Sejarah Honda Tiger di Indonesia |
Diantara sekian banyak produsen yang masih berkonsentrasi dengan motor 2 tak , Honda dengan percaya diri mengeluarkan motor 4 tak dengan kapasitas engine terbesar ketika itu , 200 cc.
Praktis , dengan image motor tangguh yang disandang generasi Honda GL , Honda Tiger yang mempunyai nama lain GL200 , tak membutuhkan waktu yang usang untuk menarik perhatian penggemar otomotif tanah air.
Engine Honda Tiger yang mempunyai kapasitas terbesar di masanya ini bekerjsama berbasis pada engine Honda GL Pro Neotech yang sudah terbukti ketangguhan dan kebandelannya.
Karena masih mempunyai engine yang identik sama dengan Honda CB dan Honda GL yang sudah keluar terlebih dahulu menciptakan Honda Tiger sanggup menggunakan part dari kedua generasi pendahulunya tersebut. Makara tidak mengherankan jikalau sebagian besar komponen engine Honda CB dan Honda GL ditemui pada engine Honda Tiger.
Disisi lain , dengan mengusung kapasitas engine yang besar mengakibatkan harga Honda Tiger menjadi yang termahal pada ketika itu.
Namun dengan harga yang tinggi tersebut (pada masa itu) tidak menurunkan ekspresi dominan masyarakat untuk memboyong Honda Tiger. Bahkan hingga masa produksi terakhirnya , awal tahun 2014 , Honda Tiger mempunyai 20.000 klub penunggang Honda Tiger.
Alasan yang menciptakan motor ini hingga langgeng 20 tahun diproduksi dan mempunyai 20.000 klub penggemar yakni keistimewaan dan ketangguhannya yang tidak ditemui pada motor lainnya.
Sejarah dari tahun ke tahun Honda Tiger
Sejarah Honda Tiger di Indonesia |
Generasi Pertama : Honda Tiger 2000
Honda Tiger pertama kali muncul dengan nama Honda Tiger 2000 pada tahun 1993 hingga dengan tahun 2006. Generasi Honda Tiger 2000 ini terbagi dalam dua periode. Super Cruiser dan New Super Cruiser.
Honda Tiger 2000 Super Cruiser
Honda Tiger 2000 Super Cruiser |
Desain Neo-klasik yang diusung Honda Tiger 2000 Super Cruiser ini mempunyai perbedaan dengan desain Honda GL Max maupun GL Pro yang kaku dengan "kotak"-nya. Honda Tiger seri pertama ini mempunyai lebih banyak lengkungan pada desainnya. Sehingga kesan elegan pada motor ini terlihat jelas.
Diurut dari depan , Honda Tiger seri pertama ini mempunyai lampu depan (headlamp) berbentuk bundar dengan reflektor multilensa. Rumah lampu depan pada awalnya berwarna hitam , namun pada tahun 1997 warna rumah lampu depan ini mulai berkembang menjadi perak dengan lapisan chrome.
Desain panel meter , mengikuti desain lampu depan yaitu bulat. Indikator Speedometer dan tachometer Honda Tiger 2000 ini berwarna hijau dengan dasar putih.
Honda Tiger seri pertama ini juga sudah mempunyai shroud (tameng angin) pada bab depan-bawah tangki materi bakar. Pada bab samping tangki materi bakar terdapat logo Tiger 2000 , pada tahun 1993 hingga dengan tahun 1996 logo ini berupa stiker. Kemudian mulai tahun 1997 logo Tiger 2000 tersebut berkembang menjadi emblem logam.
Bagian belakang , Honda Tiger 2000 Super Cruiser mempunyai behel (handle bar) yang terpisah antara bab kiri dan kanan. Lampu belakang dan lampu rem masih menggunakan satu bohlam.
Honda Tiger seri pertama ini pada awal kemunculannya hingga tahun 1997 hanya terdapat versi velg jari-jari , gres pada tahun 1998 terdapat pilihan velg racing (cast wheel) berpalang 6.
Variasi warna Honda Tiger 2000 Super Cruiser pada awalnya terdapat pilihan warna Hijau gelap , Merah Marun , Biru Keunguan dan Kuning (Warna kuning edisi terbatas). Namun pada tahun 1996 hingga tahun 2002 pilihan warna berkembang menjadi perak , hitam dan merah perak.
Honda Tiger 2000 New Super Cruiser
Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Terdapat variasi warna dual tone colour , silver-black , pada tahun 2004 yang merupakan pilihan warna gres untuk Honda Tiger 2000 New Super Cruiser. Dan lalu di tahun 2005 Honda mengeluarkan variasi warna biru untuk varian velg jari-jari.
Desain Honda Tiger 2000 New Super Cruiser memang tidak mengalami perubahan yang signifikan , namun ada beberapa perubahan yang dilakukan dalam upaya penyegaran produk oleh AHM.
Lampu depan yang semula menggunakan reflektor multilensa , diganti dengan reflektor diamond cut. Indikator speedometer dan tahometer berkembang menjadi warna jingga dengan dasar kelabu. Rumah lampu depan dan lampu sein masih berlapis chrome perak.
