Latest News

Fungsi Transmisi Pada Kendaraan

Transmisi merupakan bab dari kendaraan dan merupakan salah satu dari komponen sistem pemindahtenaga.

Pada sistem pemindah tenaga kendaraan kendaraan beroda empat intinya terdiri dari kopling (clutch), transmisi (transmission), poros propeller (propeller shaft) untuk kendaraan tipe FR, differential dan poros axle (axle shaft).

Pada setiap kendaraan baik kendaraan sepeda motor maupun kendaraan beroda empat niscaya terdapat transmisi pada kendaraan tersebut lantaran mengingat fungsi transmisi yang juga penting bagi kendaraan.
Pada dasarnya transmisi mempunyai kegunaan untuk menghubungkan putaran dari kopling ke poros propeller (pada tipe FR) atau dari dari kopling ke differential (pada tipe FF atau RR), namun fungsi transmisi bukan hanya dipakai untuk meneruskan putaran dari kopling ke poros propeller atau ke differential saja. 
Fungsi transmisi pada kendaraan antara lain sebagai berikut :

Mengatatur kecepatan kendaraan dan momen (tenaga) kendaraan
Fungsi transmisi yang pertama yakni mengatur kecepatan kendaraan dan momen (tenaga) kendaraan yaitu dengan memakai transmisi maka kecepatan dan momen kendaraan sanggup berubah-ubah sesuai dengan keadaan jalan dengan cara mengatur perbandingan gear rationya yang ada pada transmisi.

Pada dikala kendaraan mulai berjalan maka membutuhkan momen yang besar untuk menggerakkan roda sehingga pada dikala ini momen yang besar yang dicari. Selain itu, pada dikala kendaraan berjalan pada jalan yang menanjak maka kendaraan juga membutuhkan momen yang besar.

Pada dikala kendaraan memakai momen yang besar maka kecepatan tidak lagi dicari, sehingga pada dikala ini kecepatan kendaraan akan menjadi rendah.

Semakin tinggi perbandingan gear rationya maka momen yang diperoleh juga akan semakin tinggi pula dan sebaliknya kecepatan kendaraan akan menjadi rendah.

Pada kondisi jalan yang lurus dan kendaraan sudah melaju maka kendaraan tidak lagi membutuhkan momen, namun kecepatanlah yang dibutuhkan.

Oleh alasannya itu perandingan gear rationya akan menjadi kecil. Semakin kecil perbandingan gear rationya maka momen kendaraan akan menjadi semakin kecil pula, namun kecepatan kendaraan akan semakin cepat.

Gear ratio ini merupakan perbandingan roda gigi yang saling bersinggungan (pada transmisi manual) antara gigi yang digerakkan dan gigi yang menggerakkan.

Memungkinkan kendaraan biar sanggup mundur
Fungsi transmisi yang kedua yakni untuk memungkinkan kendaraan biar sanggup berjalan mundur (pada kendaraan mobil). Kendaraan sanggup berjalan mundur lantaran putaran output transmisi dirubah arahnya menjadi berlawanan arah dengan putaran input transmisi.

Berubahnya arah putaran output transmisi ini memanfaatkan atau menambahkan idle gear sehingga putaran output ini sanggup berlawanan arah dengan putaran input.

Memungkinkan kendaraan pada posisi netral
Fungsi transmisi yang ketiga yakni untuk memungkinkan kendaraan pada posisi netral. Maksud dari posisi netral ini yakni ketika mesin hidup namun kendaraan tidak berjalan lantaran posisi transmisi netral.

Dengan posisi netral ini maka putaran dari input transmisi tidak akan diteruskan ke poros output transmisi sehingga walaupun input transmisi berputar tidak akan menghipnotis atau memutar poros output (poros input dan poros output tidak pribadi berafiliasi atau tidak seporos).

0 Response to "Fungsi Transmisi Pada Kendaraan"

Total Pageviews