Latest News

Bagian Biro Yang Berfungsi Menyalurkan Tegangan Tinggi

Seperti yang sudah kita ketahui biro merupakan salah satu bagian/ komponen dari sistem pengapian. Distributor mempunyai fungsi utama adalah untuk menyalurkan (mendistribusikan) anutan listrik yang bertegangan tinggi yang dihasilkan oleh ignition coil menuju ke setiap busi pada masing-masing silinder sesuai dengan urutan pengapian (firing order/ FO) pada motor tersebut. Bagian dari biro yang dipakai untuk melaksanakan fungsi tersebut adalah tutup biro (distributor cap) dan rotor.
Distributor Cap
Distributor cap atau tutup biro ini mempunyai fungsi untuk mendapatkan anutan arus tegangan tinggi dari kabel tegangan tinggi yang terhubung ke ignition coil (koil pengapian) yang selanjutnya akan disalurkan ke rotor.  Setelah disalurkan ke rotor, rotor akan menyalurkan kembali arus tegangan tinggi tersebut menuju biro cap yang selanjutnya akan dikirimkan ke kabel busi dan selanjutkan dari kabel busi  akan disalurkan ke busi pada masing-masing silinder.

Rotor
Rotor sendiri mempunyai fungsi untuk mendapatkan arus tegangan tinggi dari biro cap yang kirimkan dari ignition coil dan selanjutnya rotor akan menyalurkan (mendistribusikan) arus tegangan tinggi tersebut ke busi pada masing-masing silinder melalui kabel tengangan tinggi busi sesuai dengan urutan pengapiannya atau firing order (FO).

Cara melaksanakan perawatan pada biro cap dan rotor
  1. Lepas bab dari komponen-komponen biro adalah biro cap dan rotor.
  2. Bersihkan bab dalam dari biro cap memakai udara bertekanan.
  3. Periksa arang didalam tutup distribur dan bersihkan jikalau kotor.
  4. Periksa kerusakan biro cap dari keretakan ataupun kerusakan lainnya. Bila biro cap rusak maka gantilah dengan yang baru.
  5. Periksa rotor distributor, jikalau kotor bab tembaganya maka bersihkan memakai amplas kemudian semprotkan udara bertekanan.
  6. Periksa bab dalam rotor yang menghubungkan dengan nok, jikalau rotor rusak ganti dengan yang baru.

0 Response to "Bagian Biro Yang Berfungsi Menyalurkan Tegangan Tinggi"

Total Pageviews