Latest News

Merupakan Salah Satu Produsen Besar Sepedadi Indonesia Yang Telah Hadir Semenjak Tahun

Sejarah Motor (Sport Jantan) Yamaha di Indonesia


 merupakan salah satu produsen besar sepedadi Indonesia yang telah hadir semenjak tahun  merupakan salah satu produsen besar sepedadi Indonesia yang telah hadir semenjak tahun

Yamaha, merupakan salah satu produsen besar sepedadi Indonesia yang telah hadir semenjak tahun.. .
Sepedayang pertamakali diperkenalkan ialah sepedatipe sport yang diperuntukkan ntuk kaum laki-laki.  Mari kita lihat  sepedaapa saja itu.

Yamaha L2 (1976-1979)
Yamaha L2
Pada tahun 1976 Yamaha Indonesia meluncurkan sport-jantan pertamanya yaitu Yamaha L2 yang mungkin berdasarkan istilah kini disebut bergaya retro atau mungkin naked-bike. Bermesin 2-tak, kapasitas 100cc, ini tidak mengecewakan tangguh. Memang pada masa dahulu produsen mengeluarkan lebih mengutamakan ketangguhan dan dan daya tahan di aneka macam medan. Pada dikala kemunculanYamaha L2 ini makin meramaikan pasar di Indonesia yang sebelumnya juga ada produk Honda sejenis yang bergaya sama hadir di masa  ini yaitu Honda 90Z.


Yamaha L2-G (1980)
Yamaha L2 G
Pada tahun 1980 Yamaha kembali meluncurkan sang adik yaitu Yamaha L2-G, masih berkapasitas 100 cc dan bermesin 2 tak, tidak ada perubahan tapi Yamaha L2-G tetap diterima masyarakat, sehingga pemakainya pun termasuk banyak di Indonesia.









Yamaha L2 Super (1981-1984)

Yamaha L2 Super
Tahun 1984 Yamaha Indonesia mengeluarkan lagi versi terakhir Yamaha L2 yang diberinama L2 Super. Tentunya sang adik bungsu L2 ini mempunyai penampilan yang sedikit mengalami perubahan jadi terlihat lebih menarik dan lebih rapi. Masih bemesin 2-tak, sedangkan pada mesin tidak mengalami perubahan.




Yamaha AS3 Twin (1973-1977)
Yamaha AS3 Twin
Setelah kala "L" berakhir kini hadir seri "AS", yaitu Yamaha AS3 Twin yang bermesin ganda, kurang diketahui apakah ini hadir di Indonesia. Tapi yang niscaya ini niscaya sangat bertenaga dan kencang. Motor ini sempat beredar di kota Medan pada tahun 70-an.







Yamaha RX125 Twin (1976-1979)
Yamaha RX125 Twin
Pada tahun 1976 ini Yamaha memperkenalkan species terbaru Yamaha yang mempunyai style sebagai sebagai kencang, yaitu Yamaha RX125 Twin. Motor inilah sebagai seri "RX" pertama yang bakal malang melintang melaksanakan perjalanan panjang di dunia sepedaIndonesia. Motor ini di cap "kencang", dan rupanya tidak hanya anak muda saja yang tertarik dengan ini, tapi para penjambret juga tertarik memakai ini untuk melaksanakan aksinya. Yamaha RX 125 Twin ini jika di tempat asalnya dikenal dengan nama Yamaha RD 125 DX. Yamaha RX 125 Twin ini di beberapa tempat di Indonesia sempat disebut sebagai Yamaha Rengex Cepek Selawe.


Yamaha RS100 (1977)
Yamaha RS100
Setelah sempat mengeluarkan dengan kapasitas mesin 125cc, pada tahun 1977 Yamaha Indonesia kembali meluncurkan sport ber kapasitas 100cc, yaitu Yamaha RS 100.  Tapi  walaupun 100cc tapi ini tidak mengecewakan bertenaga dan lincah dikendarai, hanya modelnya saja tampaknya kembali ke model lawas, menyerupai kala Yamaha L2.





