Pelepasan Roda Belakang :
1. Tempatkan sepeda motor dengan menggunakan standar tengah atau standar utama
2. Topanglah sepeda motor dengan menggunakan dongkrak atau yang sejenisnya untuk menjamin keselamatan baik untuk mekanik maupun sepeda motornya.
3. Lepaskanlah komponen-komponen dibawah ini :
- Pin cotter
- Mur, cincin atau washer, alas karet
- Baut stopper
- Lengan stopper panel rem
- Mur penyetel
- Tangkai rem, pegas dan bab penyambung lainnya
4. Lepaskanlah mur poros as roda dan penyetel rantai roda sebelah kanan.
5. Lepaskan poros as roda dari sisi sebelah kiri.
6. Lepaskan collar pada bab samping kanan.
7. Geserkan roda belakang ke arah kanan dan kemudian lepaskan roda belakang dari flens penggerak.
8. Tarik roda roda belakang ke arah belakang kemudian lepaskan roda belakang.
Pemeriksaan Roda Belakang :
Pemeriksaan poros as roda belakang
- Tempatkan poros as roda belakang pada blok-V dan ukurlah keolengan poros as roda belakang menggunakan dial test indicator (DTI).
- Keolengan poros as roda diperoleh dari simpangan terjauh jarum DTI kearah kanan ditambah simpangan terjauh kearah kiri kemudian jadinya dibagi dua. BATAS SERVIS : 0,20 mm
Pemeriksaan keolengan roda
- Periksa keolengan rim roda dengan cara tempatkan roda pada dudukan berputar.
- Putar roda secara perlahan dan kemudian baca keolengan roda dengan menggunakan DTI.
- Ukur keolengan roda dari arah radial maupun aksial. BATAS SERVIS: Radial : 2,0 mm ; Aksial : 2,0 mm
Pemeriksaan alas roda
- Periksa alas roda dengan cara putar bulat bab dalam alas roda dengan menggunakan jari.
- Bantalan roda harus berputar dengan halus dan tanpa mengeluarkan suara. Selain itu, periksa bahwa bulat bab luar pada alas roda masih terpasang dengan kencang pada hubnya.
- Gantilah alas roda kalau alas roda tidak berputar dengan halus (macet) dan kalau alas roda sudah kocak
CATATAN
Gantilah alas roda secara berpasangan (ganti keduanya baik yang berada disisi kiri maupun sisi kanan)
Pemeriksaan karet peredam
- Lepaskan karet-karet peredam atau karet angkatan dari tromol
- Periksa kondisi karet peredam, apakah karet peredam mengalami kerusakan atau tidak
- Ganti karet peredam kalau karet peredam telah rusak
Pemasangan Roda Belakang :
- Letakkan roda belakang pada lengan ayun rangka belakang sepeda motor
- Tepatkan bos-bos pada flens pelopor dan tepatkan flens pelopor pada alur-alur karet peredam.
- Pasangkan collar pada sebelah samping kanan.
- Pasangkan poros as roda dari sisi sebelah kiri.
- Pasangkan bab penyambung di lengan rem dan kemudian hubungkan tangkai rem dengan pegas (spring).
- Pasang mur penyetel.
- Pasangkan penyetel rantai roda kanan dan mur poros as roda belakang.
- Pasangkan lengan stopper panel rem.
- Pasangkan baut, alas karet, ring atau washer dan mur, kemudian kencangkan mur.
- Kencangkan mur dengan menggunakan pin cotter yang baru.
- Kencangkan mur poros as roda dengan momen atau torsi yang ditentukan. TORSI : 6,0 kg-m
- Setel jarak main bebas rem belakang
0 Response to "Pemeriksaan Roda Belakang Sepeda Motor Astrea"