Latest News

Transmisi Manual Tipe Sliding Mesh

Transmisi pada kendaraan merupakan bab dari sistem pemindah tenaga (power train) pada kendaraan tersebut.

Transmisi berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke komponen poros propeller (untuk mesin FR) atau ke gardan (untuk mesin FF atau RR). Selain untuk meneruskan tenaga, transmisi juga berfungsi untuk mengatur kecepatan dan momen yang dihasilkan pada poros outputnya.

Transmisi berdasarkan cara kerjanya dibagi menjadi dua tipe yaitu transmisi manual (manual transmission) dan transmisi otomatis (automatic transmission).

Salah satu tipe transmisi manual berdasarkan perpindahan gigi (selective gear) nya yaitu transmisi manual tipe sliding mesh.

Tipe transmisi sliding mesh ini merupakan tipe transmisi berdasarkan selectibe gear yang pertama kali dipakai sebelum tipe-tipe yang lainnya yaitu transmisi tipe constant mesh dan transmisi tipe synchronmesh.

Namun untuk remaja ini, untuk transmisi manual tipe sliding mesh sudah tidak lagi dipakai dan sudah digantikan dengan transmis manual dengan synchronmesh. Namun kita juga perlu tahu bagaimana cara kerja dari transmisi sliding mesh ini, mengingat walaupun tipe transmisi ini sudah tidak dipakai lagi namun pada transmisi manual untuk kecepatan mundur biasanya memakai prinsip sliding mesh.

Konstruksi untuk transmisi manual tipe sliding mesh sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Perpindahan transmisi tipe sliding mesh ini dengan cara menggeser roda gigi utama (main gear) nya. Roda gigi utama ini dipasangkan di bab poros output, namun roda gigi ini tidak dihubungkan pribadi dengan poros output dan roda gigi ini sanggup bergeser (sliding).

Ketika pengendara menggeser tuas transmisi maka akan diteruskan ke garpu pemindah. Garpu pemindah ini lalu akan menggeser roda gigi utama. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini :
Tipe roda gigi yang dipakai pada transmisi manual tipe sliding mesh ini yakni roda gigi lurus (spur). 

Transmisi manual tipe sliding mesh ini  mempunyai kekurangan dibandingkan dengan tipe-tipe transmisi manual lainnya. Kekurangan dari transmisi tipe ini antara lain :
  • Konstruksi transmisi manual tipe sliding mesh pada umumnya lebih besar
  • Perpindahan gigi tidak sanggup pribadi atau memerlukan waktu beberapa dikala (akan mengalami kesukaran dikala memindahkan gigi pada dikala kendaraan berjalan dan berakselerasi)
  • Suara dikala memindahkan gigi kasar
  • Hanya memakai satu jenis roda gigi yaitu roda gigi lurus (spur)

0 Response to "Transmisi Manual Tipe Sliding Mesh"

Total Pageviews