Latest News

Contoh Soal Dan Balasan Perawatan Mesin Kendaraan 1

Soal : Apakah yang dimaksud dengan putaran idle ?
Jawaban : Putaran idle ialah putaran mesin ketika posisi katup gas/ throttle gas menutup atau kondisi mesin tanpa beban.

Soal : Apakah fungsi sistem akselerasi pada karburator ?
Jawaban : Sistem akselerasi pada karburator berfungsi untuk menambah suplai materi bakar bensin ketika pedal gas diinjak secara tiba-tiba.

Soal : Apakah fungsi sistem cuk pada karburator?
Jawaban : Sistem cuk berfungsi untuk menambah suplai materi bakar bensin ketika kondisi mesin masih dalam keadaan hirau taacuh biar gabungan bensin dan udara menjadi kaya.

Soal : Apakah fungsi dari katup termostatik pada karburator?
Jawaban : Katup termostatik pada karburator berfungsi untuk menghindari gabungan materi bakar dengan udara menjadi kaya, ketika terjadi penguapan materi bakar bensin di dalam ruang pelampung.

Soal : Apakah fungsi katuo selenoid pada karburator?
Jawaban : Katup selenoid pada karburator berfungsi untuk menghindari terjadinya dieseling yaitu keadaan dimana mesin masih menyala beberapa ketika ketika kunci kontak diputar ke posisi off atau katup selenoid berfungsi menutup anutan materi bakar di dalam karburtor biar tidak mengalir ke ruang bakar ketika kunci kontak off.

Soal : Sebutkan komponen-komponen dari sistem materi bakar bensin konvensional?
Jawaban : Komponen-komponen sistem materi bakar bensin konvensional antara lain tangki bensin, pompa bensin, filter bensin, selang bensin, karburator.

Soal : Jelaskan fungsi dari pompa bensin pada kendaraan konvensional?
Jawaban : Pompa bensin (Fuel pump) berfungsi untuk memompa bensin dari tangki bensin menuju ke ruang pelampung pada karburator

Soal : Jelaskan fungsi dari filter bensin ?
Jawaban : Filter bensin (Fuel filter) berfungsi untuk menyaring materi bakar dari kotoran dan bubuk yang ada pada materi bakar tersebut biar kotoran dan bubuk tidak mengganggu (menyumbat)  kinerja komponen-komponen sistem materi bakar lainnya.

Soal : Sebutkan tipe-tipe karburtor menurut anutan udara masuknya ?
Jawaban : Tipe-tipe karburator menurut anutan udaranya antara lain karburator arus turun, karburator arus naik dan karburator arus datar.

Soal : Apakah yang dimaksud dengan venturi ?
Jawaban : Venturi yang terdapat di dalam karburator berfungsi untuk mempercepat anutan udara yang masuk dengan jalan memperkecil ruangan masuknya udara. Ketika anutan udara yang masuk semakin cepat maka tekanan udara akan menurun (semakin vakum).

Soal : Apakah asas kerja yang dipakai pada karburator?
Jawaban : Pada karburator memakai asas kerja bernoulli.

Soal : Apakah nama komponen di bawah ini :
Jawaban : Nama komponen pada gambar diatas ialah filter bensin.

Soal : Apakah nama komponen di bawah ini :
Jawaban : Nama komponen pada gambar diatas ialah pompa bensin mekanik.

Soal : Jelaskan akhir penyetelan celah pelampung yang terlalu renggang (besar)?
Jawaban : Bila celah pelampung terlalu renggang akan menjadikan permukaan bensin didalam ruang pelampung terlalu tinggi atau sering disebut dengan istilah banjir.

Soal : Jelaskan cara kerja dari sistem pelampung ?
Jawaban : Cara kerja sistem pelampung ketika permukaan bensin berkurang yaitu akan menciptakan pelampung turun sehingga katup jarum akan membuka susukan masuk bensin dan menciptakan bensin masuk ke dalam ruang pelampung. Ketika permukaan bensin sesuai maka pelampung akan naik dan menciptakan katup jarum menutup sehingga bensin akan tertahan/ tidak sanggup mengalir ke dalam ruang pelampung.



0 Response to "Contoh Soal Dan Balasan Perawatan Mesin Kendaraan 1"

Total Pageviews