Latest News

Pengkutuban Elektroda Las

Pada mesin las DC maka diharapkan adanya pengkutuban pada mesin las dan elektrodanya alasannya ialah mempunyai 2 kutup yaitu kutup kasatmata dan kutub negatif, sedangkan untuk mesin las AC tidak memerlukan pengkutuban alasannya ialah arus AC berbentuk arus bolak balik sehingga tidak memerlukan pengkutuban.

Pengaruh pemilihan dari pengkutuban elektroda ini kuat terhadap tembusan hasil lasnya, sehingga perlu diperhatikan dikala melaksanakan pengkutuban elektroda pada mesin las DC.

Untuk pemilihan jenis arus yang dipakai dan pengutuban elektroda pada dikala melaksanakan pengelasan bergantung dari beberapa faktor, yaitu :

  1. Jenis dari materi dasar yang hendak dilas
  2. Jenis elektroda yang dipakai untuk mengelas

Pengkutuban elektroda dilakukan dengan dua cara yaitu pengkutuban terbalik dan pengkutuban langsung

Pengkutuban langsung
Pada pengkutuban elektroda secara langsung, kabel elektroda dipasang pada terminal negatif pada mesin las sedangkan kabel massa dipasangkan pada terminal kasatmata mesin las. Pengkutuban eksklusif juga dapat disebut dengan sirkuit las listrik dengan elektroda negatif atau DC -.

Bila memakai pengkutuban secara eksklusif maka akan berakibat penembusan yang dangkal pada hasil las-lasannya

Pengkutuban terbalik
Pada pengkutuban elektroda secara terbalik, kabel elektroda dipasang pada terminal kasatmata pada mesin las sedangkan kabel massa dipasangkan pada terminal negatif mesin las. Pengkutuban terbalik juga dapat disebut dengan sirkuit las listrik dengan elektroda kasatmata atau DC +.

Bila memakai pengkutuban secara terbalik maka akan berakibat penembusan yang dalam pada hasil las-lasannya

.

0 Response to "Pengkutuban Elektroda Las"

Total Pageviews