Latest News

Belakangan Semakin Diminati Penggila Roda Dua

Motor Custom

   Motor custom dan custom culture belakangan semakin diminati penggila roda dua.  Banyak yang gemar membangun kesayangannya dengan bermacam-macam pilihan modifikasi hingga menciptakan tunggangannya tampil beda, sangat personal dan mewakili jiwa pemiliknya.
Berbicara perihal modifikasi dan custom culture memang tidak ada habisnya. Setiap tahun selalu muncul tren-tren modifikasi gres yang memukau dengan tampilan yang menggoda. Kamu tertarik juga mengkustomisasi kesayangan di rumah? Sebaiknya kenali dulu bermacam-macam tren anutan modifikasi motor custom.
Tren anutan modifikasi motor custom sendiri ada banyak macamnya. Kadang kita sedikit kesulitan membedakan jenis dan anutan modifikasinya Tidak sedikit juga anutan yang abjad desainnya mirip tapi bersama-sama berbeda. Karenanya sebelum memulai modifikasi gede-gedean atas motormu, ada baiknya kenali dulu masing-masing anutan modifikasi yang ada. Lalu pilih mana yang paling pas untukmu.

Café racer
Café racer adalah anutan dengan konsep bergaya balap zaman dulu. Ciri khas yang paling menonjol dari anutan ini yaitu stang jepit yang otomatis menciptakan posisi tubuh lebih menunduk dikala berkendara layaknya balap. Ciri lainnya yaitu jok yang rendah, dengan bentuk bab belakang yang melengkung ke belakang dan ke atas mirip ekor tawon. Desain jok dan lampu depan biasanya juga khas. Sangat retro.
Sekilas, café racer memiliki bentuk yang mirip dengan aliran Scramble, yang membedakan yaitu bentuk stang dan jenis ban yang digunakan. Motor cafe racer menggunakan setang underyoke atau di bawah segitiga (fork) yang menciptakan pengemudinya agak sedikut menunduk dikala berkendara mirip memakai balap. Sedangkan scramble menggunakan setang model biasa mirip motor sport pada umumnya.
Untuk urusan ban, Café racer tidak harus memakai ban dual purpose seperti aliran Scramble, cukup memakai ban klasik atau ban sport.

Jap’s Style
Ciri khas Jap’s Style ada di tangki semi trail yang ibarat Harley Davidson dengan versi mininya. Kamu dapat mengenali model ini dari joknya yang bertipe single seater yang dibentuk lebih tipis dan posisinya lebih rendah dari tangki. Motor ini memakai stang semi hanger, lampu depan dan belakang kecil dan pemilihan ban yang besar dan lebar, membuatnya lebih stabil dan mantab dikala digunakan untuk berkendara.
Sama seperti café racer, Jap's style dirancang untuk digunakan dijalan beraspal, jadi hanya memakai ban dengan kontur biasa, namun dengan ukuran ban yang lebih besar di ban belakang.

Chopper
Tidak sulit mengenali motor custom satu ini. Ciri khasnya sangat menonjol, dengan fork atau garpu depan yang sangat panjang, diameter ban depan yang cenderung lebih besar dari ban belakang, bentuk stang yang tinggi dan jok rendah. Karena bentuknya yang unik, kau akan memerlukan rangka (chassis) yang didesain khusus sesuai panjang fork dan kemiringannya.
Motor anutan ini memakai ban dengan kontur biasa, namun yang membedakannya yaitu ukuran yang digunakan di kedua sisi motor. Ukurannya gemuk di roda belakang, dan lebar serta kurus untuk roda depan.

Bobber
Ciri khas anutan ini terletak pada ban berprofil besar, baik untuk ban depan maupun belakang. Bobber juga harus memakai mesin yang besar, membuatnya terlihat semakin ‘jantan’. Bobber dan Chopper memiliki prinsip yang sama, yaitu memotong beberapa bagian, namun bobber tetap mempertahankan chassis standar. Ban yang digunakan pada anutan ini sama dengan yang digunakan pada motor chopper, yang membedakan adalah ring yang digunakan tidak terlalu lebar dibandingkan dengan motor chopper.

Brat Style
Nama Brat Style ini berasal dari sebuah modifikasi di Saitama, Jepang. Brat Style punya ciri khas yang membedakannya dari model motor custom lain, yaitu tangki besar yang panjang, ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, serta warna yang umumnya cenderung flat dan gelap. Aliran ini memakai komposisi ban yang sama besar antara depan dan belakang.

Scrambler
Ketika kau melihat dengan ban bermotif kotak atau trail, itulah motor custom Scrambler. Dengan ban trail ini, motor custom Scramble sangat cocok untuk semi off road dan mendaki pegunungan. Selain itu, ciri lain dari ini yaitu knalpot yang biasanya berada di samping motor.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anutan ini mempunyai tampilan yang mirip dengan bergaya café racer namun dengan stang normal layaknya sport biasa. Karena scramble adalah yang dapat dipakai on-road dan off-road, ini harus memakai ban dual-purpose agar pakem lebih maksimal.

Flat tracker
Aliran modifikasi motor custom Flat Tracker punya tampilan berciri khas tangki kecil dan buntut yang meruncing. Motor model yaitu salah satu dengan anutan retro, dengan tongkrongan yang tinggi dan disebut-sebut sebagai yang cekatan dan serba bisa. Hal ini karena flat tracker sebenarnya yaitu julukan untuk di arena balap di Amerika yang menggabungkan antara track tanah dan sirkuit datar. Makanya, karakternya terlihat terang pada bab stang yang lebar dan grip ban kotak.
Nah, sesudah mengenal banyak sekali macam anutan modifikasi motor custom ini, langkah selanjutnya yaitu menentukan mau anutan apa yang akan kau pilih untuk diaplikasikan ke motormu. Jangan lupa, berkonsultasilah dengan bengkel modifikasi semoga apapun desain yang kau pilih, motormu tetap kondusif dan nyaman dikendarai sesudah dirombak nanti.
Yang paling utama untuk dipertimbangkan dalam menentukan model, pertama mesin, kaki-kaki, dan jenis ban yang akan kau gunakan, semoga sesuai dengan anutan yang kau inginkan. Konsultasikan juga jenis knalpot apa yang cocok untuk desain yang kau pilih, jangan hingga salah dan malah meleset dari anutan yang kau inginkan.
Kalau masih sulit menentukan atau ingin melihat bagaimana proses modifikasi semoga sesuai kebutuhan dan kepribadianmu,









0 Response to "Belakangan Semakin Diminati Penggila Roda Dua"

Total Pageviews