Yamaha RX100 (1977-1981)
Yamaha RX100
Kemudian tahun1977, seri "RX" hadir lagi, tapi dengan kapasitas mesin tetap  100cc. Tapi nama "RX" rupanya nama yang sakti. Nama ini kesannya menjadi nama yang melegenda di Indonesia, alasannya ialah perjalanannya yang panjang dan Yamaha "RX", tetap mempunyai penggemar tersendiri hingga dikala ini.




Yamaha RX125 Engkel (1979-1983)
Yamaha RX125 Engkel
Tahun 1979 hadir kembali versi RX 125, kali ini bermesin tunggal, lebih ringan, lebih bertenaga dan cepat disukai orang.Penampilannya tidak mengecewakan sangar ditambah bunyi knalpotny yang merepet pedas menjadi ciri khas Yamaha RX125 engkel pada kala 80-an. Yamaha RX 125 engkel ini banyak mempunyai penggemar dan pemakainya pun sangat banyak, selain itu inipun dianggap kencang. Saingannya dikala itu ialah Honda GL 125 dan Suzuki GP 125.




Yamaha RX-K (1980-1983)
Yamaha RX-K
Yamaha rupanya terus berbagi versi "RX" dengan mengeluarkan Yamaha RX-K yang berkapasitas 135cc. Kapasitas mesin membengkak menjadi 135cc. Inilah yang jadi cikal bakal Yamaha RX King. Yamaha RX-K ialah tunggangan yang keren pada masa itu. Dengan kapasitas mesin 135cc tentunya gampang bagi kuda besi ini untuk melibas saingan-saingannya



Yamaha RX-S (1981)
Yamaha RX-S
Yamaha terus menggeluarkan seri RXnya yang ternyata banyak macamnya, sesudah RX125. kemudian RX100, kemudian RX-K dan diteruskan dengan RX-S di tahun 1981. Hal ini agak membingungkan para pengguna di Indonesia alasannya ialah banyak sekali versi "RX" yang keluar. Penampilan RX-S sendiri menyerupai dengan Yamaha RX-K, hanya warnanya yang lebih menarik dan kapasitas mesin mengerut menjadi 115cc.



Yamaha RX Special (1983)
Yamaha RX Special
Tahun 1983 Yamaha Indonesia terus mengeluarkan seri "RX"nya. kali ini diberi nama "Special" . Nama Istilah Special yang disandangnya agak membingungkan juga, special sebagai lanjutan RX-S atau special punya makna lain. Dari komentar yang pernah menunggangi RX-Special ini, katanya ini benar-benar lincah dan sangat bertenaga.





Yamaha RX King (1980-2008)
Yamaha RX King  (1983)
Inilah yang menyatakan dirinya sebagai Raja. Dan memang di awal kemunculannya sepedaini menjadi "raja" jalanan, alhasil pencopet dan penjambretpun suka mengendarai si raja ini. Di awal kemunculannya tentangan utamanya ialah Suzuki GP 125 yang sama tangguhnya. Tapi dengan kapasitas mesin 135cc, RX King otomatis masih unggul performa, terutama di tarikan awal. Di masanya mungkin dikala inipun hampir semua orang mengenal Yamaha RX King, si raja jalanan, si jago merepet dan raja kebul dengan bunyi brisiknya memekakkan indera pendengaran orang di dekatnya. Saat ini Yamaha RX King ini sudah tidak dikeluarkan lagi oleh pabrikan Yamaha Indonesia. Selain sudah mulai jarang terlihat di jalanan. Yamaha RX King ini termasuk usang melaksanakan perjalanannya di Indonesia, jika tidak salah semenjak tahun 1980 hingga lewat tahun 2010-an. Para penggemar fanatiknya masih tetap melaksanakan perawatan kontinyu semoga Yamaha RX King miliknya tetap kinclong dan meraung-raung di jalanan. Yamaha RX King telah banyak meninggalkan sejarah dan kenangan selama beberapa dekade di Indonesia.

