Latest News

Pola Dan Timing Injeksi

Cara penginjeksian materi bakar pada mesin injeksi EFI mempunyai beberapa jenis yang biasa dipakai pada kendaraan. Beberapa engine EFI memakai pola injeksi yang belum tentu sama atau dengan kata lain bentuk pola penginjeksian berbeda-beda. Selain dari pola penginjeksian, timing penginjeksian pun tidak selalu sama tergantung dari pengotrolan pada ECUnya. Beberapa pola penginjeksian pada engine EFI sanggup diklasifikasikan menjadi beberapa model, yaitu pola serentak atau simultan, pola berpasangan atau grup dan pola independent atau individual

1. Pola serentak atau simultan
Pada pola injeksi tipe serentak atau simultan ini, penginjeksian materi bakar ke dalam ruang bakar dilakukan secara serentak (bersama-sama) dan terus-menerus oleh injektor pada semua silindernya. Penginjeksian pada pola serentak ini dilakukan sebanyak dua kali dalam setiap siklus kerja enginenya.

Berikut ini ialah citra penginjeksian materi bakar dengan memakai pola serentak :
Gambar. Pola penginjeksian serentak atau simultan

2. Pola grup atau berpasangan
Pada pola injeksi tipe grup atau berpasangan ini, penginjeksian materi bakar ke dalam ruang bakar yang dilakukan oleh injektor dilakukan dengan cara berpasangan atau group dan bergantian dengan pasangan silinder yang lain. Pola penginjeksian materi bakar dengan pola grup ada beberapa tipe yang dipakai pada mesin injeksi, antara lain pola penginjeksian 2 grup, pola penginjeksian 3 grup dan pola penginjeksian 4 grup.

Penginjeksian materi bakar dengan pola penginjeksian 2 grup dilakukan dua kali setiap satu kali siklus kerjanya. Berikut ini pola penggunaan pola injeksi 2 grup pada engine yang mempunyai 6 silinder :
Gambar. Diagram penginjeksian materi bakar dengan 2 grup

Penginjeksian materi bakar dengan pola penginjeksian 3 grup dilakukan tiga kali setiap satu kali siklus kerjanya. Berikut ini pola penggunaan pola injeksi 3 grup pada engine yang mempunyai 6 silinder :
Gambar. Diagram penginjeksian materi bakar dengan 3 grup

Penginjeksian materi bakar dengan pola penginjeksian 4 grup dilakukan empat kali setiap satu kali siklus kerjanya. Berikut ini pola penggunaan pola injeksi 4 grup pada engine yang mempunyai 8 silinder :
Gambar. Diagram penginjeksian materi bakar dengan 4 grup

3. Pola independent atau individual
Pada pola injeksi tipe independent atau inividual ini, Penginjeksian materi bakar ke dalam ruang bakar dilakukan secara individual (sendiri-sendiri) pada masing-masing injektor sesuai dengan perintah dari ECU. Penginjeksian materi bakar dilakukan pada ketika tamat langkah buang hingga dengan awal langkah hisap sesuai kontrol durasi penginjeksian yang ditentukan oleh ECU. Berikut ini ialah diagram penginjeksian dengan pola individual atau independent :
Gambar. Pola penginjeksian independent atau individual



0 Response to "Pola Dan Timing Injeksi"

Total Pageviews