Latest News

Peralatan Pengetapan Dan Senai

Tap dan senai merupakan alat-alat yang dipakai untuk menciptakan ulir luar dan ulir dalam dengan memakai tangan. Tap sendiri dipakai untuk pembuatan ulir dalam yaitu untuk pembuatan mur sedangkan senai dipakai untuk pembuatan ulir luar yaitu untuk menciptakan baut.

Peralatan tap pada umumnya terbuat dari baja karbon tinggi yang mempunyai kualitas baik yang disepuh keras dan dimudakan. Satu set tap sendiri umumnya dibentuk dalam tiga perangkat tahapan, yaitu:
  1. Tap konis (starting) yaitu untuk pengetapan pada langkah awal
  2. Tap antara (intermediate) untuk proses pengetapan pada tahap tengah atau antara
  3. Tap rata (finishing) yaitu untuk pengetapan pada langkah akhir
Kesemua peralatan tap perangkat diatas mempunyai alur yang bertujuan biar sanggup mengeluarkan beram dikala pengerjaan tap.

Langkah kerja penggunaan tap untuk pembuatan ulir dalam yaitu sebagai berikut :
  1. Siapkan benda kerja yang akan dibentuk ulir dalam. Kemudian jepit benda kerja tersebut pada ragum dengan posisi yang benar dan kuat.
  2. Buat lubang pada benda kerja memakai bor
  3. Pasangkan tap konis (starting) pada tangkai tap
  4. Tempatkan mata tap dengan posisi tegak lurus pada lubang (periksa dengan memakai siku-siku)
  5. Tekan tap hingga sanggup masuk dalam lubang lalu putar tangkai tap searah dengan putaran jarum jam. Posisi pemutaran harus dilakukan secara tegak lurus.
  6. Pemutaran tap kira-kira sebesar 900, lalu putar kembali ke arah berlawanan (berlawanan arah jarum jam). Pemutaran kembali ini dimaksudkan untuk memotong beram-beram yang belum terpotong dan juga untuk memperlihatkan kesempatan beram-beram besi hasil pemotongan biar sanggup keluar dari lubang
  7. Berikan pelumasan selama proses pengetapan
  8. Lakukan langkah pengetapan diatas secara berulang hingga selesai, lalu ulangi langkah pengetapan dengan memakai tap antara (intermediate). Setelah selesai ulangi langkah pengetapan dengan memakai pengetapan final (finishing).
Sedangkan senai sendiri pada umumnya terbuat dari materi baja cepat tinggi yang mempunyai kualitas yang baik.

Senai diperdagangkan dalam banyak sekali bentuk, ada senai yang berbentuk bulat, senai berbentuk bujur sangkar, senai yang sanggup digeser, senai belah dan senai yang mempunyai tangkai atau batang.
Senai selain sanggup dipakai untuk menciptakan baut juga sanggup pula dipakai untuk memperbaiki kerusakan ulir pada baut.

Langkah kerja memakai senai untuk menciptakan ulir luar yaitu sebagai berikut :
  1. Persiapkan dahulu benda kerja yang akan dibentuk ulir luarnya lalu jepit benda kerja tersebut pada ragum dengan posisi tegak lurus.
  2. Pasangkan senei pada pemegangnya dan lalu kunci senai dengan baut pengikatnya.
  3. Tempatkan senei pada benda kerja dengan posisi datar lalu tekan senei hingga benda kerja sanggup masuk pada senei.
  4. Setelah masuk, lakukan pemfokusan sambil senei diputar searah dengan putaran jarum jam.
  5. Pemutaran atau pemakanan kira-kira 600, lalu putar kembali dengan arah sebaliknya hingga senai kembali pada posisi semula. Pemutaran kembali ini dimaksudkan untuk memotong beram dan untuk membersihkan ulir yang telah terbuat serta memperlihatkan kesempatan beram biar keluar dari alur senei.
  6. Lakukan pekerjaan langkah di atas secara terus-menerus sambil memperlihatkan minyak pelumas untuk mendinginkan senei dan untuk membantu proses pegeluaran beram-beram besi.
  7. Untuk pembuatan ulir luar dengan memakai senei bercelah, maka ulangi kembali penguliran tersebut dengan terlebih dahulu menyetel kembali lebar pembukaan senei. Lakukan proses pensenaian secara berulang hingga ukuran senei kembali pada ukuran standarnya.
  8. Periksalah hasil penyenaian dengan memakai mal ulir,
  9. Setelah selesai bersihkan ulir benda kerja dan ulir senai



0 Response to "Peralatan Pengetapan Dan Senai"

Total Pageviews