Latest News

Pemeriksaan Dan Penyetelan Jarak Renggang Klep Atau Celah Katup Pada Sepeda Motor Supra

CATATAN :
Lakukan investigasi dan penyetetelan jarak renggang klep (celah katup) sewaktu mesin masih dalam keadaan hirau taacuh (di bawah 35oC).

Langkah Pemeriksaan dan Penyetelan Klep :
Langkah Pemeriksaan Jarak Renggang Klep atau Celah Katup :
  1. Lepaskan terlebih dahulu tutup lubang untuk investigasi klep (katup).
  2. Kemudian lepaskan tutup lubang untuk investigasi tanda waktu pengapian dan juga lepaskan tutup lubang poros engkol.
  3. Putar poros engkol dengan arah berlawanan dengan arah jarum jam, kemudian tepatkan tanda “T” (Top) pada rotor dengan tanda penyesuai yang berada pada tutup kolam mesin sebelah kiri.
  4. Pastikan bahwa piston berada pada TMA (Titik Mati Atas) final langkah kompresi.
  5. Periksa jarak renggang klep (celah katup) dengan cara memasukkan feeler gauge yang ukurannya sesuai dengan spesifikasi jarak renggang klep (celah katup) di antara sekrup penyetelan klep dan tangkai klep. Spesifikasi Jarak Renggang Klep (celah katup) sepeda motor supra : Klep masuk : 0,05 +/- 0,02 mm. ; Klep keluar : 0,05 +/- 0,02 mm.
Penyetelan Jarak Renggang Klep atau Celah Katup :
  1. Siapkan dahulu peralatan yang akan dipakai dan siapkan kunci penyetel celah katup (Valve adjusting wrench).
  2. Untuk penyetelan jarak renggang klep (celah katup) sanggup dilakukan dengan melonggarkan mur pengunci kemudian masukkan bilah feeler gauge yang sesuai dengan spesifikasi celah klepnya diantara sekrup penyetel dan tangkai klep.
  3. Setelah bilah feeler gauge dimasukkan kemudian putar sekrup penyetel hingga didapatkan sedikit tahanan pada bilah feeler gauge.
  4. Tahan sekrup penyetelnya dan kencangkan mur penguncinya.
  5. Periksalah kembali jarak renggang klep atau celah katupnya (bilah feeler gauge kalau dimasukkan terasa gampang dan saat bilah feeler gauge ditarik terasa terdapat tahanan).
  6. Periksa cincin-O yang berada pada lubang investigasi klep atau pada tutup lubang investigasi klep, apakah cincin-O masih dalam keadaan baik atau tidak. Bila cincin-O rusak maka gantilah dengan yang baru.
  7. Lumasi cincin-O dengan oli mesin yang higienis kemudian pasangkan cincin-O tersebut pada lubang investigasi klep.
  8. Lumasi ulir tutup lubang investigasi klep dengan oli mesin yang bersih, kemudian pasangkan tutup lubang penyetelan klep dan kencangkan tutup lubang investigasi klep sesuai dengan momen atau torsi yang ditentukan. TORSI : 1,2 kg-m
  9. Periksa cincin-O yang berada pada tutup lubang investigasi tanda waktu pengapian dan cincin-O yang berada pada tutup lubang poros engkol, apakah kedua cincin-Onya masih dalam keadaan baik atau tidak, dan kalau cincin-O rusak gantilah dengan yang baru.
  10. Lumasi cincin-O dengan memakai oli mesin yang masih higienis kemudian pasangkan ke tutup lubang investigasi tanda waktu pengapian dan tutup lubang poros engkol.
  11. Lumasi kedua ulir tutup lubang investigasi tanda waktu pengapian dan ulir tutup lubang poros engkol dengan memakai oli mesin yang masih bersih.
  12. Pasangkan tutup lubang investigasi tanda waktu pengapian, kemudian kencangkan dengan momen atau torsi yang telah ditentukan. TORSI : 0,3 kg-m.
  13. Pasangkan tutup lubang poros engkol, kemudian kencangkan dengan momen atau torsi yang telah ditentukan. TORSI : 0,3 kg-m.

0 Response to "Pemeriksaan Dan Penyetelan Jarak Renggang Klep Atau Celah Katup Pada Sepeda Motor Supra"

Total Pageviews