Busi merupakan komponen penting untuk terjadinya pengapian pada kendaraan, selain itu busi juga sanggup mendiagnosis kondisi kerja mesin dengan melihat kondisi dan warna dari busi. Dengan melihat kondisi dan warna dari busi, kita sanggup mengetahui kondisi dari mesin, “apakah materi bakar boros ?, apakah materi bakar normal ? atau apakah mesin terlalu panas ?”
Kemudian, “kenapa kondisi kerja mesin sanggup diketahui dengan melihat kondisi dan warna dari busi ?”. Busi terletak di kepala silinder dan kepala busi terhubung pada ruang bakar secara eksklusif sehingga saat terjadi pembakaran yang baik maupun yang kurang baik maka akan kuat terhadap warna dan kondisi dari kepala busi. Nah oleh lantaran itu kondisi dari mesin sanggup juga diketahui dengan hanya melihat kondisi dan warna dari busi.
Kondisi-kondisi pada busi yang sering terjadi adalah :
Normal
Bila isolator busi bewarna kuning atau coklat muda atau coklat abu-abu yang merata dan pada kepala busi tidak terdapat tumpukkan deposit kerak maka busi dikatakan dalam keadaan normal. Jika kondisi busi normal maka hal ini mengidentifikasikan bahwa kinerja mesin normal atau pemakaian busi sempurna (nilai panas busi tepat).
Terbakar
Bila isolator busi bewarna putih atau kuning dan permukaan elektroda busi terbakar serta terdapat deposit kotoran yang melekat pada kepala busi maka hal ini menerangkan kondisi kerja mesin yang tidak normal. Hal ini sanggup terjadi lantaran :
- Nilai oktan dari materi bakarnya terlalu rendah
- Campuran materi bakar dan udara terlalu kurus
- Terjadinya detonasi atau knocking
- Saat pengapian terlalu maju atau awal
- Salah menentukan tipe busi adalah tipe busi terlalu panas
Berkerak lantaran adanya oli
Bila warna busi hitam berair lantaran oli atau busi terlihat berkerak lantaran oli berarti menerangkan kondisi mesin yang kurang baik adalah oli masuk ke ruang bakar (pada mesin 4 tak). Oli sanggup masuk ke ruang bakar sanggup disebabkan oleh hal-hal berikut ini :
- Ring torak yang sudah aus
- Ada kebocoran pada seal katup atau klep
Berkerak karbon
Bila busi berwarna hitam pekat lantaran karbon maka hal ini menerangkan kondisi mesin yang kurang baik yang disebabkan pemakaian materi bakar yang terlalu boros sehingga pembakaran yang terjadi kurang baik dan menghasilkan banyak karbon. Selain itu sanggup disebabkan lantaran kesalahan pemilihan tipe busi adalah menentukan tipe busi yang terlalu dingin.
Isolator busi retak
Bila isolator busi retak, maka bunga api sanggup meloncat dari kepingan isolator eksklusif ke massa sehingga bunga api yang terjadi pada kepingan elektroda menjadi lemah atau bahkan tidak ada. Hal ini akan menurunkan kinerja dari mesin, adapun hal-hal yang sanggup menyebabkan isolator busi retak antara lain :
- Busi jatuh
- Bahan busi yang lemah
0 Response to "Cara Mengetahui Kondisi Mesin Dengan Melihat Kondisi Dan Warna Busi"