Honda Tiger 2000 Super Cruiser |
Honda Tiger 2000 mempunyai dua periode yang membedakannya. Honda Tiger 2000 Super Cruiser yang keluar tahun 1993 hingga dengan tahun 2002 dan Honda Tiger 2000 New Super Cruiser dari tahun 2002 hingga dengan 2006. Terdapat beberapa perbedaan disisi desain sedangkan di sektor engine dan yang lainnya sama "plek" , tidak ada bedanya.
Disisi lain motor ini merupakan sebuah "pukulan beruntun" bagi pabrikan lain yang waktu itu masih giat-giatnya memproduksi motor 2-tak. Seakan AHM ingin menghabisi motor 2-tak dari segala sisi dengan keluarga Honda GL-nya.
Seperti yang disebutkan , bahwa Honda Tiger 2000 mempunyai 2 periode , Super Cruiser dan New Super Cruiser. Mulai dari sini kita akan menyebut "Tiger 2000 SC" untuk Honda Tiger 2000 Super Cruiser dan "Tiger 2000 NSC" untuk Honda Tiger 2000 New Super Cruiser.
Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Desain
Tiger 2000 SC
Tiger 2000 SC yang merupakan generasi pertama Honda Tiger mempunyai desain yang lebih elegan dari keluarga Honda GL lainnya. Tiger 2000 SC tiba dengan desain berlekuk-lekuk yang lebih elegan dan aerodinamis.
Tak heran kalau Tiger 2000 SC menjadi sebuah "simbol" kemapanan seseorang dimasanya. Karena selain desain yang elegan motor ini merupakan motor termahal produksi AHM ketika itu.
Bagian depan , Tiger 2000 SC mempunyai headlamp berbentuk lingkaran dengan reflektor multilensa. Speedometer dan Tachometer juga berbentuk lingkaran , mengikuti desain lampu depan.
Bagian body , Pada tangki materi bakar , terdapat shroud (tameng angin). Sedangkan desain body secara keseluruhan konsisten dengan lekukan neo-klasiknya.
Bagian belakang , Tiger 2000 SC mempunyai handle kafe atau behel yang terpisah antara bab kiri dan kanan. Stoplamp yang dipakai Tiger 2000 SC masih memakai 1 lampu.
Tiger 2000 NSC
Tiger 2000 NSC ini sejatinya tidak mengalami perubahan yang berarti. Hanya terdapat varian gres serta penyegaran fitur.
Varian gres yang dikenalkan ialah Tiger 2000 NSC varian velg jari-jari serta beberapa pilihan warna baru. Sedangkan fitur yang disegarkkan ialah reflektor headlamp yang diganti dengan diamond cut. Serta handle kafe yang dulunya terpisah sekarang menyatu.
Engine
Honda Tiger 2000 baik SC maupun NSC , tidak mempunyai perbedaan engine. Engine yang disematkan AHM pada motor ini tidak diubah.
Engine Honda Tiger 2000 juga mempunyai abjad yang tak berbeda dengan pendahulunya , Overbore. Bore x Stroke 63 ,5 x 62 ,2 mm. Transmisi motor ini berjumlah 6 dengan konfigurasi 1-N-2-3-4-5-6.
Dengan engine yang berteknologi OHC berkapasitas 196 ,9 cc Honda Tiger 2000 bisa memuntahkan power maksimum 17 ps @ 8500 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimumnya , sebesar 1 ,6 kgf.m @ 7000 rpm.
Motor ini masih memakai pendingin udara , sedangkan untuk menyalakan kedaraan ini AHM sudah menyematkan elektrik starter sebuah "fitur baru" untuk generasi Honda GL.
Rangka
Rangka Honda Tiger 2000 memakai rangka contoh berlian. Sepertinya rangka ini sudah menjadi ciri khas keluarga GL Series.
Kaki-kaki
Honda Tiger 2000 mengadopsi kaki-kaki yang cukup jangkung dengan roda berukuran 18 inchi. Untuk pengereman , Tiger 2000 SC memakai rem cakram untuk roda depan dan tromol untuk rem belakang. Untuk Tiger 2000 NSC rem depan dan belakang sudah memakai cakram.
Brosur Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Spesifikasi Honda Tiger 2000
Engine | |
Tipe | OHC , 4 Tak |
Volume Dapur Pacu | 196 ,9 cc |
Sistem Pendingin | Udara |
Bore x Stroke | 63 ,5 x 62 ,2 mm |
Transmisi | 6 Percepatan , 1-N-2-3-4-5-6 |
Rasio Kompresi | 9 ,0 : 1 |
Power Maksimum | 17 PS / 8.500 RPM |
Torsi Maksimum | 1.6 kgf.m / 7.000 RPM |
Kopling | Manual , Multiplate Wet Clutch |
Kapasitas Oli | 1 liter |
Dimensi | |
Panjang x Lebar x Tinggi | 2.029 x 747 x 1.124 mm |
Jarak sumbu roda | 1.327 mm |
Jarak terendah ke tanah | 155 mm |
Berat kosong | 123 kg (Tiger 2000 SC) 138 kg (Tiger 2000 NSC) |
Kapasitas tangki materi bakar | 13 ,2 liter |
Rangka | |
Tipe | Pola Berlian |
Kaki-Kaki | |
Suspensi depan | Teleskopik |
Suspensi belakang | Swing Arm , Double Shockbreaker |
Ban depan | 2.75 – 18 42P |
Ban belakang | 100/90 – 18 M/C 56P |
Rem depan | Cakram hidrolik , double piston |
Rem belakang | Tromol (Tiger 2000 SC) Cakram hidrolik , single piston (Tiger 2000 NSC) |
Kelistrikan | |
Aki / Baterai | 12 V – 7 Ah |
Pengapian | DC-CDI , Magneto |
Busi | ND X 24 EP - U9/MGK DP8 EA-9 |
Galeri Honda Tiger 2000
Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Engine Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Panel meter Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Panel meter Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Engine Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Ukuran Velg Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Ban Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Kunci Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Kelengkapan Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
0 Response to "Spesifikasi Honda Tiger 2000 - Super Cruiser Generasi Pertama | Motor Tuo"