Yamaha RX King (2004)




Yamaha RZ-R (1988-1997)
Yamaha RZ-R
Tahun 1988 Yamaha menggebrak mengeluarkan senjata barunya yaitu Yamaha RZ-R, gempuran Suzuki yang kerap mengeluarkan kencang menyerupai Suzuki TRZ dan Suzuki RGR. Yamaha menjawab dengan meluncurkan Yamaha RZR yang dahsyat pribadi menggebrak di aneka macam arena balapan. Kapasitas mesin 135cc ialah cc yang besar, sementara saingan-saingannya bermain di 125 cc. Dan tentunya Yamaha RZ-R menjadi sepedayang disegani pada masa itu.Yang angker ialah ini mampu menghasilkan max power sebesar 20 daya kuda.

Yamaha RX-R (1988)
Yamaha RX-R
Untuk mengimbangi Suzuki dengan RGRnya,  Yamaha meluncurkan lagi senjata terbarunya, yaitu Yamaha RX-R. Sayangnya Yamaha malah menurunkan kapasitass mesin produknya ini menjadi 115cc. Sepertinya ini jadi blunder buat Yamaha alasannya ialah Yamaha RX-R masih kalah bersaing dengan Suzuki RGR.





Yamaha RX-Z :
Species gres dari Yamaha inilah yang layak disebut "raja" di masa 90-an. Memiliki tenaga kuda sebesar 21 hp tentunya sangat mengerikan buat yang mencobanya. Kapasitas mesin 135cc dengan raungan mesin dan bunyi knalpot yang dahsyat, menggetarkan saingan-saingannya. Karena kesuksesan dan kedahsyatannya Yamaha RX-Z ini pun dalam 4 tahun hadir sebanyak 4 generasi.
- gen 1: (1987-1988)
Yamaha RX-Z gen. 1
Yamaha RX-Z generasi 1, bermesin 135cc memang tangguh dan penampilannya yang mengadopsi ala motogp, cepat disukai oleh penggunad Indonesia.









- gen 2: (1989-1997)
Yamaha RX-Z gen. 2









- gen 3: (1998-2003)
Yamaha RX-Z gen. 3












- gen 4: (2004-2008)
Yamaha RX-Z gen. 4













Yamaha Scorpio Z (2005-2008)
Yamaha Scorpio
Memasuki kala modern Yamaha pun mulai beralih ke mesin 4-tak, tidak tanggung-tanggung Yamaha pribadi menggebrak dengan mesin besar berkapasitas 225cc,untuk mengungguli Honda Tiger yang cuma 200cc.
Inilah Yamaha bergaya jantan bermesin 4-tak pertama yang hadir di tahun 2005 menyusul Suzuki yang juga pindah ke 4-tak dengan Suzuki FX150R nya. Kapasitas mesin yang 225cc dan badan yang sangat berat menciptakan ini kurang lincah di jalan raya. Akibatnya Yamaha Scorpio belum dapat menggoyahkan Honda Tiger yang lebih dahulu hadir di kelas menengah 200 cc ke atas.

Yamaha New Scorpio Z (2010-2013)
Yamaha New Scorpio Z
Tahun 2010 Nasib Yamaha Scorpio yang tersendat- sendat, harus di"baru"kan alias dihadirkan versi terbarunya, yaitu Yamaha New Scorpio Z.
Penampilan gres senenarnya lebih baik, hanya terlihat lebih gemuk dan lebih gede, sehingga menciptakan orang berfikir dua kali untuk membelinya, selain di mesin tidak mengalami perubahan berarti. Dan Nasib Yamaha New Scorpio pun tidak lebih baik dari sang kakak yang kurang lancar di pasaran.

