Ruang bakar pada mesin diesel berbeda dengan ruang bakar pada mesin bensin. Pada mesin bensin, bentuk ruang bakarnya relatif lebih sederhana dibandingkan dengan model ruang bakar pada mesin diesel. Sedangkan pada mesin diesel model ruang bakarnya sedikit rumit alasannya bentuk dari ruang bakar pada mesin diesel sangat memilih kinerja dari mesin. Ruang bakar pada mesin diesel dibentuk sedemikian rupa supaya ketika materi bakar diinjeksikan eksklusif sanggup bercampur dengan udara secara sejenis dan sanggup eksklusif terbakar sekaligus. Adapun model-model ruang bakar pada mesin diesel antara lain :
1. Model ruang bakar eksklusif atau direct combustion chamber
2. Model ruang bakar suplemen atau auxiliary combustion chamber
- Model ruang bakar muka atau precombustion chamber
- Model ruang bakar pusar atau swirl combustion chamber
- Model ruang bakar sel udara atau air cell combustion chamber
1. Model ruang bakar eksklusif atau direct combustion chamber
Pada model ruang bakar eksklusif ini, injektor eksklusif diletakkan di bab kepala silinder dan materi bakar akan diinjeksikan secara eksklusif di dalam ruang bakar. Pada model ruang bakar eksklusif ini, untuk mendapat adonan antara materi bakar dan udara yang baik maka perlu diperhatikan bentuk nosel injeksi dan arah penginjeksiannya. Model ruang bakar eksklusif sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Keuntungan pada model ruang bakar eksklusif :
- Efisiensi panas yang dihasilkan tinggi
- Pemakaian materi bakar yang efisien dan lebih ekonomis alasannya bentuk dari ruang bakar yang sederhana
- Mesin gampang dihidupkan (distart) ketika keadaan mesin masih cuek sehingga tidak memerlukan pemanas suplemen (busi pijar), walaupun mesin diesel tersebut mempunyai perbandingan kompresi yang kecil (misal perbandingan kompresinya sekitar 15).
- Cocok dipakai untuk mesin-mesin berkapasitas besar (high power), alasannya konstruksinya yang sederhana sehingga tidak cukup memakan tempat.
Kerugian pada model ruang bakar eksklusif :
- Mesin diesel dengan model ruang bakar eksklusif ini sangat peka terhadap kualitas dari materi bakar, sehingga materi bakar yang dipakai harus mempunyai kualitas yang baik.
- Memerlukan tekanan penginjeksian yang lebih tinggi.
- Sering sekali terjadi gangguan pada nosel injektornya alasannya pada model ruang bakar eksklusif ini menggunakan injektor yang mempunyai banyak lubang (multiple hole nozzle).
- Dibandingkan dengan model ruang bakar tambahan, pada ruang bakar model eksklusif ini turbulensi yang dihasilkan lemah sehingga susah untuk kecepatan tinggi.
2. Model ruang bakar suplemen atau auxiliary combustion chamber
Pada mesin diesel yang mempunyai ruang bakar tambahan, maka materi bakar yang diinjeksikan oleh nosel injektor akan masuk terlebih dahulu ke ruang bakar suplemen sebelum masuk ke ruang bakar utama. Pada model ruang bakar suplemen ini dibagi dalam beberapa tipe, antara lain :
Model ruang bakar muka atau precombustion chamber
Pada model ruang bakar suplemen tipe muka, materi bakar akan diinjeksikan terlebih dahulu ke ruang bakar muka oleh nosel injektor. Sebagian materi bakar yang tidak terbakar di dalam ruang bakar muka ini, nantinya akan didorong keluar ke ruang bakar utama melalui jalan masuk kecil antara ruang bakar muka dan ruang bakar utama. Saat materi bakar tersebut berada pada ruang bakar utama terjadilah adonan antara materi bakar dan udara yang baik dan di ruang bakar utama ini campurn materi bakar dan udara akan dibakar seluruhnya. Untuk konstruksi ruang bakar suplemen model muka ini sanggup dilihar pada gambar di bawah ini :
Keuntungan pada model ruang bakar suplemen tipe muka :
- Pemakaian jenis materi bkarnya sanggup dipakai lebih luas alasannya turbulensi yang terjadi pada model ini sangat baik untuk mengkabutkan materi bakar.
- Perawatan terhadap pompa injeksinya cenderung lebih gampang alasannya pada model ini tekanan pembakarannya lebih rendah dan tidak terlalu peka terhadap perubahan ketika penginjeksian.
