Latest News

Komponen Sistem Materi Bakar Pada Mesin Injeksi Efi

Fungsi sistem materi bakar pada sistem EFI ialah untuk menyalurkan materi bakar dari tangki menuju ke ruang bakar (silinder). Komponen-komponen sistem materi bakar pada mesin EFI sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :

Komponen-komponen sistem materi bakar pada mesin EFI antara lain :
1. Tangki materi bakar (Fuel tank)
Tangki materi bakar atau fuel tank berfungsi untuk menyimpan/ menyediakan materi bakar di dalam kendaraan.

2. Saringan materi bakar (Fuel filter)
Saringan materi bakar atau fuel filter berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada di dalam materi bakar biar nantinya kotoran-kotoran ini tidak mengganggu kinerja (menyumbat) komponen-komponen lainnya pada sistem materi bakar.

3. Pompa materi bakar (Fuel pump)
Pompa materi bakar atau fuel pump berfungsi untuk memompa materi bakar biar sanggup bersirkulasi pada sistem materi bakar.

4. Selang/ pipa materi bakar (Fuel line)
Selang atau pipa materi bakar berfungsi sebagai kawasan untuk menyalurkan materi bakar dari komponen-komponen sistem materi bakar.

Pipa pembagi atau fuel delivery pipe merupakan komponen pada sistem materi bakar yang bekerjasama dengan injektor. Pipa pembagi materi bakar berfungsi untuk menyalurkan materi bakar ke injektor.

Pressure regulator pada sistem materi bakar EFI berfungsi untuk menjaga tekanan pada pipa pembagi biar tekanannya tetap stabil. Besar tekanan materi bakarnya pada pipa pembagi ini diatur sebesar 2,55-2,9 kg/cm2. Apabila tekanan materi bakarnya melebihi spesifikasi yang telah ditentukan maka katup (valve) pada regulator tekanan akan membuka sehingga materi bakar akan dialirkan kembali ke dalam tangki.

7. Pultation damper
Pulsation damper berfungsi untuk mencegah terjadinya fluktuasi (menyerap kejutan dari variasi tekanan materi bakar yang terjadi) tekanan dari materi bakar di pipa pembagi. Pultation damper ini tidak terdapat pada semua mesin EFI, hanya beberapa mesin EFI yang memakai komponen ini.

Injektor berfungsi untuk menyemprotkan atau menginjeksikan materi bakar ke dalam intake manifold (tipe MPI) atau ke ruang bakar (tipe GDI).

9. Cold Start Injector
Cold start injector atau injekjor perhiasan saat start hambar merupakan komponen pada sistem materi bakar yang berfungsi untuk membantu/ menambah penginjeksian materi bakar saat kondisi mesin masih dalam keadaan dingin. Cold start injector ini tidak terdapat pada semua mesin EFI, hanya beberapa mesin EFI yang memakai komponen ini.

10. Pipa pengembali materi bakar (Return pipe)
Pipa pengembali materi bakar berfungsi sebagai kawasan menyalurkan kelebihan tekanan bakan bakar pada pipa pembagi untuk kembali ke dalam tangki materi bakar

0 Response to "Komponen Sistem Materi Bakar Pada Mesin Injeksi Efi"

Total Pageviews