Latest News

Cvt Motor Matic Suara Dan Kenali Gejala-Gejala Lainnya

Berbicara mengenai sepeda motor matic, sudah tentu anda tahu apa itu motor matic. Motor matic yang kian hari banyak yang menggunakan lantaran dirasa lebih nyaman daripada motor angsa lantaran tidak diharapkan lagi melaksanakan perpindahan gigi secara manual. Motor matic tidak menggunakan rantai ibarat pada motor angsa atau motor sport untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, melainkan untuk menyalurkan tenaga tersebut pada motor matic menggunakan CVT (Continous Variable Transmission). Dalam CVT terdapat banyak komponen-komponen, komponen-komponen pada CVT tersebut yaitu ibarat sabuk (v-belt), roller, per CVT, Kopling sentrifugal, puli CVT dan lain-lain.


Jika komponen-komponen pada CVT tersebut mengalami kerusakan atau sudah mulai aus maka akan timbul beberapa gejala, yang diantaranya yaitu timbul bunyi bunyi yang tak wajar. Adapaun kerusakan yang sering timbul pada CVT motor matic antara lain :

Rumah Roller
Rumah roller merupakan jalur kawasan roller bergerak. Rumah roller lama-kelamaan akan aus. Jika rumah roller sudah aus maka hasilnya tarikan gas terasa berat dan juga sanggup terdengar bunyi pada kepingan depan CVT. Rumah roller akan cepat mengalami keausan jikalau  prilaku dikala berkendara salah atau beban seaat berkendara hiperbola (overload). Untuk melindungi supaya rumah roller ini tidak cepat aus maka beri pelumasan gemuk pada alur roller.

Roller
Masalah roller yang rusak peyang atau pecah sering terjadi. Gejala ini ditunjukkan dengan terdengarnya bunyi krecek-krecek dari kepingan depan sistem CVT. Roller yang mengalami keadaan aus yang lebih cepat sanggup disebabkan oleh prilaku pengendara yang tidak tepat. Untuk melindungi supaya roller ini tidak cepat aus maka beri pelumasan gemuk pada roller.

Damper teflon atau slide pieces
Slide pieces mempunyai kegunaan untuk meredam getaran dari rumah roller. Jumlah komponen slide pieces ada 3 buah yang dipasangkan dirumah roller.  Bila slide piece ini rusak maka akan terdengar bunyi ibarat bunyi klo-klok pada dikala motor stasioner (idle). Disarankan pada dikala penggantian roller, komponen slide pieces ini juga sebaiknya ikut diganti.

V-belt
V-belt merupakan sabuk yang terbuat dari materi karet yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari poros engkol supaya hingga ke roda belakang. V-belt selalu terkena panas bila kendaraan beroperasi sehingga lama-kelamaan v-belt akan mengalami getas (karet menjadi keras). Penggantian v-belt sudah adaperiode waktunya, lakukan penggantian sesuai dengan jadwalnya. Jika v-belt tidak dirawat maka bisa-bisa v-belt sanggup pustus sewaktu-waktu. Jika v-belt putus maka sanggup merusakkan komponen-komponen CVT lainnya disamping tenaga putar dari poros engkol tidak disalurkan ke roda belakang.

Kampas kopling sentrifugal
Bila kampas kopling habis (tipis) maka akan terdengar bunyi berdecit pada kepingan belakang CVT. Selain itu yang menunjukan kampas kopling sudah tipis yaitu tenaga mesin yang terasa lost (tidak bertenaga) ketika motor digas. Jika kampas kopling habis maka solusinya yaitu ganti kampas kopling.

Mangkok kopling sentrifugal
Perilaku berkendara yang salah, yaitu dengan buka gas mendadak dan tau-tau eksklusif mengerem, atau mengegas tapi tuas rem ditarik, maka akan berakibat salah satunya pada mangkok kopling sentrifugalnya menjadi peyang. Selain itu juga akan menciptakan kampas kopling cepat aus. Jika hal itu terjadi maka tenaga dari mesin tidak akan disalurakn ke roda belakang secara maksimal atau tenaga lost.
Karet damper kampas kopling
Komponen ini mempunyai ukuran yang kecil sehingga terlihat tak penting, namun bahwasanya komponen ini mempunyai fungsi untuk meredam getaran pada kampas kopling dikala terhubung. Gejala yang timbul jikalau karet damper kampas rusak yaitu tentu saja akan dirasakan getaran pada kepingan belakang CVT dan juga sanggup jadi akan terdengar bunyi gredek-gredek.

Slideng shave
Kebiasaan jelek dengan mengentak-hentakan gas, tentu saja akan mensugesti komponen sliding shave. Sliding shave menjadi cepat rusak (tidak lancar) sehingga akan mengakibatkan bunyi gredek-gredek sewaktu mengegas.

Bearing sliding shave
Gejala yang terjadi jikalau bearing sliding shave aus atau rusak maka akan terdengar bunyi mendengung ketika gas ditutup. Jika kerusakan bearing sliding shave ini tidak segera diperbaiki maka akan merusak komponen lainnya yaitu gear box gardannya.

Per CVT
Jika per CVT lemah maka akan berakibat apabila anda melaksanakan akselerasi maka terasa tenaganya kurang atau ngelost. Sehingga investigasi per CVT juga perlu diperhatikan.

Bearing gear box
Jika bearing gear box mengalami problem maka gejalanya akan terasa tarikan gas berat dan terdengar bunyi ngung pada kepingan belakang CVT. Maka jikalau terjadi tanda-tanda tersebut lakukanlah investigasi pada bearing gearboxnya juga, supaya kerusakan ini tidak merambat pada komponen lainnya ibarat as roda.

Gear rasio
Gear rasio pada gear box juga sanggup mengalami kerusakan jikalau penggantian oli gear box tidak rutin dilakukan, dan juga pada keadaan hujan air sanggup berkemungkinan masuk kedalam gear box melalui lubang hawa. Sehingga penggantian oli gearbox harus dilakukan secara rutin.

0 Response to "Cvt Motor Matic Suara Dan Kenali Gejala-Gejala Lainnya"

Total Pageviews