Latest News

Water Pump, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Salah satu komponen pada sistem pendingin yaitu water pump atau pompa air. Tanpa adanya water pump maka air pendingin tidak sanggup bersirkulasi sehingga tidak akan mungkin terjadi pendinginan pada mesin. Jika tidak ada pendinginan tentu saja akan menimbulkan mesin over heating.
Fungsi dari water pump atau pompa air sendiri berfungsi untuk memompa air semoga air pendingin sanggup bersirkulasi pada bagian-bagian mesin melalui water jacket guna untuk melaksanakan pendinginan water pump atau pompa air berputar sesuai dengan putaran mesin, pompa air ini terletak atau tersambung dengan pulli (dibelakang kipas pendingin) dan pulli ini terhubung dengan v-belt. Oleh alasannya yaitu itu putaran dari pompa air sebanding dengan putaran mesin.

Mengingat pentingnya kerja dari water pump atau pompa air ini, maka pompa air perlu dirawat dan selalu diperiksa dan anda perlu mengenali kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada water pump atau pompa air. Jika water pump atau pompa air rusak harus segera diperbaiki.

Kerusakan pada water pump dan akibatnya
Jika water pump atau pompa air ini mengalami kerusakan maka akan menimbulkan problem pada mesin. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa fungsi dari water pump yaitu untuk memompa air semoga sanggup bersirkulasi sehingga kalau water pump mengalami kerusakan akan menimbulkan air pendingin tidak sanggup bersirkulasi. Ketika air pendingin tidak sanggup bersirkulasi maka proses pendinginan menjadi kurang dan sanggup menimbulkan over heating. Kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada pompa air atau water pump ini yaitu pada komponen kincirnya mengalami karat (berkarat) sehingga menimbulkan air pendingin juga akan membawa karat ketika disirkulasikan dan karat ini juga sanggup menyebar ke bearing, kalau bearing berkarat sanggup berkemungkinan bearing menjadi macet atau seret sehingga putaran water pump menjadi tersendat-sendat. Selain itu bearing juga sanggup menjadi kocak, kalau bearing kocak maka akan timbul suara. Masalah yang lain yaitu terjadinya kebocoran pada water pump atau pompa air, hal ini sanggup disebabkan lantaran karat yang terjadi pada rumah water pump sehingga menimbulkan kebocoran.

Nah sesudah anda mengetahui penyebab kerusakan pada water pump dan kesudahannya maka anda perlu melaksanakan perawaatan secara terjadwal baik dengan melihatnya secara visual dengan melihat apakah adanya kebocoran air pendingin pada rumah water pump atau juga dengan mendengar adakah bunyi pada mesin pada penggalan rumah water pump kemudian mengecek apakah terjadi kekocakkan pada bearing water pump atau juga dengan melihat gejala-gejala lain, contohnya nidikator panas mesin menyala lantaran mengidentifikasikan mesin mengalami over heating dan lain sebagainya.

0 Response to "Water Pump, Fungsi Dan Cara Kerjanya"

Total Pageviews