Yamaha Byson (2010-...)
Yamaha Byson
Tahun 2010 ini Yamaha meluncurkan species gres bertipe sport-naked-touring-bike, yaitu Yamaha Byson yang berkapasitas 150cc, sebelumnya ini dirumorkan bakal keluar dengan kapasitas mesin 180cc, tapi ternyata Yamaha Byson hadir dengan kapasitas mesin 150cc. Yamaha Byson cukup mengejutkan alasannya ialah tangki yang digunakannya sangat besar, dapat menampung sebanyak 12 liter bensin. Di beberapa tempat di Indonesia ini punya sebutan sendiri. Ada yang menyebutnya si"kebo"mungkin sinonim dari nama "Byson". Secara fisik Yamaha Byson ini cukup menarik dan tangguh dan nyaman dibawa touring atau perjalanan jauh ke luar kota.


Yamaha V-Ixion (2010-2012)

Yamaha V-Ixion
Tahun 2010 sesudah Yamaha Byson, Yamaha meluncurkan satu lagi juga bertipe sport-touring-bike, yaitu Yamaha V-Ixion atau biasa disebut "Vixion", ada juga yang menyebut "Piksen". Disinilah kala kesuksesan Yamaha dimulai. Dengan hadirnya Yamaha Vixion ini, maka tentangan Yamaha, khususnya di level jantan menyerupai Honda Megapro dan Suzuki Thunder takluk di tangan Yamaha Vixion. Penjualan yang meningkat setiap bulannya, menciptakan Yamaha Indonesia pun mengeruk laba yang besar.





Yamaha New Vixion (2012-..)
Yamaha New Vixion
Pada tahun 2012, melanjutkan kesuksesan Yamaha V-Ixion, Yamaha Indoonesia kembali meluncurkan Yamaha New Vixion yang mempunyai penampilan yang gagah dan garang. Kehadiran Yamaha New Vixion pun kembali meraih kesuksesan. Unggul di penampilan yang menciptakan inil laku manis, sayangnya di segi performa Yamaha New Vixion yang hanya mengandalkan mesin SOHC dan transmisi 5 percepatan, masih "takluk" dari Honda CB150R yang juga hadir di tahun ini dengan mesin DOHC dan transmisi 6 percepatan dan dari si angsa super andalan Suzuki, yaitu Suzuki Satria.

Yamaha R15 (2014-...)
Yamaha R15
Pada tahun 2014, Yamaha terpancing dengan gebrakan Honda yang meluncurkan Honda CB150R dan Honda CBR150R yang dengan telak mempecundangi Yamaha New Vixion, Yamaha Indonesia pun meluncurkan sport-jantan-supernya, yaitu Yamaha R15. Tapi sesudah ditunggu sekian usang oleh pengguna setia Yamaha. Ternyata mesin Yamaha R15 tidak beda jauh dengan Yamaha New Vixion alias sama, masih SOHC, hanya transmisi meningkat menjadi 6-speed. Melihat performa Yamaha R15 ini mungkin belum dapat meladeni Honda CBR150R, dan untuk mengimbangi Honda CB150R pun diragukan. Tapi tidak apa asal unggul di penjualan tampaknya itu sudah cukup buat Yamaha.

Yamaha R25 (2014-)
Yamaha R25
Setelah meluncurkan R15 Yamaha Indonesia rupanya ingin bermain di semua level dengan menghadirkan Yamaha R25 untuk mengimbangi Kawasaki Ninja 250RR dan Honda CBR250R. Persaingan di level ini sangat ketat alasannya ialah sebelumnya sudah dipegang oleh  Kawasaki Ninja 250R. Tapi perlahan Yamaha R25 pun mulai dilirik pengguna di Indonesia.




Yamaha MT25(2015-)

Yamaha MT25
Senjata Pamungkas Yamaha kesannya keluar di tahun 2015 ini, yaitu si Yamaha MT25 yang berkapasitas 250cc. Yamaha MT25 ini sebetulnya adalaha Yamaha R25 versi Naked atau tanpa fairing. Performa MT25 pun tidak ada perbedaan dengan R25.
Tapi penampilannya yang gagah dipastikan cepat menarik perhatian pengguna di Indonesia.

0 Response to "Merupakan Salah Satu Produsen Besar Sepedadi Indonesia Yang Telah Hadir Semenjak Tahun"

Total Pageviews