Honda Tiger 2000 New Super Cruiser |
Generasi Kedua : Honda Tiger Revolution Cruiser
Honda Tiger Revolution Cruiser |
Desain body Honda Tiger Revolution Cruiser atau lebih dekat disebut Tiger Revo berkembang menjadi lebih runcing. Desain lampu depan (headlamp) Honda Tiger Revolution Cruiser ini menggunakan reflektor diamond-cut (sama menyerupai Honda Tiger New Super Cruiser) dengan penambahan mini visor diatas lampu depan.
Tangki Honda Tiger Revolution Cruiser mengalami perubahan desain , mengikuti perubahan desain keseluruhan. Shroud atau tameng angin menjadi lebih besar dari sebelumnya. Pada tangki juga terdapat logo gres berjenis stiker bertuliskan "TIGER" dibagian samping.
Desain lampu belakang berubah mengikuti desain body belakang yang meruncing , dengan penggunaan 2 lampu bohlam sejajar vertikal. Handle kafe (behel) desainnya "kembali" terpisah antara bab kiri dan kanan. Sehingga tampak menyerupai tanduk.
Selain perubahan desain , Honda Tiger Revolution Cruiser mengalami perubahan shockbreaker belakang untuk versi CW , yaitu penambahan reservoir oli. Sedangkan untuk versi jari-jari tidak ada.
Engine Honda Tiger Revolution Cruiser mengalami penambahan Secondary Air Supply System (SASS) yang berfungsi mengurangi tingkat emisi gas buang kendaraan ini. Blok Crankcase kiri dan kanan sekarang dilabur cat hitam doff.
Knalpot Honda Tiger Revolution Cruiser mengalami perubahan desain dan sekarang ditambah dengan tameng yang berfungsi sebagai pelindung panas.
Honda Tiger Revolution Cruiser mempunyai dua varian , varian velg jari jari (GL-200D) dan velg racing (GL-200R). Untuk pilihan warna , Honda Tiger seri ketiga ini mempunyai 4 pilihan warna. Hitam , Merah Marun , Biru dan Perak.
Generasi Ketiga : Honda Tiger New Revolution Cruiser
Honda Tiger New Revolution Cruiser |
Honda Tiger 2008
Honda Tiger New Revolution Cruiser |
Pada tahun 2008 AHM mengeluarkan Honda Tiger dengan moto "Legendary Ride , New Spirit!". Moto ini menggambarkan semangat gres dari Honda dalam mengusung motor legendarisnya.
Honda Tiger 2008 mengalami perubahan pada headlamp , panel meter , shroud , tail light , dan muffler heat protector.
Headlamp yang diusung Honda Tiger 2008 mempunyai desain yang gres , yakni asymetric headlamp , dengan lampu utama berbentuk bundar dan lampu jauh berbentuk persegi. Dan alasannya yakni headlamp-nya yang tak sama ini , Honda Tiger periode ini juga disebut Honda Tiger "Picek".
Shroud , mengalami perubahan desain , menjadi sedikit lebih futuristik dari sebelumnya. Tail light atau lampu belakang , menggunakan dua jenis lampu. Lampu LED untuk lampu rem dan lampu bohlam untuk lampu senja.
Honda Tiger periode ini mempunyai instruksi produksi GL-200R1 berbeda dengan generasi kedua yang memilikki instruksi produksi GL-200R. Pilihan warna untuk Honda Tiger 2008 ini hanya dua. Hitam dan Abu-abu.
Masa produksi Honda Tiger periode 2008 ini hanya hingga tahun 2010. Kemudian dilanjutkan oleh periode Honda Tiger berikutnya.
Honda Tiger 2010
Honda Tiger New Revolution Cruiser |
Honda Tiger 2010 merupakan Honda Tiger periode kedua dari Honda Tiger New Revolution Cruiser. Honda Tiger 2010 mempunyai instruksi produksi GL-200R1 untuk asymetric headlamp dan GL-200RA1 untuk single headlamp.
Jadi varian Honda Tiger 2010 ini semakin banyak. Ada yang "picek" dan ada yang tidak. Sedangkan untuk perubahan desain , pada periode 2010 tidak ada. Namun pilihan warna untuk Honda Tiger 2010 menjadi lebih banyak dan mempunyai nama yang unik.
Pilihan warna Honda Tiger 2010 ini dinamakan sama menyerupai pegunungan di Indonesia. Untuk single headlamp , ada 3 pilihan warna. Black Bromo , Red Krakatau , dan Grey Leuser.
Sedangkan untuk dual headlamp , terdapat 4 pilihan warna. Black Makalu , Red Shavano , Grey Elbrus , dan White Cartenz.
Honda Tiger 2012
Honda Tiger New Revolution Cruiser |
Angka yang cukup tinggi , tak salah jikalau AHM mengapresiasinya dalam bentuk penamaan warna Honda Tiger. Terdapat 4 pilihan warna , Respect Red , Trust Violet , Loyal White dan Unity Black.
Pada Periode Honda Tiger 2012 ini hanya ada satu varian untuk headlamp-nya , single headlamp.
Periode Honda Tiger 2012 merupakan generasi Honda Tiger yang terakhir yang pada 2013 sudah dilarang produksinya. Sedangkan untuk penerusnya , hingga ketika ini AHM belum tertarik untuk menciptakan kandidat legenda cruiser selanjutnya.
0 Response to "Sejarah Honda Tiger Di Indonesia - Super Cruiser Legendaris Honda | Motor Tuo"