Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama |
Honda Mega Pro yaitu salah satu motor dari Honda yang bisadikatakan cukup menuai untuk memenangkan hati penggemar roda 2 di tanah airuntuk meminang motor yang digadang-gadang sebagai penerus Honda GL Pro Neotech.
Honda Mega Pro 160 meluncur ke pasaran pertama kali di tahun1999 sesudah dihentikannya produksi Honda GL Pro Neotech. Kuda besi ini memakaiengine yang sama dengan Honda GL Pro Neotech. Maka tak heran kalau banyak yangmenyebut Honda Mega Pro generasi pertama ini Honda Mega Pro Neotech. Bahkanmotor ini juga belum dilengkapi electric starter , sama persis menyerupai engineHonda GL Pro Neotech.
Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama |
Meskipun menggunakan engine yang sama , Honda Mega Pro 160 inimemiliki desain yang sudah jauh berbeda dengan Honda GL Pro Neotech. DesainHonda GL Pro Neotech yang khas dengan “lurus dan kotak” digantikan dengandesain Honda Mega Pro 160 yang fresh dengan desainnya yang lebih membulat. Sepertiheadlamp , speedometer , tangki , serta desain body.
Honda Mega Pro 160 , generasi Mega Pro pertama , denganteknologi OHC berkapasitas 160 cc ( lebih tepatnya 156 ,7 cc ) bisa memilikipower maksimum sebesar 13 ,3 PS di putaran engine 8500 rpm. Sedangkan torsimaksimumnya sebesar 1 ,3 kgf.m diputaran engine 6500 rpm. Rasio kompresi yang“hanya” 9 : 1 ini juga masih bisa diatasi panas engine-nya dengan sistempendingin udara.
Sedangkan untuk konsumsi materi bakar , Honda Mega Pro 160 initermasuk irit. Dengan 1 liter , motor ini bisa menempuh jarak 51 ,4 km padakecepatan rata-rata 50 km/jam.
Namun motor yang mempunyai berat kosong 114 kg ini masihmemiliki kekurangan menyerupai Honda GL Pro Neotech. Yakni tidak adanya electricstarter yang menciptakan pengguna Honda Mega Pro 160 ini harus “berolahraga” untukmenyalakan motor ini dengan kick starter.
Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama |
Spesifikasi Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama
Tipe | Sport Touring |
Tahun Produksi | 1999-2001 |
Engine | 4 Tak , OHC |
Kapasitas Engine | 156 ,7 cc (160 cc) |
Bore x Stroke | 63 ,5 x 49 ,5 mm |
Rasio Kompresi | 9 ,0 : 1 |
Maximum Power | 13 ,3 Ps @ 8500 rpm |
Maximum Torque | 1 ,3 kgf.m @ 6500 rpm |
Fuel System | Cylinder Ventury Carburator 24’’ |
Sistem Pendingin | Udara |
Sistem Pengapian | CDI-DC , Battery |
Battery | 12 V – 4 Ah |
Busi | ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9 |
Transmisi | 5-Speed ( 1-N-2-3-4-5) |
Kopling | Manual , Wet & double clutch |
Starter | Kick |
Drive | Chain (Rantai) |
| |
Dimensi | |
Panjang | 2033 mm |
Lebar | 754 mm |
Tinggi | 1062 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1281 mm |
Jarak ke Tanah | 149 mm |
Kapasitas Oli Engine | 0 ,9 liter |
Kapasitas Tangki BBM | 12 ,4 liter (rest : 2 ,3 liter) |
Berat kosong | 114 kg |
Konsumsi BBM | 51 ,4 km/liter pada kecepatan 50 km/jam |
| |
Rangka | Diamond Steel |
Suspensi | |
Depan | Telescopic |
Belakang | Swing arm with adjustable shock |
Ban | |
Depan | 2 ,75 - 18 - 42P |
Belakang | 3 ,00 - 18 - 47P |
Rem | |
Depan | Cakram , Double Piston |
Belakang | Tromol (Drum) |
0 Response to "Spesifikasi Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama – Penerus Gl Pro Neotech | Motor Tuo"