Latest News

Pegertian Dan Fungsi Caster Nol, Caster Nyata Dan Caster Negatif

Salah satu faktor geometri roda atau Front Wheel Aligment (FWA) ialah sudut caster.

Sudut caster merupakan sudut kemiringan sumbu putar kemudi atau sumbu king pin atau steering axis terhadap garis tengah roda secara vertikal kalau dilihat dari arah samping kendaraan.

Caster Nol
Bila kendaraan mempunyai nilai caster nol maka sudut kemiringan sumbu putar kemudi atau sumbu king pin terhadap garis tengah roda secara vertikal kalau dilihat dari arah samping kendaraan akan bernilai “0” atau dengan kata lain tidak ada kemiringan pada sumbu king pin.

Caster Negatif
Bila kendaraan mempunyai nilai caster negatif maka pada belahan atas sumbu king pin akan berada di depan dari garis tengah roda (dari nilai “0”) dan pada belahan bawah dari sumbu king pin akan berada di depan garis tengah roda kalau dilihat dari arah samping.

Caster Positif
Bila kendaraan mempunyai nilai caster kasatmata maka pada belahan atas sumbu king pin akan berada di belahan dari garis tengah roda (dari nilai “0”) dan pada belahan bawah dari sumbu king pin akan berada di baian belakang dari garis tengah roda kalau dilihat dari arah samping.

Untuk lebih jelasnya mengenai caster 0, caster negatif dan caster positif, perhatikan gambar di bawah ini :

Fungsi caster
Saat kendaraan berjalan lurus, caster mempunyai fungsi sebagai penstabil roda semoga roda tetap sanggup berjalan lurus walaupun roda kemudi dilepaskan.

Saat kendaraan berbelok, maka akan terjadi perubahan sudut caster pada roda luar yang akan menuju ke arah negatif sehingga ban akan menopang pada permukaan jalan dengan baik. Oleh alasannya itu akan menciptakan roda menjadi tidak gampang slip.

Pengaruh caster terhadap pengemudian
Caster positif
Penyetelan sudut caster kasatmata yang benar akan menciptakan roda menjadi stabil kalau kendaraan berjalan lurus. Namun kalau penyetelan caster terlalu kasatmata maka akan menimbulkan getaran yang lebih besar saat kendaraan berjalan ditempat yang tidak rata.

Caster negatif
Penyetelan sudut caster negatif akan mambuat roda menggelepar dan menimbulkan getaran. Selain itu, roda juga tidak akan stabil saat berjalan lurus.

Caster “0”
Penyetelan sudut caster “0” maka saat kendaraan berjalan lurus, roda tidak akan cenderung lurus sehingga tidak akan ada kestabilan saat kendaraan tersebut berjalan lurus

Spesifikasi sudut caster secara umum ialah antara 3o hingga 8o dan perbedaan yang diijinkan antara roda kanan dan roda kiri dilarang melebihi 30’ (30 menit).

0 Response to "Pegertian Dan Fungsi Caster Nol, Caster Nyata Dan Caster Negatif"

Total Pageviews