Latest News

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Perawatan Dan Perbaikan Kendaraan

Hal yang musti diperhatikan ketika melaksanakan perawatan maupun perbaikan antara lain :

Perawatan dan perbaikan kendaraan dilakukan sesuai dengan mekanisme yang benar (sesuai Standard Operational Procedur/ SOP) dan sesuai dengan mekanisme pada buku manual atau isyarat kerja.

Prosedur operasi standar (SOP) yang dikeluarkan oleh perusahaan yang menciptakan dan menjual barang atau produk tersebut, pada umumnya disertakan ketika pengadaan barang atau produk tersebut. Jika mekanisme operasi standar (SOP) tidak ditemukan ketika pembelian barang atau produk, maka perawatan dan perbaikan barang atau produk tersebut mengikuti langkah keselamatan pada umumnya.

Menerapkan sumbangan untuk keselamatan kerja baik pada diri pekerja, barang yang dikerjakan dan lingkungan kerjanya.

Peralatan keselamatan dan kesehatan  kerja (k3) yang di gunakan untuk melindungi diri pekerja sebagai misalnya :
  • Sepatu kerja yaitu berfungsi untuk melindungi kaki ketika bekerja
  • Baju kerja yaitu berfungsi untuk melindungi tubuh ketika bekerja
  • Kacamata yaitu berfungsi untuk melindungi mata ketika bekerja
  • Masker  yaitu berfungsi untuk mencegah menghirup debu-debu atau kotoran yang berbahaya bila terhisap ketika bekerja
  • Sarung tangan yaitu berfungsi untuk melindungi tangan ketika bekerja
  • Topi atau helm yaitu berfungsi untuk melindungi kepala ketika bekerja
Etika bekerja yang benar yaitu pekerja senantiasa mengikuti hukum bekerja yang ada di bengkel kerja. Di dalam bengkel kerja pada umumnya selalu terdapat  gejala peringatan untuk siapa saja yang berada di lingkungan kerja, baik untuk pekerjanya sendiri maupun siapapun orang yang berada di lingkungan kerja tersebut supaya selalu menerapkan apa yang harus dilakukan ketika berada ditempat kerja tersebut demi keselamatan orang yang berada disana, menyerupai kewajiban memakai sepatu kerja, kewajiban memakai kacamata kerja (saat pekerjaan mengebor, menggerinda, mengikir, memotong dll), kewajiban memakai kacamata las ketika melaksanakan pengelasan, larangan untuk merokok ditempat kerja, kewajiban memakai epilog indera pendengaran pada pekerjaan yang mengeluarkan bunyi keras atau bising dan lain-lain.
Perhatikan peringatan atau rambu-rambu keselamatan yang pada umumnya terdapat ditembat kerja di bawah ini :
Menggunakan peralatan-peralatan kerja dengan benar

Ketika melaksanakan perawatan dan perbaikan barang atau produk terkadang diharapkan peralatan-peralatan yang sanggup membantu untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. Tetapi bila tidak mengetahui peralatan-peralatan bantu yang sempurna untuk melaksanakan suatu pekerjaan, maka sanggup menimbulkan kerusakan pada barang atau produk yang tidak dikehendaki. Oleh lantaran itu pemahaman yang baik ihwal peralatan kerja menjadi suatu hal yang sangat penting dimiliki ketika melaksanakan pekerjaan perawatan dan perbaikan. Kecelakaan kerja yang ditimbulkan lantaran kesalahan dari penggunaan atau pemilihan peralatan dalam bekerja sanggup membahayakan pekerjanya sendiri, rekan kerja, barang yang dikerjakan atau bahkan alat yang dipakai untuk bekerja itu sendiri.

Dibawah ini yaitu pola dari kerusakan dan kecelakaan yang terjadi akhir kesalahan pekerja aat memakai peralatan ketika sedang melaksanakan perawatan atau perbaikan barang atau produk di daerah kerja dan atau lantaran kondisi alat yang kurang baik atau tidak terawat dengan semestinya.
Masih banyak lagi contoh-contoh yang lain dari kecelakaan kerja yang disebabkan lantaran kelalaian pekerja ataupun ketidak baikan peralatan kerja yang dipakai atau peralatan kerja yang tidak terawat dengan baik


0 Response to "Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Perawatan Dan Perbaikan Kendaraan"

Total Pageviews