada tipe ini memerlukan perawatan yang rutin pada sambungan-sambungan aksesori yaitu perlu dilakukan pemberian gemek/ vet/ paslin pada sambungan-sambungan engsel. Selain itu juga memerlukan penyetelan-penyetelan sambungan secara berkala.

Pemindah tidak eksklusif (remote control) yang terletak dilantai (floor)
Tipe prosedur pemindah gigi tidak eksklusif (remote control) yang terletak dilantai merupakan sistem pemindah gigi terpisah dari transmisi dan diletakkan di lantai lantaran disebabkan letak antara ruang kemudi yang berjauhan dengan posisi transmisi.

Mekanisme pemindah gigi tidak eksklusif yang diletakkan pada lantai sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Tipe pemindah gigi tidak eksklusif yang terletak pada lantai biasanya digunakan pada kendaraan yang letak transmisinya berada jauh didepan posisi pengemudi sehingga pada tipe ini juga memerlukan prosedur penghubung (sambungan) tambahan. Karena menggunakan prosedur penghubung (sambungan) juga maka kontruksi tipe ini juga lebih rumit dibandingkan dengan yang tipe eksklusif dan pada tipe ini memerlukan perawatan yang rutin pada sambungan-sambungan aksesori yaitu perlu dilakukan pemberian gemek/ vet/ paslin pada sambungan-sambungan engsel. Tipe ini juga memerlukan penyetelan sambungan-sambungan yang dilakukan secara berkala.

0 Response to "Macam-Macam Tipe Pemindah Gigi Transmisi"

Total Pageviews