- Detonasi atau knocking yang terjadi pada mesin sanggup berkurang sehingga bunyi yang ditimbulkan kecil.
- Pada mesin diesel dengan model ruang suplemen muka ini, menggunakan throtte nozzle sehingga menciptakan kinerja mesin lebih baik.
Kerugian pada model ruang bakar suplemen tipe muka :
- Harga lebih mahal alasannya pembuatan kepala silinder lebih rumit sehingga memerlukan biaya pembuatan yang lebih banyak.
- Untuk menghidupkan (menstart) membutuhkan motor starter yang mempunyai daya besar.
- Membutuhkan pemanas suplemen (busi pijar).
- Pemakaian materi bakar yang cenderung boros.
Model ruang bakar pusar atau swirl combustion chamber
Pada model ruang bakar suplemen tipe pusar ini, bentuk dari ruang bakar tambahannya berbentuk bulat. Pada ketika piston mengkompresikan udara (bergerak dari TMB ke TMA) maka udara akan masuk keruang bakar pusar melalui saluran. Ketika udara masuk ke ruang bakar pusar ini maka terjadilah turbulensi. Bahan bakar akan diinjeksikan ke dalam ruang bakar pusar ini bercampur dengan udara turbulensi dan akan terbakar di dalam ruang bakar pusar. Sebagian materi bakar yang belum terbakar di ruang bakar pusar ini akan dikirim ke ruang bakar utama melalui saluran, sehingga pada ruang bakar utama ini seluruh adonan materi bakar dan udara akan dibakar semuanya. Untuk konstruksi dari ruang bakar suplemen tipe pusar ini sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Keuntungan pada model ruang bakar suplemen tipe pusar :
- Dapat menghasilkan putaran yang tinggi dikarenakan turblensi yang terjadi ketika udara dikompresikan sangat baik.
- Gangguan atau duduk perkara pada nosel sanggup berkurang, alasannya pada model ini menggunakan nosel tipe pin.
- Karena putaran mesin tinggi dan bekerja dengan halus maka model ini banyak dipakai pada automobil
Kerugian pada model ruang bakar suplemen tipe pusar :
- Kontruksi pembuatan dari kepala silindernya rumit sehingga biayanya relatif mahal.
- Efisiensi panas rendah dan penggunaan materi bakar lebih boros dibandingkan dengan model ruang bakar langsung.
- Penggunaan alat pemanas (busi pijar) kurang efektif alasannya ruang bakarnya sangat luas.
- Detonasi atau knocking yang terjadi cukup besar ketika putaran rendah.
Model ruang bakar sel udara atau air cell combustion chamber
Pada model ruang bakar suplemen tipe sel udara ini, materi bakar akan diinjeksikan ke dalam ruang suplemen sel udara. Sebagian materi bakar akan terbakar di ruang bakar sel udara ini sehingga tekanan pada ruang bakar sel udara ini akan meningkat. Bila piston bergerak ke bawah (TMB), maka adonan materi bakar dan udara higienis dari sel udara ini akan keluar ke ruang bakar utama dan nantinya pada ruang bakar utama ini adonan materi bakar dan udara yang belum terbakar akan dibakar seluruhnya. Pada model ruang bakar ini alasannya pembakaran mulai terjadi di ruang bakar utama, pada umunya untuk model ini tidak membutuhkan pemanas tambahan. Untuk konstruksi model ruang pakar suplemen tipe sel udara ini sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Keuntungan pada model ruang bakar suplemen tipe sel udara :
- Bekerjanya mesin akan lebih halus dikarenakan pembakaran yang terjadi dilakukan secara berangsur-angsur.
- Pembakaran mulai terjadi diruang bakar utama sehingga gampang untuk menghidupkan mesin.
- Pada umumnya tidak perlu menggunakan pemanas suplemen (busi pijar).
- Gangguan atau duduk perkara pada nosel berkurang dikarenakan nosel menggunakan tipe pin.
Kerugian pada model ruang bakar suplemen tipe sel udara :
- Saat penginjeksian materi bakar sangat menghipnotis kinerja dari mesin
- Temperatur pada gas buang sangat tinggi dikarenakan proses pembakaran lanjut sangat panjang.
- Pemakaian materi bakar yang relatif lebih boros.
0 Response to "Model Ruang Bakar Pada Mesin Diesel"