Honda New Mega Pro FI |
Honda New Mega Pro FI merupakan generasi kelima dari keluarga Honda Mega Pro. Honda New Mega Pro FI dirilis ke pasaran pertama kali pada tahun 2014 sesudah sebelumnya , Honda New Mega Pro (versi karburator) dilarang produksinya.
Motor yang tergolong sport bike low entry ini , menyerupai namanya , New Mega Pro FI , mengalami perubahan yang berarti di bab engine. Yaitu penggunaan sistem injeksi sesudah bertahun-tahun memakai sistem pengabut materi bakar karburator.
Desain
Honda New Mega Pro FI mempunyai desain yang serupa tapi tak sama dengan Honda New Mega Pro. Tak ada perubahan besar yang dilakukan AHM untuk motor ini.
Desain yang diusung masih "besar" menyerupai versi sebelumnya. Perbedaannya , Honda New Mega Pro FI ini tidak sekaku New Mega Pro. Sehingga desain motor sport bike low entry ini lebih yummy dipandang mata.
Diurut dari headlamp , headlamp New Mega Pro FI masih sama menyerupai New Mega Pro versi karburator. Futuristik dan besar.
Shroud atau tameng angin , mengalami perubahan desain. Dari sebelumnya yang kaku menyerupai bumerang , pada New Mega Pro desainnya bermetamorfosis lebih menyatu dengan konsep desain keseluruhan motor. Cover samping juga mengalami hal yang serupa , desainnya diubah biar lebih menyatu dengan konsep desain keseluruhan.
Spakbor depan mengalami sedikit perubahan dan diperkuat dengan 6 baut pengikat , sebelumnya hanya 4 baut. Desain knalpot mengalami perubahan.
Secara keseluruhan desain Honda New Mega Pro FI tidak mengalami perubahan yang berarti dari versi sebelumnya. Hanya "dipermanis".
Engine
Honda New Mega Pro FI , mengusung engine dengan basis yang sama dengan New Mega Pro versi karburator. Teknologi SOHC Single Cylinder 4-Tak dari AHM. Hanya sistem materi bakar yang berbeda , yaitu dari karburator diubah menjadi Fuel Injection atau injeksi dan bobot engine yang lebih berat menjadi 0 ,8 kg dari versi sebelumnya yang mebedakannya.
Honda New Mega Pro FI yang mempunyai dimensi bore x stroke yang karakternya near square engine , 57 ,3 x 57 ,84 mm , bisa memuntahkan tenaga maksimum sebesar 13 ,3 PS @ 8500 RPM dan torsi maksimumnya 12 ,3 Nm @ 6500 RPM.
Jika dibandingkan dengan New Mega Pro versi karburator , peforma Honda New Mega Pro FI ini turun dari sebelumnya. Namun disisi lain , efisiensi penggunaan materi bakar meningkat dengan sistem injeksi yang diusungnya.
Sistem pendinginan , masih sama , memakai sistem pendinginan udara. Namun bentuk head cylinder atau kop , mengalami perubahan desain , yaitu penambahan jumlah sirip guna mempercepat laju pendinginan.
Transmisi memakai 5 sistem percepatan sama menyerupai Mega Pro sebelumnya.
Rangka
Honda New Mega Pro FI memakai rangka tipe referensi berlian , sama menyerupai New Mega Pro versi Karburator , namun rangka ini direvisi dan diperkuat dari sebelumnya.
Kaki-kaki
Kaki-kaki yang diusung Honda New Mega Pro FI yakni ban berdiameter 17 inchi dengan ukuran ban depan 80/100 dan ban belakang 100/90.
Rem depan dan belakang sudah dibekali dengan cakram. Rem depan double piston dan belakang single piston.
Fitur
Fitur yang disematkan pada Honda New Mega Pro FI oleh AHM masih sama menyerupai Honda New Mega Pro versi karburator. Panel meter semua digital kecuali untuk tachometer.
Spesifikasi Honda New Mega Pro FI
Honda New Mega Pro FI |
Engine | |
Tipe Engine | SOHC , 4 Tak |
Volume Dapur Pacu | 149 ,5 cc |
Sistem Pendingin | Udara |
Bore x Stroke | 57 ,3 x 57 ,84 |
Transmisi | 5 Percepatan , 1-N-2-3-4-5 |
Rasio Kompresi | 9 ,5 : 1 |
Power Maksimum | 13 ,3 PS (9 ,3 kW) / 8500 RPM |
Torsi Maksimum | 12 ,3 Nm (1 ,25 kgf.m) / 6500 RPM |
Kopling | Manual , Multiplate Wet Clutch with Coil Spring |
Kapasitas Oli | 1 liter |
Dimensi | |
Panjang x Lebar x Tinggi | 2.052 x 742 x 1.079 mm |
Jarak sumbu roda | 1.316 mm |
Jarak terendah ke tanah | 156 mm |
Tinggi jok | 774 mm |
Berat kosong | 135 kg |
Kapasitas tangki materi bakar | 12 ,3 liter |
Rangka | |
Tipe | Pola Berlian |
Kaki-Kaki | |
Suspensi depan | Teleskopik |
Suspensi belakang | Monoshock (Dapat di setting kekerasannya) |
Ban depan | 80/100 – 17 M/C 55 |
Ban belakang | 100/90 – 17 M/C 55P |
Rem depan | Cakram hidrolik , double piston |
Rem belakang | Cakram hidrolik , single piston |
Kelistrikan | |
Aki / Baterai | 12 V – 3 ,5 Ah |
Pengapian | Full Transisterized |
Busi | NGK CPR9EA-9 |
Pilihan Warna Honda New Mega Pro FI
Honda New Mega Pro FI Merah |
Honda New Mega Pro FI Hitam |
Honda New Mega Pro FI Biru |
0 Response to "Spesifikasi Honda New Mega Pro Fi - Motor Sport Low Entry Yang Hemat | Motor Tuo"