Sejarah Motor Norton

James Lansdowne Norton lahir di Birmingham pada tahun 1869, seorang anak pembuat lemari. Sebagai anak pria ia mengatakan bakat pertama pada pembuatan perangkat mekanik dan sehabis menuntaskan pendidikan magang nya di pabrik perdagangan perkakas perhiasan.
Pada tahun 1898 ia memulai membangun Norton Manufacturing Co untuk menciptakan rantai dan barang-barang lainnya untuk sepeda. Motor Norton pertama diproduksi pada tahun 1902,sepeda dengan bermesin Clement Belgia dibawah tabung depan. Motor Norton dengan mesin Peugeot memenangkan Balap TT pertamakali pada tahun 1907, ditunggangi oleh Rembrandt Fowler yang harus mengatasi beberapa hambatan dan perubahan busi. Pada tahun 1909 ada delapan model yang ditawarkan untuk dijual, dua dengan mesin brand lain, enam dengan mesin Norton. Harrods yakni Agen pertama di London.
Norton yakni seorang insinyur yang handal dengan usaha nya yang gigih, akan tetapi perjalan bisnis tidak semudah yang dibayangkan, pada tahun 1913 norton berada diambang kebangkrutan ketika RT Shelley & Co, kreditur modal utama masuk. Norton Motors Ltd kemudian dibentuk. Bertempat di Brooklands didirikan sentra dan riset pengujian kecepatan. RT Shelley & Co dalam aturan yakni ace tuner Dan O’Donovan mesin gres dikirim bersama untuk dilakukan pengujian oleh dia, dalam Rolling chassis dikenal sebagai ‘Old Miracle’, pemegang banyak rekor kecepatan dan hingga kini masih disimpan di museum. Mesin yang diuji tidak untuk dijual hingga diperoleh performa yang tepat. Motor Norton mendapat kontrak dengan pemerintah pada waktu Perang dunia 1 untuk memasok mesin untuk tentara Rusia pada tahun 1916, dan pabrik norton di pindah ke kawasan yang lebih besar di Bracebridge Street, Aston. Yang populer Norton logo dibuat sekitar waktu ini.
Pada awal 1913, Norton telah merancang mesin dengan katup udara dengan operasi desmodromic, tapi tidak hingga 1922 norton menghasilkan mesin OHV pertamanya, Model 18 sebagai salah satu norton single tercepat . Pada 1923 Maudes Trophy diperoleh untuk pertama kalinya ketika Norton Model 18 memecahkan rekor dunia delapan belas di Brooklands, ditunggangi oleh sebuah tim yang terdiri dari O’Donovan, Bert-tiba dan Nigel pada animo semi. Piala itu terus dipertahankan selama tiga tahun sehabis prestasi serupa kecepatan dan daya tahan.
Dengan 1.924 nama model yang dekat lainnya ibarat 16H dan Model 19 telah diperkenalkan, yang terakhir versi 588cc Model 18. Mereka juga mempunyai OHV prototipe 250cc akan tetapi tidak pernah diproduksi alasannya yakni tidak memenuhi kriteria pasar pada waktu itu. Alec Bennett memenangkan Balap TT Senior dengan OHV Norton, rata-rata lebih 60mph untuk pertama kalinya.
James Norton meninggal pada 1925 pada usia 56, meskipun penampilan kebapakan di foto dengan rambut perak dengan kacamata berbingkai kawat memberi kesan jauh lebih tua. Dia dihormati di seluruh industri alasannya yakni kemampuannya rekayasa dan integritas. Sesaat sebelum kematiannya ia telah mengambil liburan panjang di Afrika Selatan atas saran dari dokter dan dari kondisi jalan ia melihat ada ekspor atau model ‘kolonial’ diberi ground clearance yang lebih tinggi bersama dengan banyak sekali modifikasi yang sesuai lainnya.
Sementara itu, di trek balap Eropa,Motor Norton yang membangun Kekuatan industri mereka yang harus diperhitungkan, memenangkan banyak balapan. Motor Norton memperkenalkan tangki bensin jenis pelana pada mesin balap mereka.type ini menunggu satu atau dua tahun gres diluncurkan, tetapi pada 1926 di London memperkenalkan,Mesin dengan empat gearbox kecepatan dan rem memperluas internal yang berada perlengkapan standar pada beberapa model bersama dengan pelumasan otomatis drive primer rantai. Perusahaan ini secara finansial direkonstruksi sepanjang tahun dan nama berkembang menjadi Norton Motors (1926) Ltd Seorang Irlandia muda berjulukan Stanley Woods memenangkan balap TT 1926 Senior dengan Motor Norton, tetapi untuk tujuan balap mesin pushrod sudah mulai di tinggalkan dan digantikan oleh teknologi baru.
The Walter Moore merancang mesin overhead camshaft mempertahankan Norton dimensi klasik 79 dengan 100mm tapi kesamaan berakhir di sana. Drive dari crankshaft diambil melalui serangkaian bevels, situ oleh poros vertikal tertutup untuk cambox melalui set bevel lain. Cambox itu melesat ke kepala silinder dan katup dikembalikan oleh coil springs.Frame gres juga diperkenalkan, tipe cradle dengan atas tunggal dan depan ke bawah tabung. Pipa knalpot di sebelah kiri mesin, praktek Norton pada ketika itu. Pada tahun 1928 frame gres juga dipakai untuk rumah mesin pushrod dengan model ES2. Ada beberapa spekulasi dalam beberapa tahun terakhir ibarat apa ES berdiri.
Walter Moore meninggalkan Norton pada tahun 1929 yang pindah ke Produsen NSU di Jerman. Dia secara pribadi mempunyai desain mesin OHC sehingga tidak mengherankan ketika NSU mulai memproduksi mesin yang sangat ibarat beberapa waktu setelahnya. Motor Norton tidak bahagia dengan hal ini, sehabis merekrut Arthur Carroll untuk mendesain ulang mesin OHC. Motor Norton menghasilkan apa yang menjadi salah satu mesin balap paling mayoritas sepanjang masa dengan karir berkilauan yang berlangsung selama dua puluh lima tahun ke depan walaupun sesekali ada perlawanan oleh Velocette, Guzzi, Gilera dan BMW.
0 Response to "James Lansdowne Norton Lahir Di Birmingham Pada Tahun"